Keluhkan Jadwal Kick Off, Ajakan Boikot Siaran Piala Presiden 2022 Trending Di Media Sosial

0
22

Debatbola.com – Piala Presiden sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu dan hampir mendekati akhir dari fase grup. Selama pertandingan berlangsung, terdapat beberapa kejadian yang menjadi penghias ajang pramusim yang juga disiarkan di stasiun tv itu. Termasuk kejadian baru-baru ini yang terjadi di Stadion GBLA dan menyebabkan korban jiwa.

Belum tuntas kasus yang menewaskan dua suporter Bandung itu, media sosial kembali dihebohkan dengan berita terbaru. Tiba-tiba, ajakan mengenai pemboikotan siaran langsung pertandingan Piala Presiden trending di media sosial. Sontak hal tersebut membuat heboh publik terutama mengenai alasan dari pemboikotan itu.

Trending Di Twitter
Baru-baru ini sepak bola Indonesia kembali trending di media sosial Twitter mengenai Piala Presiden 2022 yang tengah berlangsung. Bukan membahas tentang hasil pertandingan, akan tetapi berupa ajakan boikot stasiun tv yang menayangkan turnamen tersebut. Bahkan ajakan pemboikotan tersebut sudah mulai ramai sejak kemarin.

Awalnya, ajakan pemboikotan tersebut bermula dari cuitan sebuah akun yang bernama @rizkyyyfaisal yang mengeluhkan kick off terlalu malam. Dalam cuitannya itu, akun tersebut juga menyertakan alasan pemboikotan tersebut. Hanya dalam kurun waktu 10 jam sama, cuitan tersebut langsung disukai sebanyak 9.800 kali dan di retweet 4.000 kali.

Seperti yang diketahui, panpel Piala Presiden 2022 menetapkan dua waktu kick off setiap harinya. Untuk pertandingan pertama dimulai di jam 16.00 WIB sedangkan laga kedua pada 20.30 WIB. Waktu kick off kedua inilah yang dipermasalahkan karena dianggap terlalu malam.

Menurut akun @rizkyyyfaisal, kick off yang terlalu malam akan membawa efek domino untuk para pemain yang bertanding. Jadwal yang terlalu malam akan mengganggu jam biologis pemain terutama berkurangnya waktu istirahat akibat laga selesai hampir tengah malam. Terganggunya jam biologis akan menyebabkan performa pemain akan mengalami penurunan.

Kick off yang terlalu malam juga akan menyebabkan panpel dan aparat kesulitan melakukan pengawasan terutama jika terjadi chaos dan gesekan. Belum lagi penonton pulang terlalu larut dari stadion juga akan rawan terkena tindak kejahatan. Jadwal yang terlalu malam juga tidak bagus untuk anak-anak yang juga ingin menonton pertandingan tersebut.

Karena hal itulah akun @rizkyyyfaisal mengajak para pecinta sepak bola untuk memboikot stasiun tv yang menayangkan pertandingan Piala Presiden. Akun tersebut juga menuliskan pesan agar stasiun tv tidak hanya mementingkan rating semata dan mengorbankan keselamatan. Hingga kini tagar pemboikotan Stasiun tv tersebut terus bertambah.

Juga Trending Di Instagram
Bukan hanya di Twitter saja, tagar serupa juga trending di media sosial lain tepatnya di Instagram. Salah satu akun yang mengajak mengenai pemboikotan tersebut yaitu @bri.ligasatu yang sudah memiliki banyak pengikut. Dalam postingannya, akun tersebut juga mencantumkan nama PSSI, Piala Presiden 2022 serta stasiun tv yang menyiarkan.

Alasan yang dicantumkan juga kurang lebih sama dengan alasan yang trending di twitter. Akun tersebut juga menyematkan caption yang bertuliskan keamanan dan keselamatan lebih berharga dibandingkan apapun termasuk sepak bola. Bahkan akun tersebut juga mengaitkan tragedi yang terjadi di Stadion GBLA dengan kick off yang terlalu malam.

Akun tersebut mengajak pemboikotan penyiaran pertandingan Piala Presiden sejak hari Minggu kemarin. Selain itu, juga ada tuntutan yang meminta untuk jadwal kick off dikembalikan ke jam semula yaitu pukul 15.30 dan 18.30 WIB. Tak lupa akun tersebut menuliskan kata-kata yang berisi jangan gadaikan keselamatan hanya demi rating semata.

Pernah Dikeluhkan Sebelumnya
Sebenarnya, keluhan akan jadwal kick off yang terlalu malam sudah dikeluhkan sebelum Piala Presiden 2022 dimulai. Beberapa klub mengeluhkan jadwal kick off karena akan berimbas pada performa pemainnya. Bahkan, Shin Tae-Yong juga pernah melayangkan protes ke PSSI saat Indonesia bertanding melawan Bangladesh beberapa waktu lalu.

Kini permasalahan kick off yang terlalu malam kembali trending di media sosial dan sudah mencapai ribuan like dan retweet. Akhirnya, Akhmad Hadian Lukita selaku Dirut PT. LIB angkat bicara. Menurutnya, kick off dijadwal tersebut masih wajar karena di luar negeri bahkan lebih malam lagi.

Lukita juga mengatakan jika penetapan jadwal kick off tersebut sudah berdasarkan kesepakatan dengan pihak broadcaster. Tentu saja alasan utama dari pemilihan jam tayang yaitu perkara komersial. Sementara itu, hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak broadcaster mengenai jam tayang yang terlalu malam itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here