Lagi, Satu Nama Pemain Berdarah Indonesia Inginkan Naturalisasi

0
106
Lagi, Satu Nama Pemain Berdarah Indonesia Inginkan Naturalisasi

Debatbola.com – Setelah nama Sandy Walsh, Kevin Diks, dan Joey Suk kini ada nama pemain berdarah Indonesia lagi yang mencuat. Pemain tersebut adalah bek kiri kelahiran Lelystad, Belanda pada 22 tahun silam yang bernama Shayne Pattynama.

Kini Shayne Pattynama merumput untuk Viking FK yang bermain di Eliteserien, liga nomor satu di Norwegia. Sang pemain tersebut berposisi sebagai bek sayap kiri dan kini menjadi pemain inti di klubnya.

Belajar Sepakbola Di Belanda

Rekam jejaknya sebagai pemain sepakbola pernah terpantau berada di tim junior Ajax Amsterdam pada periode 2007/2008 hingga 2010/2011 silam. Shayne Pattynama juga pernah satu lapangan bersama nama-nama besar yang kini merumput bersama klub top Eropa.

Mereka adalah Justin Kluivert yang kini bermain untuk RB Leipzig dan gelandang Manchester United, Donny Van De Beek. Mereka pernah sama-sama belajar di akademi Ajax Amsterdam yang terkenal sebagai penghasil pesepakbola hebat.

Kemudian pada Juli 2010 lalu, Shayne Pattynama hengkang ke klub Belanda lainnya, FC Utrecht. Sang pemain tersebut ditempatkan di tim junior U19 hingga U21. Selepas itu dirinya kemudian dijual ke Telstar yang bermain di Keuken Kampioen Divisie, liga kelas dua Belanda.

Dua musim di Telstar, sang pemain belum mampu menembus pemain inti, dirinya lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Total pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini memainkan total 48 laga bersama klub tersebut.

Bulan April lalu, Shayne Pattynama akhirnya resmi keluar dari tanah kelahirannya itu dan hijrah ke Norwegia. Kini pemain yang mempunyai marga Maluku itu membela klub Viking FK dan mempunyai kontrak hingga 2023 mendatang.

Hingga musim berakhir klubnya, Viking FK sukses finish di peringkat keenam klasemen akhir Eliteserien. Sang pemain telah tampil sebanyak 33 kali pada musim ini dengan sukses menciptakan lima gol bagi klubnya itu.

Punya Darah Indonesia

Diusut ternyata ayah pemain ini berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah dan mempunyai darah Maluku. Sejak kecil dirinya dibesarkan di Belanda dengan dua bahasa ditambah bahasa Indonesia dari sang ayah.

Namun karena kesulitan, akhirnya Shayne Pattynama hanya menguasai bahasa Belanda saja. Dilihat dari postingan media sosialnya, sang pemain ini pernah mengunggah foto ayahnya. Terlihat jelas wajah sang ayah yang mempunyai ciri-ciri sebagai orang Indonesia.  

Ingin Berseragam Merah Putih

Kini Shayne Pattynama berniat untuk membela timnas Indonesia dan telah melemparkan kode kepada federasi. Sang pemain juga telah mengontak Fardy Bachdim, saudara Irfan Bachdim yang dikenal sebagai agen pemain ternama.

Dikabarkan Fardy Bachdim tengah bekerja keras melakukan proses naturalisasi untuk pemain tersebut. Shayne Pattynama berharap dapat membela timnas Indonesia secepatnya dan turun dalam kualifikasi Piala Asia.

Kualifikasi tersebut bakal dimainkan pada bulan September mendatang, dengan Indonesia bakal melawan negara-negara dari benua Asia lainnya. Nepal, Myanmar, Sri Lanka dan Hongkong serta Maladewa merupakan calon lawan timnas nantinya.

Bila sang pemain tersebut beserta Sandy Walsh jadi membela tim Garuda, maka posisi bek sayap bakal menjadi semakin kuat. Berbekal pengalaman bermain di Eropa membuat keduanya dapat sangat diandalkan oleh sang pelatih, Shin Tae Yong.

Keduanya dapat diturunkan dengan dibarengi komposisi pemain asli berdarah Indonesia yang merumput di Eropa atau luar negeri. Pemain yang dimaksud adalah Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu dan Elkan Baggot.

Diharapkan dengan kedatangan dari pemain-pemain naturalisasi tersebut, ranking skuat Garuda dapat diperbaiki. Hingga kini ranking Timnas Indonesia masih berada di posisi ke-173 akibat hasil buruk di World Cup Qualification lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here