Krisis Striker Berkualitas Shin Tae Yong Masukkan Ragnar Oratmangoen dalam Daftar Pemain Naturalisasi

0
88

Debatbola.com – Penunjukan Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas rupanya membawa perubahan yang cukup besar untuk Timnas Indonesia. Kini pelatih asal Korea Selatan tersebut mengajukan 4 nama pemain luar berketurunan Indonesia untuk dinaturalisasi agar bisa bergabung dengan skuad Timnas. Diantara 4 nama tersebut ada nama Ragnar Oratmangoen yang baru dimasukkan baru-baru ini.

Pihak PSSI rupanya tengah berusaha menyelesaikan naturalisasi tersebut sebelum pertengahan tahun agar bisa berpartisipasi dalam Piala Asia 2023. Pihak Ragnar Oratmangoen berjanji segera mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan Februari nanti. Tinggal selangkah lagi striker keturunan Maluku itu bisa menjadi warga negara Indonesia.

Masuk Daftar Pemain Naturalisasi

Pihak PSSI kini memang tengah gencar menaturalisasi pemain asing yang memiliki keturunan Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam Timnas. Rencana tersebut tercetus berkat permintaan Shin Tae Yong yang kini menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia dengan tujuan memperkuat skuad Timnas. Sang pelatih beranggapan jika Indonesia masih kekurangan stok pemain berbakat sehingga membutuhkan tambahan amunisi lagi.

Ragnar Oratmangoen masuk dalam daftar pemain yang akan dinaturalisasi bersama 3 pemain lain yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers. Keempat pemain tersebut adalah daftar pemain yang namanya diajukan langsung oleh Shin Tae Yong selaku pelatih baru Timnas Indonesia. Pihak PSSI kabarnya sudah mulai memproses pergantian kewarganegaraan keempatnya menjadi warga negara Indonesia.

Nama Ragnar Oratmangoen awalnya tidak termasuk dalam daftar pemain yang diajukan oleh pelatih asal Korea tersebut. Shin Tae Yong awalnya mengajukan Kevin Diks, kemudian mengganti dengan Ragnar Oratmangoen baru-baru ini. Posisi Kevin Diks rupanya bentrok dengan posisi Sandy Walsh sehingga membuat sang pelatih mengganti haluannya.

Rupanya bukan hanya bentrok posisi yang membuat Shin Tae Yong memilih Ragnar Oratmangoen. Peran para penyerang Indonesia yang masih mengecewakan membuat pelatih asal Korea tersebut menginginkan tambahan penyerang berkualitas untuk Timnas. Sang pelatih bisa melakukan banyak eksperimen di lapangan berkat pemain tersebut termasuk menjadikannya sebagai ujung tombak.

Karakter pemain berusia 23 tahun tersebut rupanya hampir sama dengan Witan Sulaeman yang kini menjadi second striker di Timnas. Ragnar Oratmangoen merupakan pemain Go Ahead Eagles yang mampu bermain di berbagai posisi penyerang bahkan gelandang. Adanya Oratmangoen akan membuat Witan Sulaeman bisa kembali ke posisi aslinya dan menjadikan pemain asal Belanda itu sebagai striker bayangan.

Selangkah Lagi

Ragnar Oratmangoen rupanya tinggal selangkah lagi bisa menjadi warga negara Indonesia dan bergabung dengan Timnas. Pihak PSSI memang tengah mengusahakan para pemain yang akan dinaturalisasi sudah resmi menyandang sebagai WNI di pertengahan tahun nanti. Termasuk juga Ragnar Oratmangoen yang diharapkan bisa membela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia tahun 2023 pada putaran ketiga nanti.

Pihak Ragnar Oratmangoen yang sudah setuju akan segera mengirimkan berkas-berkas untuk bisa di naturalisasi dalam waktu dekat. Agen pemain Go Ahead Eagles tersebut berjanji merampungkan permasalahan dokumen dan mengirimkannya di bulan Februari nanti. Jika keseluruhan dokumen tersebut sudah lengkap, maka PSSI bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

Dokumen milik Ragnar Oratmangoen rupanya mengalami ketelatan dibandingkan dokumen 2 pemain lain yang sudah diterima oleh PSSI. Hal ini dikarenakan nama Ragnar Oratmangoen awalnya tidak masuk dalam daftar yang diajukan oleh Shin Tae Yong. Baru-baru ini sang pelatih menambahkan nama pemain tersebut dikarenakan krisis striker berbakat di skuad Timnas.

Rupanya proses naturalisasi para pemain tersebut tidak semudah yang terlihat. Pihak PSSI pun bahkan tidak bisa memastikan kapan proses naturalisasi tersebut akan rampung. Setelah keseluruhan dokumen tersebut terkumpul, PSSI baru akan mengajukan ke Kemenpora untuk mendapat persetujuan. Para pemain akan dilantik oleh Kemenkumham bila pihak Kemenpora sudah menyetujui.

Statistik Ragnar Oratmangoen

Melihat kemampuan Ragnar Oratmangoen yang mampu bermain di banyak posisi rupanya tidak dibarengi dengan statistik yang bagus pemain tersebut di musim ini. Statistik Oratmangoen cukup rendah sebagai seorang striker karena belum mampu mencetak gol di Eredivisie. Pemain berusia 23 tahun itu hanya mampu memberikan 2 assists dalam 19 laga yang diikutinya.

Belum mencetak gol sama sekali dalam 19 pertandingan menunjukkan jika ketajaman Ragnar Oratmangoen di lini depan masih sangat kurang. Menanggapi pernyataan tersebut, Hasani Abdulgani selaku yang diberi mandat enggan memberikan tanggapan lebih. Anggota Exco PSSI tersebut menyatakan jika pemilihan pemain sepenuhnya adalah keputusan Shin Tae Yong selaku pelatih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here