Kerap Tampil Gemilang, Arhan Pratama Didukung Baihakki Untuk Meniti Karir di Luar Negeri

0
38
Kerap Tampil Gemilang, Arhan Pratama Didukung Baihakki Untuk Meniti Karir di Luar Negeri

Debatbola.com – Pratama Arhan, seorang pemain bertahan Timnas Indonesia yang berusia 20 tahun itu kerap menjadi perbincangan hangat. Bek kiri klub PSIS Semarang itu juga dipilih untuk turut membela Timnas Indonesia dalam ajang piala AFF 2020. Tidak salah pelatih Shin Tae-yong memilihnya. Pasalnya, Pratama Arhan kerap tampil baik dengan seragam merah garudanya.

Selama bermain bersama PSIS Semarang, pemain dengan nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai itu berhasil menunjukkan perkembangannya. Menjadi bintang muda di BRI Liga 1 Indonesia, berhasil membuat pelatih Shin Tae-yong tertarik untuk merekrutnya bergabung dengan Timnas Indonesia. Betul saja, Arhan tidak mensia-siakan kesempatan tersebut.

Keunggulannya memainkan si kulit bundar di lapangan hijau, serta kontribusi optimalnya kepada Timnas Indonesia diakui berbagai kalangan. Bahkan, seorang bintang senior Singapura, Baihakki, mengaku ingin melihat Pratama berkembang menjadi pemain hebat di Asia. Baihakki merupakan bintang yang pernah tiga kali juara Piala AFF bersama Timnas Singapura.

Legenda bintang pemain sepak bola asal Singapura, Baihakki Khaizan memuji kualitas Pratama Arhan sebagai bintang muda Indonesia. Dirinya juga memberikan dukungan kepada Pratama Arhan untuk mengembangkan karirnya menjadi lebih baik lagi. Hal tersebut menyatakan bahwa Pratama Arhan adalah pemain potensial sepak bola Indonesia.

Penampilan Gemilang Pratama Arhan di Lapangan Hijau

Walaupun belum berhasil membawa Indonesia menjadi juara piala AFF 2020, bek kiri muda PSIS Semarang tersebut tampil gemilang sepanjang permainannya. Dirinya juga terpilih sebagai pemain yang mendapatkan penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Posisinya di lapangan hijau memang seorang pemain bertahan kiri.

Akan tetapi, justru dirinya kerap membantu lini penyerangan Tim nasional Indonesia selama berlaga. Umpan-umpan tajamnya membantu menciptakan peluang-peluang ke gawang lawan. Kendati Timnas Indonesia dianggap tidak memiliki striker tajam, justru kolaborasi pemain bertahan, Pratama Arhan bersama para gelandang Timnas dinilai menakjubkan.  

Pratama Arhan, kendati usianya tergolong masih muda, namun dirinya sudah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia pada masa pelatih Shin Tae-yong. Bukan hanya membantu penyerangan melalui umpan-umpan yang melahirkan peluang. Namun, Pratama Arhan juga mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Yang paling menakjubkan adalah gol pembakar semangatnya saat Indonesia menghadapi Malaysia di babak penyisihan grup. Kontrol bola yang baik, serta tendangan yang mampu merobek pertahanan Malaysia kerap mendapatkan pujian dari pecinta sepak bola tanah air. Seorang pemain bertahan yang mampu menjadi penyerang tajam di area pertahanan lawan.

Selain itu, Pratama Arhan juga memiliki suatu kelebihan yang menonjol dari pemain lainnya. Yaitu lemparan bola ke dalam yang mampu mencapai pemain yang jauh berada di dekat gawang lawan. Arhan selalu dipercaya untuk mengambil lemparan bola ke dalam sepanjang permainannya. Terbukti, hal tersebut cukup memperkuat penyerangan Timnas Indonesia.

Penampilan positifnya selama turnamen, mendapatkan banyak pujian dan juga sorotan. Bahkan, berhasil mendorongnya untuk meninggalkan karir di BRI Liga 1 untuk merantau ke luar negeri. Tujuannya adalah mengembangkan kualitas bakat bermain sepak bola. Pratama Arhan dirumorkan akan segera meniti karir di luar negeri.

Kekaguman Baihakki Sang Bintang Singapura, Kepada Pratama Arhan

Kekaguman Baihakki terlihat jelas pada postingan Instagramnya. “Dik (adik “Pratama Arhan”), kamu ini bakal jadi pemain kelas di Asia dik. Jaga diri kamu baik-baik, dan main di luar (di luar Indonesia) untuk meningkatkan pengalaman. Luar biasa,” tulis Baihakki di akun Twitter-nya, @Baihakki06, pada 1 Januari 2022.

Postingan Baihakki menjadi kejutan tahun baru bagi Pratama Arhan. Pratama Arhan yang sudah berhasil membuktikan dirinya pantas menjadi andalan timnas Indonesia. Dibuktikan dengan tidak tergantikannya dirinya dalam tujuh pertandingan Piala AFF 2020. Kabarnya, Arhan memang akan dilepas oleh PSIS Semarang jika mendapat tawaran dari klub luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here