Kata Luis Enrique Soal Kembali ke Barcelona dan Timnas Spanyol

Debatbola.com – Luis Enrique pernah menukangi Barcelona selama tiga musim. Total sembilan piala berhasil dipersembahkan untuk Blaugrana, sebelum akhirnya ia memutuskan untuk tidak memerpanjang kontrak dengan Barcelona pada 2017.

Setelah dari Barcelona, pelatih berusia 49 tahun ini pun memutuskan untuk rehat selama satu tahun. Lantas pada Juli 2018, ia kembali melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Kali ini, sampai dengan sekarang, Enrique merupakan pelatih Tim Nasional Spanyol.

Tapi meski sudah lama meninggalkan Barcelona, Enrique mengakui bahwa tak menutup kemungkinan suatu saat nanti ia akan kembali melatih Barcelona. Selama di Barcelona, ia sendiri merasa hanya memiliki ingatan bagus sehingga akan selalu bersedia jika Barcelona ingin kembali mempekerjakannya.

“Aku rasa aku bisa melatih di tim manapun yang pernah aku latih [termasuk Barcelona]. Aku selalu membuka pintu untuk semuanya. Waktuku di Barcelona pun luar biasa dan aku akan selalu merasa bersyukur. Aku sangat beruntung pernah ada di klub yang dalam beberapa tahun telah memberiku segalanya,” tutur Enrique pada seorang fans pada sebuah acara Q & A.

Tapi sebesar apapun keinginan Enrique untuk kembali menangani sebuah klub, eks pelatih AS Roma dan Celta Vigo ini tetap memprioritaskan persiapan Timnas Spanyol jelang menghadapi Piala Eropa. Apalagi sekarang rencananya buyar setelah Piala Eropa 2020 ditunda pelaksanaannya hingga 2021 mendatang.

“Kami harus menyiapkan diri untuk Euro dengan cara terbaik dan kembali mengatur agenda yang tepat, sebagai bagian dari mengejar trofi. Aku lihat tim nasional ini punya kemampuan untuk menjuarai sesuatu, di mana itulah tantangan buatku sebagai pelatih kepala pelatih.”

“Aku tak pernah menyembunyikan bahwa aku merasa punya tekanan besar, tapi aku yakin bahwa kami sedang dalam proses. Ada banyak pemain di timnas yang punya potensi besar. Kami ada di antara enam atau tujuh tim yang bisa mencetak banyak gol, penampilan kami lah yang akan menentukan apakah kami bisa mewujudkannya atau tidak.” 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here