Keuntungan Barcelona dari Peminjaman Luuk de Jong

0
140

Debatbola.com – Menjelang berakhirnya jendela transfer pemain musim panas tahun 2021 ini, Barcelona diketahui telah berhasil mendatangkan Luuk de Jong dari Sevilla. Pemain asal Belanda ini mendarat di Camp Nou sebagai pemain pinjaman.

Gantikan Antoine Griezmann

Musim panas ini Barcelona diketahui melakukan sebuah transfer yang cukup mengejutkan. Dimana klub asal Catalan ini mendatangkan striker pinjaman dari klub tetangga, Sevilla. Luuk de Jong diketahui datang ke Camp Nou setelah manajemen Blaugrana sepakat untuk meminjam sang bomber dari Sevilla hingga Juni 2022 mendatang.

Kedatangan de Jong dikabarkan untuk menggantikan peran dari Antoine Griezmann yang dipinjamkan ke Atletico Madrid. Jika dilihat dari segi kemampuan yang dimiliki, Luuk de Jong memang bukanlah pengganti yang sepadan untuk pemain sekelas Griezmann di lini depan Barcelona.

Bahkan sebelumnya Barcelona memiliki pemain dengan talenta luar biasa seperti Lionel Messi. Akan tetapi ada empat hal penting yang menjadi pertimbangan manajemen El Barca dalam transfer de Jong.

Mengurangi Beban Finansial

Pada musim kompetisi 2020/2021 kemarin, Barcelona gencar dikabarkan mengalami krisis ekonomi yang sangat serius. Bahkan klub kota Catalan ini tercatat memiliki hutang sebesar 20,34 triliun Rupiah.

Dengan kedatangan Luuk de Jong dan meminjamkan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid, Barcelona bisa sedikit bernafas lega. Sebab kewajiban untuk membayar gaji pemain mahal bisa sedikit berkurang. Barcelona hanya perlu membayar dana sebesar 3,4 miliar Rupiah untuk jasa dari de Jong.

Nilai ini lebih kecil jika dibandingkan dengan gaji dari Antoine Griezmann yang mencapai 11 miliar Rupiah. Dengan berkurangnya beban pemain dengan gaji mahal, uang yang dimiliki Barcelona saat ini bisa digunakan untuk berbelanja pemain baru di bursa transfer musim panas tahun 2021 kali ini.

Oranje Connection

Kedatangan Luuk de Jong musim panas ini semakin identik dengan pemain Belanda. Sebelumnya manajemen Blaugrana sudah mendatangkan Frankie de Jong dan juga Memphis Depay.

Selain kedua nama diatas, Barcelona saat ini juga dilatih oleh Ronald Koeman yang merupakan pelatih asal Belanda. Bahkan Koeman juga pernah menjadi pelatih Luuk de Jong ketika masih aktif melatih timnas Belanda. Situasi ini tak ubahnya menjadi ajang reuni antara para pemain dan sang pelatih timnas Belanda. Hanya saja kali ini mereka bernaung di Barcelona.

Bisa Langsung Klop

Berbicara soal pengalaman, Luuk de Jong merupakan pemain yang sudah banyak makan asam garam di kompetisi kasta teratas Spanyol. Sebelum dipinjamkan ke Barcelona, de Jong sudah membela Sevilla sejak Juli 2019 lalu.

Dengan pengalamannya bermain di La Liga, Barcelona akan diuntungkan karena sang pemain tidak akan kerepotan untuk beradaptasi. Meskipun di sisi lain, prestasinya bersama Sevilla bisa dibilang tidak begitu bersinar.

Miliki Mental Juara

Luuk de Jong sebenarnya bukanlah bomber kaleng-kaleng jika kita melihat statistik bermainnya ketika masih berkompetisi di Liga Eredivisie Belanda. Pada musim 2018/2019 lalu, media wahana88 mencatatkan bahwa bomber 31 tahun ini pernah mencatatkan namanya sebagai top skorer di Liga Eredivisie.

De Jong mampu menghasilkan lebih dari 20 gol bersama klub lamanya, PSV Eindhoven untuk setiap musimnya. Catatan inilah yang membuat Sevilla kepincut dan memboyongnya ke Spanyol.

Ketika bermain di Sevilla, Luuk de Jong sukses membawa timnya kembali menjadi raja di kompetisi Liga Europa pada musim 2019/2020. Dengan segala prestasi gemilang ini, bisa dipastikan jika Luuk de Jong memiliki mental juara. Mental seperti inilah yang saat ini dibutuhkan Barcelona untuk bisa merengkuh gelar juara musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here