Klub Bosnia Herzegovina Memborong 3 Pemain Asal Indonesia

0
74

Debatbola.com – Kabar mengenai pemain muda yang berkarier di Eropa semakin banyak. Kali ini berita berasal dari klub Bosnia & Herzegovina yang merekrut pemain asal Indonesia. FK Borac Kozarska Dubica merupakan klub dari divisi dua Liga Bosnia yang melakukannya. Tidak tanggung-tanggung, klub yang bermarkas di Dolovi Stadium ini merekrut tiga pemain muda Indonesia sekaligus. 

Ketiga pemain tersebut yaitu Naufal Khairullah Alif Winarno, Nur Yufa dan Ronal Setmot. Melalui akun media sosial resmi FK Borac Kozarska Dubica yang diunggah pada Rabu 9/2 dini hari, klub ini mengumumkan jika telah menerima 3 pemain dari Indonesia dan mengucapkan selamat datang kepada ketiganya.

Profil Singkat klub FK Borac Kozarska Dubica

FK Borac Kozarska merupakan klub sepakbola yang berasal dari kota Kozarska Dubica. Klub yang berdiri pada tahun 1936 ini berbasis di Dolovi Stadium yang memiliki kapasitas stadion 2.000 penonton. 

Penampilan dari klub ini dapat dikatakan tidak begitu bagus, klub yang bermain di first league atau divisi dua liga Bosnia hanya mampu mengantongi 14 poin dari enam pertandingan. Saat ini FK Borac Kozarska Dubica berada di posisi 13 klasemen sementara.

Hal menarik dari skuad dari tim FK Borac Kozarska Dubica ini yaitu diisi oleh pemain muda. Usia rata-rata dari klub ini yaitu 24,4 tahun. Data tersebut diambil dari transfermarkt.

Profil Pemain Indonesia yang Diborong FK Borac Kozarska Dubica

Bagi penggemar sepakbola Indonesia nama Naufal Khairullah Alif Winarno, Nur Yufa dan Ronal Setmot terdengar cukup asing. Meskipun demikian ketiga pemain ini bukanlah nama sembarangan dan layak untuk menjadi pemain masa depan Timnas Indonesia. Siapakah sebenarnya ketiga pemain tersebut? Berikut profil ketiganya

1. Naufal Khairullah Alif Winarno

Nama Naufal Khairullah Alif Winarno mungkin asing di telinga pecinta sepakbola Indonesia. Wajar saja karena pemain satu ini belum pernah membela klub di Liga Indonesia manapun. Karir sepakbolanya diawali dari UCAM Indonesia Football Academy.

Selama bermain bersama akademi sepakbola Spanyol yang berada di Indonesia ini, Naufal bermain sebagai bek kiri. Bersama UCAM, Naufal pernah mengikuti beberapa kompetisi, salah satunya di Singapura pada tahun 2018.

2. Nur Yufa

Sama dengan Naufal Khairullah Alif Winarno, Nur Yufa juga belum pernah membela klub sepakbola di Liga Indonesia. Akan tetapi dia sudah memulai karir sepakbola di Eropa sejak usia dini. Sebelum bergabung dengan FK Borac Kozarska Dubica, Nur Yufa telah bermain bersama U-19 FK Željezničar Banja, Bosnia.

3. Ronal Setmot

Berbeda dengan kedua pemain sebelumnya, Ronal Setmot pernah bermain di Indonesia. Kiprahnya di Indonesia cukup bagus kala membela Persidafon, Persiram Raja Ampat dan Mitra Kukar. Selain itu dia juga masuk dalam daftar pemain PON Papua pada tahun 2012 silam.

Penyerang asal Papua ini sebelumnya telah bermain di Liga Bosnia bersama FK Kozara Gradiska, kemudian ditransfer ke FK Borac Kozarska dengan durasi kontrak satu musim. Di usia 26 tahun, pemain satu ini belum pernah mendapat panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Pemain Indonesia Lain yang Bermain di Bosnia

Selain ketiga pemain tersebut, Media wahana888 mencatatkan masih ada beberapa pemain yang membela klub Liga Bosnia. Pemain tersebut adalah Ahmad Yani dan Iner Sontany Putra, keduanya merupakan punggawa Zeljeznicar Banja Luka. Kedua pemain tersebut telah bergabung di Liga Bosnia sejak 10 November tahun lalu.

Sebelumnya ada pula pemain Indonesia bernama Miftah Anwar Sani yang diboyong klub kasta teratas Liga Bosnia, Sloboda Tuzla. Akan tetapi karir pemain ini tidak semulus yang diharapkan, dimana dia belum pernah tampil dalam satu pertandingan pun bersama Sloboda Tuzla.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here