Kesal Pada VAR, Klopp Sempat Emosional Saat Rayakan Gol

Debatbola.com – Liverpool kembali ke jalur kemenangan setelah sukses menaklukkan Bournemouth dengan skor 2-1 pada pekan ke-29 Premier League. Sebelumnya, The Reds kalah dari Watford pada pekan ke-28 dan tersingkir di Piala FA oleh Chelsea beberapa hari berselang.

Gol Callum Wilson sempat membuat Liverpool terhenyak. Tapi Mohamed Salah dan Sadio Mane sukses membuat Liverpool meraih tiga poin dan kembali ke jalur juara Premier League.

Di samping hasil, Juergen Klopp mendapatkan sorotan pada laga tersebut. Setelah Sadio Mane membalikkan keadaan, pelatih asal Jerman itu merayakan gol dengan emosional di hadapan wasit.

Usai laga, Klopp mengakui bahwa perayaan gol itu memang merupakan ekspresi kelegaan anak asuhnya yang mampu membalikkan keadaan. Sebelumnya, ia kecewa pada wasit Video Assistant Referee (VAR) yang mengesahkan gol Wilson. 

Menurutnya, gol Bournemouth itu tak pantas diberikan karena lebih dulu terjadi pelanggaran pada bek tengah Liverpool, Joe Gomez. 

“Sejujurnya, aku memang kesal saat itu,” tutur Klopp pada konferensi pers usai laga. “Aku tidak mengerti kenapa bisa jadi gol (Wilson). Ada pelanggaran. Sentuhannya cukup membuat Joe kesulitan. Dua atau tiga minggu yang lalu, VAR membuat keputusan sulit serupa, aku rasa laga Tottenham melawan Man City.”

Klopp merasa VAR tak konsisten dalam mengambil keputusan. Ia menyalahkan para wasit di ruangan VAR yang melakukan keputusan tak tegas. Menurut eks pelatih Dortmund itu, mereka seolah tak punya aturan baku mengenai kapan sebuah insiden dinyatakan pelanggaran atau tidak.

“Banyak situasi, dan kita sudah membicarakan hal ini, juga masalah seperti ini, tapi sekarang tampaknya kita sudah harus mengambil keputusan. Ini menunjukkan masalah dari VAR. Bukan VAR-nya, bukan sistemnya, tapi orang-orang yang ada di belakangnya dan aturannya.”

“VAR tak boleh bersembunyi pada frase ‘tidak jelas’. Pelanggaran tetaplah pelanggaran, juga jika bukan pelanggaran. Bukan hanya wasit, aku rasa semua orang sudah merasakan hal yang aneh atas kejadian ini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here