Kemungkinan Degradasi, Leeds United Terancam Kehilangan Tiga Pemain Ini

0
40

Debatbola.com – Leeds United menjalani salah satu musim terburuknya di kancah Liga Inggris. Dua musim sebelumnya mereka berhasil promosi ke kasta teratas setelah mampu menjuarai Liga Championship Inggris lewat koleksi 93 poin. Mereka meninggalkan West Bromwich Albion di peringkat runner up dengan jarak cukup jauh yakni sepuluh poin.

Musim berikutnya, keajaiban terjadi bagi tim yang mempunyai julukan The Whites itu. Leeds United sanggup untuk tetap bertahan di Liga Inggris. Sementara dua tim promosi lainnya yaitu Fulham dan West Bromwich Albion harus turun kasta.

The Whites di bawah asuhan Marcelo Bielsa sejak 2018, pencapaian di musim 2020/2021 tersebut adalah yang terbaik. Mereka berhasil bertahan di Liga Inggris dengan menempati papan tengah tepatnya di peringkat kesembilan.

Namun di musim ini, Leeds United seperti kehabisan bahan bakar. Taktik Marcelo Bielsa seakan tidak lagi mampu menyihir lawan-lawannya hingga sang pelatih harus angkat kaki. Penyebabnya adalah kekalahan yang bertubi-tubi terjadi.

Hingga mereka menduduki peringkat ke-18 alias di puncak zona degradasi. Jesse Marsch, pelatih yang sebelumnya dipecat RB Leipzig ditunjuk menjadi pengganti. Sekarang posisi The Whites tak kunjung aman dengan selisih enam poin di matchday ke-16 dari zona degradasi.

Tiga Pemain Leeds United yang Berpotensi Hengkang

Jika permainan buruk Leeds United terus berlanjut, dipastikan para pemain terbaiknya akan hengkang. Diberitakan telah ada tiga pemain tim yang sudah mulai dilirik oleh beberapa klub Eropa. Siapa saja mereka?

Raphinha

Pemain bernama lengkap Raphael Dias Belloli ini merupakan pemain paling pertama yang diberitakan akan segera meninggalkan Elland Road. Pasalnya winger berkebangsaan Brasil tersebut menjadi rebutan beberapa klub Eropa.

Barcelona menjadi tim terdepan dalam perburuan Raphinha bersanding dengan tim-tim Liga Inggris lainnya seperti Liverpool dan Chelsea. Tim asal Catalan menjadi yang terdekat dengan sang pemain lantaran sang agen, Deco adalah eks pemain Barcelona.

Deco yang berperan sebagai agen dipastikan akan memudahkan komunikasi tim dengan sang pemain. Selain itu sang winger juga tertarik dengan proyek masa depan yang tengah dijalankan oleh kubu El Barca. Dimana Xavi Hernandez menjadi pemimpinnya.

Untuk saat ini klausul rilis sang pemain berada di angka 75 juta Euro. Akan tetapi harga tersebut bisa turun menjadi 25 juta Euro jika Leeds United terdegradasi. Untuk itu Barcelona hingga saat ini belum memulai prosesĀ negosiasi guna menunggu musim berakhir.

Kalvin Phillips

Pemain kedua yang diisukan akan keluar dari Elland Road adalah gelandang timnas Inggris, Kalvin Phillips. Gelandang berusia 26 tahun tersebut diindikasikan mengirimkan sinyal kepindahan setelah diincar dua klub Liga Inggris.

Manchester United menjadi klub yang paling dekat dengan sang pemain. Kemudian di belakangnya masih ada Newcastle United dan Aston Villa. Kubu Setan Merah mengakui mengidamkan agar Kalvin Phillips segera merapat ke Old Trafford di musim depan.

Pasalnya gelandang kelahiran asli kelahiran Kota Leeds tersebut memperlihatkan kestabilan dalam bermain. Bahkan dirinya berhasil masuk dalam rencana pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate yang membawanya ke Euro 2020. Untuk saat ini, Leeds United meminta dana sebesar 60 juta Euro untuk menebusnya.

Illan Meslier

Pemain terakhir yang didesas-desuskan akan hijrah adalah kiper berkebangsaan Prancis, Illan Meslier. Kiper berusia 22 tahun ini masuk dalam radar Barcelona. Dimana klub berjuluk El Barca itu sedang mencari kompetitor bagi Ter Stegen.

Ter Stegen menjadi kiper tak tergantikan sejak tahun 2016 silam. Kini pesaing terberatnya adalah Neto Murara yang juga belum bisa menggesernya. Kompetitor diperlukan agar kiper asal Jerman itu tidak terus berada dalam zona nyaman.

Kini harga jual Illan Meslier mencapai 18 juta Euro dan kemungkinan akan terus meningkat seiring usianya yang baru 22 tahun. Namun di usianya tersebut, dirinya sudah menjadi kiper nomor satu di Leeds United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here