Langsung Pimpin Latihan, Thomas Doll Ungkapkan Targetnya Untuk Persija

0
44

Debatbola.com – Persija merekrut Thomas Doll sebagai pengganti Sudirman yang sebelumnya dipecat oleh manajemen Persija. Kedatangan pelatih dari Jerman tersebut diharapkan mampu membuat Persija meraih trofi di musim depan. Berdasarkan jadwal, Thomas Doll dikabarkan akan tiba bersamaan dengan latihan perdana Persija.

Mendarat di Indonesia pada Senin tanggal 23 Mei kemarin, Thomas Doll bukannya menuju ke hotel untuk istirahat. Pelatih tersebut sepertinya tidak sabar untuk melatih skuad Persija sehingga langsung menuju ke tempat latihan. Dalam pertemuan tersebut, Thomas Doll juga menyampaikan targetnya di musim depan.

Langsung Pimpin Latihan
Para pemain Persija tentu tidak menyangka latihan perdananya langsung dipimpin oleh sang pelatih kepala, Thomas Doll. Padahal, pelatih berusia 56 tahun tersebut baru saja tiba setelah penerbangan belasan jam dari Budapest. Bukannya beristirahat terlebih dahulu, Thomas Doll langsung pimpin latihan.

Keluar dari Bandara, Thomas Doll langsung menuju ke POR Sawangan yang digunakan sebagai tempat latihan perdana para pemain Persija. Dalam wawancaranya, Thomas Doll mengaku sudah tidak sabar untuk melihat para pemain Persija. Sebagai pelatih, Thomas Doll tentu tidak ingin melewatkan latihan perdana skuad barunya.

Kedatangan Thomas Doll sebagai pelatih kepala yang baru disiarkan secara langsung di akun Youtube milik Persija. Sang pelatih disambut langsung oleh Mohamad Prapanca selaku Presiden Persija serta manajemen klub. Para Suporter Persija bahkan juga terlihat memadati arena latihan.

Para pemain Persija juga menyambut antusias kedatangan mantan pemain Lazio tersebut. Sebagai perwakilan pemain, Riko Simanjuntak mengatakan jika kedatangan Thomas Doll membawa motivasi baru untuk semua pemain Persija. Kini para pemain bisa menatap musim baru dengan lebih semangat.

Thomas Doll datang ke Indonesia ditemani oleh satu asisten pelatihnya yaitu Pasquela Ricco. Sang pelatih juga sudah memberikan menu latihan pada para anak asuhnya meskipun masih dalam latihan yang simple. Fokus Thomas Doll dalam latihan itu yaitu untuk melihat kualitas pemain baik dengan atau tanpa bola.

Sejatinya, Thomas Doll belum pernah menjajal kompetisi di Indonesia, namun Persija sudah berani memberikan kontrak selama 3 musim lamanya. Hal tersebut dikarenakan pihak Persija yakin jika Thomas Doll adalah pelatih yang dicari. Kini tugas besar sang pelatih untuk memperbaiki performa Persija sudah menunggu.

Tak Pasang Target Juara
Thomas Doll juga membeberkan mengenai targetnya di musim depan dalam sesi latihan tersebut. Target Thomas Doll rupanya memasang target yang tidak terlalu muluk-muluk di musim depan. Hal tersebut tentu sedikit berlawanan dengan harapan manajemen yang ingin klubnya merah juara.

Target utama Thomas Doll musim ini yaitu mengembalikan Persija sebagai klub yang disegani di Liga 1 Indonesia. Namun Thomas Doll tak berani memasang target yang begitu tinggi di musim perdananya melatih. Bahkan pelatih Jerman itu tak berani memasang target juara di musim depan.

Menurut mantan pelatih Die Borussen itu, sangat sulit bagi Persija meraih gelar juara Liga untuk saat ini. Bagi Thomas Doll, skuad Persija masih kalah jauh jika dibandingkan dengan skuad klub-klub lainnya. Belum lagi di musim kemarin Persija finish cukup jauh dari posisi title juara.

Dengan kondisi tersebut, diperlukan waktu yang cukup panjang untuk bisa membuat Persija meraih juara. Langkah awal yang harus dilakukan Thomas Doll yaitu memperbaiki mental para pemain Persija. Setiap pemain harus bermental menang di setiap laga terlebih dahulu sebelum membicarakan juara.

Minta Pemain Bekerja Keras
Pada wawancara pasca latihan, Thomas Doll juga mengungkapkan gaya berlatihnya selama ini. Menurut mantan pelatih Borussia Dortmund itu, latihan dan pertandingan harus dianggap setara oleh para pemain. Thomas Doll juga mengatakan jika dirinya terbiasa memberikan menu latihan yang keras.

Meskipun memiliki latar pendidikan dari Jerman Timur, namun Thomas Doll juga menggunakan filosofi dari sepak bola modern. Dengan adanya filosofi tersebut para pemain tidak akan diberi menu latihan hanya lari-lari saja. Filosofi permainan yang diterapkan oleh Thomas Doll nantinya akan dapat dipahami oleh keseluruhan pemain.

Thomas Doll meminta keseluruhan pemainnya untuk memiliki ambisi sangat kuat dalam membentuk tim bermental pemenang. Para pemain Persija harus mau bekerja sangat keras dan berjuang bersama sang pelatih jika ingin mencapai target. Namun semua kerja keras tersebut harus dibarengi dengan disiplin dan respek tingkat tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here