La Liga Tak Akan Ikut Hentikan Liga

Debatbola.com – Sepakbola Belanda jadi negara pertama yang memutuskan untuk tidak melanjutkan liga musim 2019/20. Mereka bahkan menganulir hasil musim ini sehingga tidak ada juara maupun degradasi, tak terkecuali divisi teratas, Eredivisie.

Langkah itu kemudian diikuti oleh federasi Perancis. Sepakbola Perancis pun memutuskan untuk menghentikan liga. 

Namun langkah tersebut tampaknya tidak akan diikuti oleh sepakbola Spanyol. Menurut Presiden La Liga, Javier Tebas, sepakbola tidak semembahayakan itu sehingga harus dihentikan. Banyak profesi lain yang lebih berbahaya namun tetap berjalan.

“Aku tak mengerti kenapa, padahal banyak yang lebih berbahaya daripada bermain sepakbola tanpa penonton dibanding profesi lain, misalnya, seperti penangkap ikan di laut dan sebagainya. Jika sektor ekonomi adalah penting dan tidak bisa dimulai kembali, dalam kondisi yang aman dan terkendali, mereka bisa saja menghilang. Itupun bisa juga terjadi pada sepakbola profesional,” kata Tebas.

Tebas lebih ingin meniru liga-liga yang memang bersiap untuk melanjutkan liga. Maka dari itu, La Liga sampai saat ini masih pada rencana untuk segera bisa melanjutkan kembali liga baik itu dengan cara terbaik.

“Di negara lain, tim-tim sudah mulai berlatih, itu hal yang perlu ditiru. Di Spanyol, sepakbola adalah penggerak ekonomi yang sangat penting sehingga kami perlu menjalankannya kembali seperti kebanyakan negarai lain. Kami akan melanjutkannya dan fokus pada cara pengaktivasiannya lagi, dengan sikap yang bertanggung jawab dan memerhatikan rekomendasi kesehatan, sesegera mungkin.”

Di samping liga yang dihentikan, memang sudah muncul sejumlah wacana sejumlah negara yang bersiap untuk kembali melanjutkan liga seperti Liga Jerman, Polandia hingga Korea Selatan. Bahkan kabarnya Premier League Inggris pun menjadi salah satu liga top Eropa yang bersiap kembali melanjutkan liga dalam waktu dekat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here