Kenalan dengan Hokky Caraka, Striker Masa Depan Timnas Jebolan Garuda Select

0
35
Kenalan dengan Hokky Caraka, Striker Masa Depan Timnas Jebolan Garuda Select

Debatbola.comJagat sepak bola nasional saat ini sedang disuguhkan turnamen Piala AFF U-19. Prestasi terbaik Timnas adalah meraih juara pada 2013, Evan Dimas dkk menjadi aktor dalam bukti sejarah tersebut. Kini, semua harapan kembali dibebani para penggawa Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong. 

Sejumlah nama terbaik dipanggil untuk mengikuti ajang ini, seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, dan Hokky Caraka. Khusus nama terakhir, sosoknya baru dikenal publik setelah tampil mengesankan pada program Garuda Select. 

Profil Hokky Caraka

Pemain yang lahir di Gunungkidul, 21 Agustus 2004 ini memiliki nama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant. Ia adalah seorang penyerang Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong

Hokky mengawali karier sepakbolanya ketika bergabung dengan SSB Handayani saat kelas 3 SD. Ayah Hokky, Ribut Budi, mengatakan bahwa sang pelatih pernah memanggilnya secara khusus untuk mengungkapkan bakat luar biasa Hokky. 

Memasuki jenjang SMP, Hokky bergabung di sekolah olahraga, KKO Playen. Hokky diharapkan dapat mengembangkan bakatnya di sana. Bahkan, kemampuannya membuat pelatih mengikutsertakan dirinya dalam berbagai kompetisi. 

Mengikuti Program Garuda Select

Karena kemampuannya, ia direkrut PSS Sleman untuk mengikuti EPA (Elite Pro Academy)  U-16. Baru beberapa bulan, Hokky mengikuti seleksi Garuda Select edisi ketiga. Hasilnya, dirinya lolos dan akan ikut serta dalam pelatihan intensif di Inggris. 

Hokky terpilih kembali pada program Garuda Select edisi keempat. Ia berlatih mulai Desember 2021 hingga Mei 2022 lalu. Di sana, kemampuannya semakin terasah. Buktinya, Hokky berhasil mencetak 14 gol selama berlatih di Negeri Ratu Elizabeth. 

Awalnya Seorang Pemain Bertahan

Satu hal menarik dari Hokky Caraka adalah bukan penyerang asli sejak awal karier. Ia merupakan stopper atau pemain bertahan. Hal itu terjadi ketika Dennis Wise, Direktur Teknik Garuda Select, melihat potensi Hokky memiliki kecepatan di atas rata-rata dari seorang bek tengah. 

Kualitas berlari Hokky dinilai sangat cocok dijadikan sebagai pemain depan. Hokky Caraka pun digeser menjadi seorang striker, posisi yang jauh dari posisi aslinya. 

Tak berselang lama, Hokky mencetak trigol saat mengawali debut sebagai penyerang. Eksperimen itu yang hingga saat ini membuat Hokky Caraka berposisi sebagai penyerang. 

“Ketika itu saya ditanya bisa posisi apa selain stopper, saya menjawab striker. Dennis Wise langsung menempatkan saya sebagai stopper di babak pertama dan striker di babak kedua. Hasilnya, saya mencetak tiga gol,” ungkap Caraka. 

Debut Bersama Timnas U-19 

Awal Juni lalu, seusai menjalani program Garuda Select di Inggris, Hokky Caraka langsung mendapat panggilan membela Timnas U-19 yang dipersiapkan mengikuti turnamen di Prancis. 

Bersama Ronaldo Kwateh, ia didapuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Pertandingan melawan Venezuela adalah debutnya bersama Garuda Muda. Meski tidak mencetak gol, kehadirannya sangat dibutuhkan rekan-rekan lainnya. 

Terpilih Skuat Piala AFF U-19

Setelah mengikuti turnamen di Prancis, Hokky kembali dipanggil Timnas U-19 guna persiapan Piala AFF U-19. Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, dan Filipina. 

Shin Tae-yong menunjuk dirinya ke dalam 28 pemain yang terpilih. Hokky diharapkan bisa menjadi mesin gol Timnas yang masih menjadi kendala hingga saat ini. 

Diproyeksikan Untuk Piala Dunia U-20

Bakat dan pengalaman luar biasa Hokky Caraka tidak hanya dibutuhkan untuk Piala AFF U-19 saja. Shin Tae-yong sangat membutuhkan sosok striker haus gol yang ada pada diri Caraka untuk Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20.

Pemain yang mengidolakan Sergio Aguero ini diharapkan mampu menjadi striker masa depan Indonesia. Sebab, saat ini Timnas Indonesia sangat sulit mencari sosok penyerang yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here