Kepindahan Messi ke PSG, Menguatkan atau Membuat Pusing PSG

0
123

Debatbola.com – Lionel Messi baru saja bergabung dengan PSG pada bursa transfer tahun ini. Messi sebelumnya berkarir di Barcelona selama lebih dari 20 tahun. Berbagai gelar dan juga piala sudah disumbangkan Messi untuk Barcelona. PSG berharap Messi juga bisa melakukan hal yang sama untuk PSG.

PSG membuat Messi bereuni dengan Neymar yang sudah ditransfer lebih dulu. Kabar yang beredar, Neymar lah alasan Messi memilih PSG. Neymar dulunya adalah mantan rekan satu tim Messi di Barcelona. Messi juga akan bertemu dan bekerja sama dengan mantan rivalnya yang berasal dari Real Madrid, Sergio Ramos.

Lionel Messi menandatangani kontrak dengan PSG selama dua tahun dengan masa perpanjangan di tahun 2024. Messi menerima gaji sebesar 35 Euro per musim termasuk pemasukan dari iklan. Penghasilan terbaru Messi tersebut belum termasuk bonus yang didapatkannya dari Barcelona yaitu sebesar 39 juta Euro.

Bergabungnya mega bintang Lionel Messi dengan PSG membuat beberapa dampak bagi PSG. Kekuatan Lini depan PSG semakin tidak terbendung dengan pertahanan lini belakang yang juga tak kalah kuat. Masalah yang timbul yaitu pada keadaan pemain lain dan juga management klub PSG.

Menguatkan Skuad Klub

Kedatangan Messi ke PSG tentu akan membuat lini depan PSG semakin tidak tertembus. Kolaborasi antara Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Neymar tentu akan sangat menyulitkan lawannya. Rencananya, PSG masih akan membeli satu pemain lagi di bursa transfer tahun ini untuk lebih menguatkan tim.

PSG selama semusim ini juga menerima 4 pemain baru lain selain Messi. Mereka adalah Achraf hakimi, Sergio Ramos, Georginio Wijnaldum dan Gianluigi Donnarumma yang diperkenalkan bersamaan dengan Messi. Kelima pemain yang menjadi anggota baru PSG tersebut termasuk dalam pemain-pemain berkelas.

Daftar pemain dibawah naungan PSG membuat PSG menjadi grup raksasa Prancis. Berkat PSG, pusat sepak bola Eropa kini telah pindah ke Prancis. PSG kini menempati urutan ketiga untuk daftar skuad termahal dengan nilai Rp 17,6 triliun di bawah Manchester City dan Chelsea.

Kylian Mbappe yang dikabarkan akan hengkang dari PSG melalui bursa transfer tahun ini juga memutuskan bertahan sampai masa kontraknya habis. Mbappe bersedia bertahan karena ingin bermain bersama Messi. Trio Trisula antara Messi, Neymar dan Mbappe terwujud dan akan membuat Lini depan PSG semakin ditakuti.

Membuat Pusing Management PSG

Gelar Ballon d’Or sebanyak 6 kali dan banyak gelar lain yang didapatkan Messi tentu membuat banyak pemain yang menginginkan satu klub bersamanya. Pemain PSG lama memilih bertahan di klub agar bisa bermain bersama mega bintang tersebut. Permasalahan ini tentu membawa dampak tersendiri bagi management PSG.

PSG melakukan bisnis yang cukup apik tahun ini. 5 pemain baru yang bergabung tersebut didatangkan dengan hanya mengeluarkan uang 71 juta Euro. Pengeluaran PSG hanya pada transfer Achraf Hakimi dari Inter Milan. Keempat sisanya PSG mendapatkan transfer secara gratis termasuk Lionel Messi.

Permasalahan terbesar yang harus dihadapi PSG yaitu terletak pada gaji pemain. 5 pemain yang didatangkan PSG termasuk dalam 10 pemain termahal di Prancis. Gaji musiman dari para pemain tersebut pastinya sangat besar, termasuk juga gaji Kylian Mbappe dan juga Neymar.

Kedatangan Messi membuat pemain PSG yang lain tidak mau di transfer, padahal PSG sedang membutuhkan banyak dana. Presiden PSG baru mampu mengumpulkan dana sebesar 10 juta Euro yang didapatkan dari transfer Mitchel Bakker ke Leverkusen. PSG harus bekerja keras mencari dana klub yang satu-satunya berasal dari penjualan pemain.

Lionel Messi memang membuat PSG mendapatkan keuntungan dan juga permasalahan. Messi dan 4 pemain lain akan menjadi boomerang bagi PSG terutama pada bagian keuangan. PSG harus memutar otak agar keuangan mereka tetap stabil ditengah skuad mereka yang semakin kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here