Kick Off Liga 2 Sudah Diumumkan, PT. LIB Belum Tentukan Format Kompetisi

0

Debatbola.com – Liga 2 belum juga dimulai meskipun sudah memasuki bulan Agustus dengan Liga 1 yang sudah berjalan 2 pekan. Padahal kepastian jadwal tersebut sudah ditunggu-tunggu oleh klub-klub anggota Liga 2. Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya PT. LIB telah menentukan jadwal kick off untuk kompetisi kasta kedua tersebut.

Penentuan Jadwal kick off Liga 1 diumumkan oleh PT. LIB pasca manager meeting beberapa waktu lalu. Namun PT. LIB belum bisa mengumumkan mengenai format kompetisi yang akan digunakan. Kabarnya PT. LIB masih harus menunggu persetujuan dari PSSI untuk bisa menentukan format kompetisi untuk Liga 2.

Jadwal Kick Off

Memasuki pekan ke-3 di Liga 1, PT. LIB akhirnya memutuskan jadwal kick off untuk Liga 2. Keputusan tersebut diambil setelah PT. LIB mengadakan manager meeting dengan keseluruhan klub di Liga 2. Berdasarkan kesepakatan PT. LIB dengan perwakilan klub peserta, Liga 2 akan dimulai pada tanggal 27 Agustus nanti.

Selasa tanggal 2 Agustus kemarin, PT. LIB telah menyelesaikan manager meeting untuk membahas Liga 2 bersama perwakilan dari masing-masing klub. Total 28 klub yang hadir dengan 17 diantaranya adalah klub dari Liga 2 musim sebelumnya. Sedangkan sisanya merupakan klub promosi dari Liga 3 dan yang terdegradasi dari Liga 1.

Dari pihak PT. LIB sendiri dihadiri oleh Akhmad Hadian Lukita, Sudjarno serta Anthony Chandra Kartawiria selaku direktur keuangan. Dalam rapat yang dilakukan secara daring tersebut bukan hanya membahas mengenai jadwal kick off, tetapi juga hal-hal yang berkaitan dengan Liga 2. Regulasi, pendaftaran pemain serta hak dan kewajiban peserta Liga 2 juga dibahas dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam itu.

Hasil manager meeting untuk penentuan jadwal kick off berupa draft yang nantinya akan diserahkan pada federasi. Meskipun sudah disepakati tanggal 27 Agustus, kemungkinan perubahan jadwal masih ada. Pasalnya PT. LIB masih akan meminta persetujuan PSSI mengenai hasil rapat tersebut untuk menentukan tanggal pasti.

Format Belum Ditentukan

Jadwal Kick Off Liga 2 memang sudah ditentukan oleh PT. LIB, namun operator Liga tersebut belum mengumumkan format kompetisi. Kabarnya, PT. LIB masih harus melakukan rapat terlebih dahulu dengan PSSI sebelum nantinya memutuskan format yang akan digunakan. Masih belum diketahui apakah format yang dipakai sama seperti musim sebelumnya.

Saat manager meeting penentuan jadwal kick off, PT. LIB juga sempat meminta pendapat pada masing-masing klub Liga 2. PT. LIB meminta pada setiap klub untuk memilih format yang paling ideal diantara dua atau 3 wilayah. Hasil dari usulan tersebut yang kemudian disampaikan oleh PT. LIB pada PSSI.

Menurut Sudjarno selaku Direktur operasional PT. LIB, format Liga 2 akan diumumkan pada manager meeting berikutnya. Saat pertemuan kedua itu, detail dari Liga 2 juga akan dibahas terutama dalam hal persiapan. Namun kini PT. LIB masih harus mendiskusikan detail tersebut dengan pihak PSSI.

Berdasarkan masukan yang diberikan oleh masing-masing klub, diketahui Semen Padang menginginkan format 2 wilayah. Format tersebut dulunya dipakai oleh Liga 2 ketika pandemi belum menyerang Indonesia. CEO Semen Padang, Win Bernadino mengatakan format 2 wilayah akan membuat kompetisi cepat selesai.

Win Bernadino mengatakan jika format pertandingan dibagi 3 wilayah, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Pasalnya masih ada babak grup, 6 besar serta babak final untuk penentuan juara. Karena hal itulah format 2 wilayah akan lebih ideal karena tidak membutuhkan waktu lama untuk putaran final.

Lebih lanjut Win Bernadino juga memberi bocoran jika sebagian klub Liga 2 menginginkan format 3 wilayah untuk musim yang akan datang. Pasalnya format 3 wilayah akan menghemat biaya karena tidak perlu berkunjung ke markas klub yang berjarak cukup jauh. Dengan begitu klub tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pertandingan tandang.

Piala Indonesia Juga Masih Belum Pasti

Dua kompetisi sudah ditentukan jadwalnya oleh PT. LIB salah satunya Liga 2 yang sudah ditentukan jadwal kick offnya. Namun ada satu lagi kompetisi yang hingga kini masih belum ada kepastian pelaksanaannya yaitu Piala Indonesia. Padahal harusnya kompetisi tersebut dilaksanakan pada Agustus ini.

Ketika ditanyai mengenai kepastian Piala Indonesia, Yunus Nusi selaku Sekjen PSSI masih belum bisa memberikan jawaban pasti. Menurut Sekjen PSSI tersebut, pihaknya masih berkomunikasi dengan klub yang terlibat serta para sponsor. Karena hal itulah PSSI belum bisa menentukan jadwal kick off di kompetisi tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version