Kritikan Pedas Mou Pada Taktik Three Lions, Seperti Apa

0
142
Kritikan Pedas Mou Pada Taktik Three Lions, Seperti Apa

Debatbola.com – Pelatih ternama Jose Mourinho menyampaikan kritikan terhadap taktik yang dilakukan The Three Lions pada kompetisi Euro 2020 kali ini. Timnas Inggris sebelumnya hanya mampu bermain imbang tanpa skor ketika berhadapan dengan Skotlandia di pertandingan kedua Grup D, Sabtu (19/6) dini hari. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley tersebut, timnas Inggris memang kesulitan menembus pertahanan dari lawannya.

The Three Lions akhirnya ditahan imbang dengan skor kacamata oleh timnas Skotlandia. Hasil ini tentu cukup mengejutkan, mengingat persiapan yang dilakukan Gareth Southgate, sang pelatih dinilai sangat matang. Namun, ternyata pada pertandingan tersebut justru tim lawan asuhan Steve Clarke yang dinilai berpotensi untuk menang.

Performa timnas Inggris ini pun mendapatkan kritikan pedas dari pelatih Jose Mourinho. Mantan pelatih Chelsea tersebut akhirnya turut bersuara melihat penampilan pasukan Southgate dalam ajang Euro 2020 kali ini. Bahkan, tidak sedikit pemain yang kemudian mendapatkan kritik dari pelatih yang kini sedang menangani Tottenham Hotspurs tersebut. Seperti apa kritiknya?

Pergantian Pemain Terlambat

Menurut Jose Mourinho, penampilan Timnas Inggris sudah cukup bagus di menit awal. Namun, tentunya Inggris berkesempatan untuk bisa menuntaskan pertandingan dengan Skotlandia tersebut. Dari saran sang pelatih Spurs ini, The Three Lions seharusnya sudah mengganti sosok Kalvin Phillips pada menit ke -60. Langkah tersebut ditujukan untuk membuat permainan semakin kreatif.

Tidak hanya itu, Mou juga menyebutkan bahwa pasukan asuhan Gareth Southgate di pertandingan dini hari kemarin justru tampak ketakutan. Rasa takut dan cemas akan kekalahan inilah yang dirasa membuat pemain sekaligus pelatih tidak lagi fokus membangun serangan dan taktik. Mereka justru tampak stagnan melihat pergerakan lawan.

Sebaliknya, dari kacamata seorang Mou, strategi yang diluncurkan oleh pelatih Skotlandia, Steve Clarke jauh lebih elegan. Skotlandia mampu mengolah permainan secara taktis dan cukup bagus. Selain itu, semangat semua pemain juga tergambar dari awal hingga akhir pertandingan. Tanpa perlu kelihatan cemas akan kekalahan yang mungkin bisa saja mereka dapatkan.

Pada pertandingan Inggris menghadapi Skotlandia tersebut, hasil akhir tanpa skor menjadi catatan yang kurang bagus. Laga di Grup D yang erat akan persaingan tersebut membuat Inggris harus lebih berhati-hati di pertemuan lainnya. Belum ada satu timnas pun yang akan memboyong tiket ke 16 besar dari Grup D.

Kesempatan Masih Ada?

Menurut Jose Mourinho, pertandingan ketiga di ajang Euro 2020 grup D nanti akan menjadi kesempatan bagi timnas Inggris. Pasukan Gareth Southgate harus menunjukkan performa yang bagus apabila ingin meraih tiket 16 besar. Setidaknya, mereka harus menembus kemenangan ketika dijadwalkan bertemu dengan Republik Ceska.

Sementara itu, Skotlandia akan bertemu dengan timnas Kroasia pada pertandingan ketiganya. Kedua negara harus berjuang mati-matian demi mendapatkan jatah di posisi ketiga agar bisa lolos ke 16 besar fase berikutnya di kompetisi ini.

Jose Mourinho masih optimis bila timnas Inggris akan lolos ke babak 16 besar. Namun, tentunya Mou tetap menyarankan kepada sang pelatih Inggris, Gareth Southgate agar menggunakan taktik yang lebih bervariasi. Jika selama ini, The Three Lions tampak statis, sebaiknya gaya permainan tersebut harus segera diubah.

Mantan pelatih Real Madrid tersebut juga menyatakan peluang lolosnya timnas Inggris ke 16 masih terbuka karena memang banyak pemain berpotensi disana. Selain itu, pengalaman Southgate untuk membawa timnas Inggris mendominasi di grup D juga bisa lebih besar dalam ajang kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here