Kian Moncer Bareng Chelsea, Kai Havertz Bisa Ancam Romelu Lukaku

0
63

Debatbola.com – Kai Havertz lagi-lagi menunjukkan magisnya dengan ikut menyumbang satu gol dalam kemenangan Chelsea melawan Lille di ajang Liga Champions. Laga ini seakan membuktikan bahwa Havertz punya insting predator kendati ia bukan seorang striker murni. Mantan gelandang Chelsea Joe Cole menyebut Havertz kini mengancam posisi Romelu Lukaku.

Perubahan Havertz Jadi Juru Selamat

Beberapa dari pecinta sepakbola, terutama para penggemar Chelsea tentu masih ingat dengan periode transfer musim panas 2020. Bagi para penggemar Chelsea, periode tersebut menjadi periode yang paling menyenangkan. Pasalnya, The Blues berhasil mendatangkan banyak amunisi berkualitas, termasuk salah satunya adalah Kai Havertz.

Havertz bergabung dengan Chelsea dengan mahar transfer yang jelas tidak murah, mencapai 80 juta euro. Di awal kedatangannya, Havertz pun terlihat kesulitan beradaptasi dengan gaya main cepat ciri khas tim-tim Inggris. Pemain internasional Jerman bahkan kerap dibanjiri kritik hingga hujatan terkait performanya yang angin-anginan.

Meski sempat sulit beradaptasi, Havertz kini sudah menemukan bentuk terbaiknya bersama Chelsea. Lihat saja, dalam beberapa pertandingan, mantan pemain Bayer Leverkusen itu menjadi penentu hasil sempurna The Blues. Beberapa di antaranya seperti final Liga Champions dan final Piala Dunia Antarklub.

Kini, Havertz telah membuktikan bahwa banderol 80 juta euro yang diberikan Chelsea untuk menebus dirinya bukanlah banderol yang main-main. Havertz berhasil membungkam semua orang yang meragukan bahkan merendahkan dirinya. Ia kini seakan sudah menjadi juru selamat Chelsea dalam setiap partai yang menentukan nasib tim asal London Barat.

Masalah Besar Untuk Lukaku

Thomas Tuchel sering menempatkan Havertz di posisi penyerang, atau lebih tepatnya memberi sang pemain peran sebagai false nine. Rupanya, peran ini berhasil dijalankan dengan baik oleh Havertz. Performanya bahkan lebih bagus ketimbang Romelu Lukaku yang memang berposisi murni sebagai striker.

Perbandingan Lukaku dan Havertz bisa dibilang bak bumi langit. Sementara Havertz terus jadi juru selamat, Lukaku masih saja diam. Performa Havertz yang mulai moncer ini bahkan bisa membahayakan posisi Lukaku sebagai seorang striker murni. Setidaknya, hal inilah yang coba disampaikan Joe Cole, mantan midfielder Chelsea yang kini menjadi pundit.

Berbicara kepada BT Sport, Cole mengungkapkan bahwa Havertz adalah masalah besar buat Lukaku. Pasalnya, Havertz kini kerap dimainkan sebagai striker tengah, posisi yang seharusnya ditempati sang striker Belgia. Cole bahkan mengatakan Havertz mirip dengan Roberto Firmino, striker Liverpool yang dikenal serba bisa dalam bermain.

“Jelas, dia (Havertz) adalah masalah besar.” Kata Cole kepada BT Sport. “Coba pikir bagaimana statistiknya di akhir musim lalu. Momen di mana ia bisa berlari ke sana kemari dan bisa berada di mana saja. Posisi terbaiknya tentu adalah nomor 9 (penyerang tengah), tapi itu tentu jadi berita buruk untuk Lukaku.”

“Dia (Havertz) bisa membaca situasi dengan baik, berlari di antara para defender lawan dan menguasai bola dengan baik. Permainannya meyakinkan, dia tak membuat kesalahan-kesalahan konyol, itulah mental seorang striker sejati. Dia mengingatkan saya pada (Roberto) Firmino yang serba bisa, dan dia akan menjadi mimpi buruk bagi lawan, mulai malam ini.”

Siapa Lebih Baik? Lukaku atau Havertz?

Sedikit perbandingan, Lukaku saat ini sudah mengemas 10 gol plus dua assist dari 28 penampilan di seluruh ajang. Havertz, di sisi lain sukses mengemas tujuh gol ditambah empat assist dari 30 penampilan di seluruh ajang. Secara kasar, Lukaku lebih baik, tetapi jika dicermati dari permainan, Havertz lebih baik.

Memang, pendapat Joe Cole bahwa Havertz bisa mengancam Lukaku ada benarnya. Untuk saat ini, Havertz memang lebih baik dari Lukaku. Tapi bukan berarti suatu saat nanti, posisi bakal berbalik dimana Lukaku bisa lebih baik. Lalu, menurut anda sendiri, untuk saat ini, antara Havertz dan Lukaku, mana yang lebih baik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here