Khawatir Cuaca Terik, Kanada dan Swedia Minta Final Sepakbola Wanita Olimpiade Tokyo Diundur

0
129

Debatbola.com – Pertarungan sejumlah negara di ajang Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga sepakbola wanita kini sudah mencapai puncaknya. Dua negara terbaik di ajang ini, Swedia dan Kanada bakal saling bentrok di partai puncak. Namun, jelang pertandingan pamungkas nanti, kedua finalis meminta kick-off pertandingan diundur.

Alasan Mengapa Laga Ingin Diundur

Dimulai pada tanggal 21 Juli 2021, perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 tak terasa sudah mencapai fase puncak. Dari 12 kontestan, dua tim terbaik sudah terpilih, yakni Kanada dan Swedia. Keduanya bakal bertarung memperebutkan medali emas pada 6 Agustus mendatang, di National Stadium yang berlokasi di Tokyo.

Namun, jelang pertandingan panas antara dua tim terkuat sepakbola wanita tersebut, ada sedikit drama yang melibatkan kedua finalis. Seperti yang kita tahu, Kanada dan Swedia bukan termasuk negara yang beriklim cenderung dingin. Mereka pasti masih kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca Asia, terutama Jepang yang cenderung panas.

Laga final antara Swedia melawan Kanada dijadwalkan bakal berlangsung pada pukul 11.00 waktu setempat. Hal inipun memancing sedikit protes dari kedua belah pihak yang akan berlaga. Swedia dan Kanada kompak meminta penyelenggara mengundur waktu kick-off demi menjaga kebugaran pemain.

Di hari yang sama, laga perebutan juara ke-3 sektor sepakbola pria juga akan diselenggarakan. Namun, laga perebutan perunggu di sektor pria baru akan diselenggarakan sore harinya, di mana suhu lapangan akan lebih rendah. Sementara laga final sepakbola wanita akan dimainkan di siang hari, di mana suhu bisa mencapai angka 34 derajat celcius.

Surat Resmi Untuk Penyelenggara

Melansir media inter303 via The Telegraph, Komite Olimpiade Swedia dikabarkan telah menyurati International Olympic Committee (IOC) terkait hal ini. Mereka pun mendapat dukungan dari Kanada. Demi menjaga kebugaran dan kondisi fisik para pemain, Kanada juga mendukung keputusan mengundur kick-off final Olimpiade cabang olahraga sepakbola wanita.

“Sepakbola Kanada mendukung penuh rencana mengubah waktu kick-off untuk pertandingan perebutan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepakbola wanita.” Tulis pernyataan resmi Asosiasi Sepakbola Kanada. Mereka menambahkan, “Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keamanan para pemain kami.”

Meski menginginkan penundaan jadwal kick-off laga final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepakbola wanita, Swedia dan Kanada juga sejatinya tak keberatan dengan jadwal yang ada. Mereka siap jika akhirnya, laga tetap digelar pada pukul 11.00 waktu setempat. Tapi mereka percaya bahwa penampilan mereka akan lebih baik jika kick-off diundur beberapa jam.

Pertarungan yang Dinanti

Bentrok antara Swedia melawan Kanada tentu bakal sangat dinantikan banyak pasang mata. Pasalnya, bentrok ini akan mempertemukan dua kekuatan baru di dalam dunia sepakbola wanita. Swedia adalah tim terbaik ke-3 di Piala Dunia Wanita 2019, sedang Kanada adalah pembunuh Amerika Serikat yang merupakan penguasa sepakbola wanita Olimpiade.

Dalam perjalanannya ke partai final, Swedia tampil begitu perkasa di mana mereka sama sekali belum tersentuh kekalahan sepanjang turnamen. Keluar dari fase grup dengan status juara Grup G, Swedia membuat tuan rumah Jepang tersingkir di perempat final. Lalu, mereka sukses kalahkan Australia dengan skor tipis untuk memastikan satu pos di babak final.

Adapun Kanada juga melewati perjalanan yang tak kalah terjal untuk bisa sampai di fase perebutan emas Olimpiade. Di fase grup, Kanada hanya bisa finish sebagai runner-up, berada di bawah Britania Raya. Namun di babak gugur, Kanada membuat banyak pihak terkejut dengan menyingkirkan Brazil dan Amerika Serikat untuk sampai ke final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here