Kesiapan Persipura Jelang AFC Cup

0
303
sumber : cnnindonesia.com

Debatbola.com – Persipura Jayapura terpilih sebagai wakil Indonesia dalam gelaran AFC Cup 2021. Klub yang berjuluk Mutiara Hitam tersebut berhak mewakili Indonesia karena telah mengantongi lisensi klub AFC. Dari segi posisi di klasemen akhir Liga 1 tahun 2019, mereka berada di posisi ketiga.

Di posisi kedua sebenarnya ada Persebaya Surabaya. Namun sayang, tim yang berjuluk Bajul Ijo itu belum lolos lisensi AFC. Alhasil, satu tim lagi yang menemani Persipura adalah Bali United yang merupakan kampiun Liga 1 musim itu.

Kesiapan Pemain Jelang Kompetisi

Persipura Jayapura bakal memasukkan 25 nama pemain untuk mengarungi gelaran AFC Cup ini. Mutiara Hitam baru saja memboyong dua nama pemain yang sudah tak asing dengan klub itu. Keduanya adalah Ricky Kayame yang hijrah dari Persita Tangerang dan Nelson Alom dari Madura United.

Bento Madubun, manajer tim menegaskan bahwa 25 pemain itu sudah bergabung dalam latihan. Tim asal tanah Papua itu saat ini sedang menjalani masa latihan di kota Surabaya. Sang manajer juga menambahkan bahwa pemain yang sudah bergabung itu akan membela Persipura baik di kancah AFC Cup maupun Liga 1 2021 mendatang.

Persipura bakal menjalani laga pertama yakni melawan Kedah Darul Aman FC (Malaysia). Pertandingan itu rencananya digelar pada Selasa (29/6) pukul 16.00 WIB. Wakil Malaysia itu akan bertindak sebagai tuan rumah.

Masalah Kandang Persipura

Berita kurang mengenakkan datang dari tim asal tanah Papua ini. Persipura Jayapura sebelumnya meminta persetujuan untuk menggunakan Stadion Mandala sebagai venue kandang mereka mengarungi kompetisi AFC Cup. Surat dari KONI Provinsi Papua telah diterima klub dan hasilnya adalah klub tersebut tidak diizinkan untuk memakai stadion Mandala.

Alasan KONI tidak mengizinkan adalah karena stadion tersebut bakal dipakai sebagai TC atlet PON yang akan dihelat di provinsi Papua. Selain itu alasan dari pihak KONI juga adalah karena stadion masih ingin direhabilitasi. Padahal menurut sekretaris umum Persipura, Rocky Bebena, stadion Mandala telah siap digunakan tanpa harus direhabilitasi lagi.

Padahal sebelumnya pihak Persipura sudah menjelaskan bahwa tidak mungkin timnya akan memakai stadion lain. Tim yang berjuluk Mutiara Hitam itu juga telah mendaftarkan nama stadion Mandala pada Club Licensing AFC.

Pihak Persipura mengaku kecewa dengan keputusan dari KONI tersebut. Dengan begitu berlaga di kandang sendiri tidak akan bisa dirasakan oleh pihak klub. Kini klub sedang mempertimbangkan untuk menggunakan stadion di wilayah Indonesia lainnya tentunya yang berstandar AFC.

Persipura Tanpa Babak Playoff

Setelah melihat kabar buruk, kini ada berita gembira buat pecinta judi bola. Klub kebanggaan Papua ini secara mengejutkan tidak harus menjalani fase playoff terlebih dahulu untuk bisa masuk grup H. Sejatinya Mutiara Hitam harus bermain pada 19 Mei mendatang pada babak ini.

Akan tetapi, dua wakil Myanmar mundur sejak minggu lalu. Alhasil Persipura bisa langsung berlaga di babak penyisihan grup. Sang pelatih, Jacksen Ferreira Tiago mengaku sangat senang dengan lolosnya tim yang dia latih ini.

Sang pelatih juga menjelaskan sudah mencari-cari informasi mengenai kekuatan lawan-lawannya. Jacksen sangat beruntung karena ketiga lawannya tersebut sedang menjalani kompetisi di negaranya masing-masing.

Alhasil, Persipura Jayapura tergabung di grup H bersama tiga klub Asia lainnya. Mereka adalah Kedah Darul Aman FC dari Malaysia, Lion City Sailors FC asal Singapura serta Saigon FC dari Vietnam. Kompetisi AFC Cup ini akan mulai bergulir pada 14 Mei 2021 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here