Kenalan dengan Fábio Vieira, Sang Rekrutan Anyar Arsenal

0
23

Debatbola.com – Arsenal membuat gebrakan dengan merekrut Fábio Vieira dari FC Porto, dan sang pemain diharap bisa menjadi jenderal baru lini tengah Meriam London. Lalu, siapa sebenarnya Fábio Vieira? Mari berkenalan lebih dekat dengan rekrutan terbaru Arsenal di summer transfer 2022 ini.

Berbandrol Cukup Mahal
Geliat Arsenal di summer transfer edisi tahun 2022 ini sudah mulai terlihat dengan keberhasilan merekrut pemain perdana mereka. Fábio Vieira dari FC Porto menjadi amunisi anyar pertama yang mendarat di Emirates Stadium. Arsenal merampungkan transfernya pada Jumat (17/6).

Menurut ESPN, kesepakatan yang terjalin antara Arsenal dengan FC Porto membuat Vieira tinggalkan Portugal setelah Meriam London menebusnya dengan mahar yang lumayan. Mahar itu diperkirakan mencapai 35 juta euro. Belum termasuk kemungkinan bonus penampilan sebesar 5 juta euro.

Adalah hal yang wajar apabila FC Porto meminta mahar sebesar itu untuk jasa Vieira, mengingat sang gelandang juga bukan pemain sembarangan. Musim lalu, 39 laga telah ia mainkan di seluruh kompetisi. Ia pun mengemas tujuh gol plus 16 assist.

Point Plus Seorang Fábio Vieira
Prestasi di klub sudah teruji, namun satu yang kurang adalah Vieira ternyata belum pernah dipanggil timnas Portugal senior. Kendati demikian, namanya sudah malang melintang di kancah junior. Berkali-kali ia menyabet penghargaan individu bareng timnas Portugal, di level U-19 hingga U-21.

Serba bisa menjadi poin plus mengapa Vieira begitu diminati Arsenal dan beberapa klub Inggris lainnya. Posisi aslinya adalah gelandang serang, tapi ia bisa juga dimainkan sebagai gelandang tengah, bahkan second striker. Vieira suka menusuk dari tengah, ataupun dari sisi kanan.

Kontribusi Vieira dalam setiap permainan FC Porto juga begitu besar, di mana statistik mencatat, ia terlibat dalam 23 persen gol yang dikreasikan Porto musim lalu di liga. Vieira juga pandai mengambil keputusan, dan terkadang tak ragu menembak dari jarak jauh.

Dengan akurasi yang tidak main-main, Vieira juga merupakan pemain dengan spesialisasi bola-bola mati. Sebagai seorang gelandang serang, Vieira adalah pemain yang gaya mainnya cenderung menyerang. Tapi ia juga tidak boleh diremehkan dalam situasi bertahan.

Arteta Memang Cari Pemain Kreatif
Skill dan catatan prestasi menjadi sebuah tolok ukur mengapa Arsenal meminati Fábio Vieira, tapi sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya alasan lebih lanjut Arsenal meminatinya. Mikel Arteta mencoba menjawabnya di sini. Menurutnya, Vieira bisa jadi solusi timnya yang kekurangan pemain kreatif.

“Lihat para pemain-pemain (kreatif) yang kami punya di masa lalu.” Kata Arteta. “Anda lihat (Santi) Cazorla, (Tomáš) Rosický, (Andrey) Arshavin. Atau bahkan (Aaron) Ramsey, hingga (Henrikh) Mkhitaryan ketika mereka di sini. Bahkan Jack Wilshere juga bertipikal sama.”

“Itulah pemain-pemain yang tak banyak kami miliki sekarang. Yang kami perlukan adalah memperbarui siklus seperti mereka. Karena jika ini tidak dilakukan, pemain-pemain macam mereka tidak akan pernah ada lagi untuk kami. Mereka berperan besar untuk setiap skuad.”

Sudah pasti, dari penuturan Arteta, yang dicari Arsenal dari sosok Fábio Vieira adalah kreativitasnya. Adapun kemampuannya yang serba bisa, ditambah prestasi yang terbilang mentereng, bisa jadi bonus buat Arsenal. Apalagi dengan usia yang masih muda, Vieira adalah masa depan Arsenal.

Melihat seluruh kemampuannya, sudah pasti Arsenal akan sangat gembira dengan kehadiran pemain asal Portugal. Perkembangan Vieira berjalan begitu pesat, dan dengan usia yang masih muda, perkembangan itu bisa menjadi semakin pesat. Bahkan, bisa jadi ia sudah dekat dengan era emasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here