La Liga Takkan Akhiri Liga Lebih Dini

Debatbola.com – La Liga memutuskan untuk menunda semua kompetisi sepakbola di Spanyol sejak akhir pekan lalu. Sama seperti sejumlah liga lain, La Liga pun berencana memulai kembali liga pada awal April mendatang.

Namun melihat kasus korban virus corona semakin meningkat, kemungkinan besar bahwa penundaan liga akan diperpanjang. Meski begitu, Presiden La Liga, Javier Tebas, memastikan bahwa sisa laga musim 2019/20 ini akan tetap digelar, musim ini akan tetap dilanjutkan.

“Aku yakin kalau kami mampu meneruskan liga sampai akhir musim. Kami sedang berkordinasi dengan liga lain untuk menyamakan jadwal,” ujar Tebas pada wawancara dengan Cadena COPE. “Aku sudah berkomunikasi dengan Italia, Jerman. Sekarang kita tinggal menunggu apa yang akan terjadi pada Euro lalu kami akan memutuskan.” 

Alasan Tebas tidak memutuskan kapan liga berlangsung dan menyamakan jadwal dengan liga lain adalah agar bursa transfer dan awal musim liga bisa berjalan berbarengan. Jika berbeda, tentu penjadwalan dan periode liga musim depan akan berantakan.

“Klub-klub besar di Eropa lainnya juga mengalami masa sulit, tidak hanya klub-klub kecil. Beritanya sekarang adalah bagaimana kita bisa mengakhiri kejuaraan jika tidak ada Euro karena kalau tidak ada kami akan menghadapi masalah serius.” 

“Kita harus sehat, di mana hal itu tentu saja yang paling utama. Jika pun kompetisi (Euro) ditunda, semuanya akan ditinjau dan pendapatan kami akan sangat kecil. Semua dana tim akan berantakan karena kompetisi belum berakhir, tapi kami yakin kami bisa menyelesaikannya.”

Tidak seperti liga lain yang mulai mempertimbangkan untuk mengakhiri liga lebih dini, La Liga memang belum pernah menyeruakkan isu untuk mengakhiri liga. Saat ini, Barcelona sedang memuncaki klasemen sementara, disusul Real Madrid di peringkat kedua dengan selisih dua poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here