Kiper Liga 1 Paling Mahal Saat ini

0
49

Debatbola.com – Liga 1 2022/2023 sudah mendekati pekan keempat pertandingan, sehingga tak banyak klub yang belanja para pemain lagi. Khusus untuk posisi kiper, hanya Arema FC yang menggunakan jasa pemain asing di posisi tersebut dan menjadi yang termahal. Berikut merupakan daftar 3 besar, kiper dengan harga pasar termahal berdasarkan urutan dari Transfermarkt:

1. Adilson Maringa

Sudah jelas tentunya, kiper asal Brazil ini menempati posisi yang pertama sebagai kiper termahal di Liga 1 musim ini. Selain jejak karir yang lebih mumpuni ketimbang kiper lain di Liga 1, Adilson Maringa mengalami kenaikan harga juga karena prestasinya. Adapun harga pasar kiper berusia 31 tahun itu 6,08 Milyar Rupiah.

Angka tersebut mengalami peningkatan setelah sebelumnya hanya berkisar 5,65 Milyar Rupiah. Terutama dalam gelaran Piala Presiden kemarin, Adilson Maringa didaulat menjadi pemain terbaik di kompetisi tersebut. Meskipun begitu, kali ini Adilson Maringa harus memperbaiki performanya yang tengah menurun dibanding Piala Presiden lalu.

Adapun Adilson Maringa hanya berhasil mencetak 1 clean sheet saja dari 3 laga bersama Arema FC di Liga 1. Laga away bisa dibilang merupakan kelemahannya, sebab Adilson Maringa paling banyak kebobolan di laga tersebut. Seperti ketika lawan Borneo FC pada akhir Juli lalu, Adilson Maringa sampai kebobolan 3 gol banyaknya.

2. Nadeo Argawinata

Posisi selanjutnya ditempati oleh kiper Bali United, Nadeo Argawinata. Kiper yang kini berusia 25 tahun itu mengalami penurunan setelah sebelumnya bernilai 5,21 Milyar Rupiah. Berdasarkan data yang dikutip dari laman Transfermarkt, harga pasar Nadeo Argawinata turun menjadi 4,78 Milyar Rupiah.

Tak jauh beda dengan Adilson, Nadeo Argawinata juga menjadi ‘lemah’ ketika melakukan pertandingan away. Ketika berhadapan dengan PSM Makassar pada akhir Juli lalu, Bali United yang gawangnya dijaga oleh Nadeo Argawinata kebobolan 2 gol. Sementara ketika di kandang sendiri, Nadeo Argawinata hanya kebobolan 2 gol dari 2 pertandingan yang dilakoninya.

Dimana salah satu dari kedua pertandingan tersebut Nadeo Argawinata berhasil mencatatkan clean sheet. Yakni ketika melawan Persija Jakarta pada 23 Juli lalu. Selain itu, Nadeo Argawinata bersama Bali United hanya mampu menang di kandangnya sendiri hingga pertandingan ketiga Liga 1 sejauh ini.

Namun, Nadeo bisa jadi akan mengalami peningkatan performa di laga selanjutnya. Sebab musim lalu bersama Bali United di Liga 1, Nadeo Argawinata mampu tampil memukau. Dengan catatan 17 kali tampil dan hanya kebobolan 10 kali serta 10 kali clean sheet.

3. Teja Paku Alam

Kiper ternama selanjutnya yang mengisi tempat pada daftar kiper termahal di Liga 1 musim ini adalah seorang Teja Paku Alam. Kiper setinggi 1,77 meter ini pada pembaharuan harga pasar terakhir tanggal 22 Juli, tercatat mempunyai harga pasar 4,35 Milyar Rupiah.

Harga pasar ini mengalami kenaikan setelah sebelumnya Teja Paku Alam bernilai 3,91 Milyar Rupiah. Teja Paku Alam yang baru menjalani 1 laga bersama Maung Bandung gagal meraih clean sheet. Bahkan, dirinya sudah kebobolan hingga 4 gol dari 1 laga tersebut.

Lagi-lagi Borneo FC yang menjadi tandingan kuat bagi para kiper Liga 1 musim ini. Dan lagi-lagi dari pertandingan away pula, beberapa kiper di Liga 1 musim ini menuai hasil kurang baik. Persib Bandung yang posisi kiper ditempati Teja Paku Alam ketika melawat ke kandang Borneo FC dihajar dengan skor 4-1.

Sebelumnya, Teja Paku Alam sempat absen di seluruh pertandingan Piala Presiden kemarin. Mantan kiper Sriwijaya FC tersebut absen karena menderita cedera fraktur jari. Cedera tersebut telah ia derita semenjak tanggal 12 Juni lalu dan terakhir melewatkan pertandingan dengan Madura United pada 30 Juli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here