Kelainan Jantung Agüero Disebabkan Covid-19? Begini Jawaban Sang Kardiolog

0
52

Debatbola.com – Dunia sepakbola baru-baru ini geger akibat kabar pensiunnya Sergio Agüero dari dunia olah bola profesional akibat permasalahan pada jantungnya. Beberapa orang pun berteori bahwa masalah jantung ini disebabkan oleh Covid-19 dan vaksin Covid-19. Lalu, bagaimana jawaban kardiolog Agüero menanggapi teori ini?

Aritmia Jantung yang Buat Agüero Pensiun

Penyerang Barcelona, Sergio Agüero baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan terkait karirnya sebagai pesepakbola profesional. Tepatnya pada Rabu (15/12), eks penyerang Manchester City itu resmi menyatakan pensiun dari dunia sepakbola. Agüero mengambil langkah ini akibat adanya kelainan jantung yang ia alami.

Sebelumnya, pada 31 Oktober kemarin, Agüero masih sempat memainkan pertandingan terakhirnya bersama Barcelona dalam lanjutan jornada ke-12 Liga Spanyol. Namun, di tengah laga, penyerang Argentina itu jatuh dan merasakan sakit di bagian dadanya. Melalui pemeriksaan, diketahui Agüero menderita aritmia jantung.

Covid dan Vaksin Bukan Penyebab Masalah

Sebelum resmi menyatakan pensiun, Sergio Agüero diketahui pernah terpapar virus Covid-19, dan sang striker terpapar bahkan jauh sebelum ia gabung Barcelona. Tepatnya pada awal tahun 2021, Agüero menyatakan dirinya terpapar Covid-19. Hal ini rupanya memunculkan spekulasi bahwa masalah jantung Agüero disebabkan oleh Covid-19.

Bukan cuma pernah terpapar virus Covid-19, Agüero juga pastinya sudah pernah mendapat vaksinasi Covid-19. Beberapa orang pun berteori bahwa mungkin, masalah jantung Agüero ini juga disebabkan oleh vaksin Covid-19. Namun, sejumlah teori itu baru-baru ini dibantah oleh Roberto Peidro, seorang kardiolog yang selama ini menangani masalah jantung Agüero.

Peidro adalah orang yang sudah cukup lama bekerja dengan Agüero, yakni mulai tahun 2004, di mana saat itu, Agüero pertama kali merasakan gejala palpitasi jantung. Sebagai orang yang sudah lama bekerja dengan Agüero, Peidro paham betul atas apa yang dialami pasiennya. Ia pun membantah teori bahwa masalah jantung Agüero disebabkan oleh Covid-19 atau vaksin.

“Dia (Agüero) punya luka yang sangat kecil di area jantungnya, dan lukanya itu berukuran kurang dari satu milimeter.” Ungkap Peidro dalam sebuah wawancara di Argentina, seperti dikutip via Manchester Evening News. “Itulah yang menyebabkan adanya korsleting sehingga terjadi aritmia pada jantungnya.”

“Kami menggunakan kateter untuk membakar area di mana aritmia itu muncul, dan kami pikir, rencana kami itu akan berjalan sangat baik dan bisa mengatasi masalahnya. Tapi, kami tetap menyarankan dia tidak lagi melakukan olahraga dengan performa tinggi. Apalagi yang melibatkan kekuatan mental dan fisik yang tinggi selama berjam-jam dalam sehari.”

“Tentunya, dia masih bisa berolahraga dan dia akan menjalani hidup seperti orang-orang normal lain, tetapi, kehidupan seorang pesepakbola adalah kehidupan yang berbeda. Skenario paling mungkinnya adalah luka itu disebabkan virus yang tidak terdeteksi. Tapi itu semua tidak disebabkan oleh Covid-19 ataupun vaksin Covid-19.”

Keputusan Paling Sulit dalam Hidup Agüero

Saat mengumumkan bahwa dirinya bakal pensiun, Agüero tak bisa membendung kesedihannya. Agüero mengaku bahwa dirinya sulit meninggalkan dunia sepakbola karena sepakbola adalah dunia impiannya sejak kecil. Namun, ia tak punya pilihan selain meninggalkan dunia yang telah membesarkan namanya itu demi kesehatannya sendiri.

“Ini adalah saat yang sangat sulit.” Ucap Agüero yang berbicara dalam konferensi pers, mengumumkan dirinya pensiun. “Keputusan ini saya ambil demi kesehatan saya, masalah kesehatan yang saya derita sekitar satu setengah bulan lalu. Saya sudah ditangani dengan tepat oleh para staf medis.”

“Sepuluh hari yang lalu, saya membuat keputusan ini (pensiun) setelah melakukan apapun yang mungkin dilakukan demi tetap bisa bermain. Saya selalu bangga atas seluruh karir saya. Semua karir profesional yang sudah saya lalui adalah sesuatu yang selalu saya impikan sejak pertama kali menyentuh bola di usia lima tahun.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here