Kapan Messi Pensiun? Ini Kata Xavi

Debatbola.com – Lionel Messi sudah tidak muda lagi. Sekarang ia sudah berusia 32 tahun. Kariernya di sepakbola mungkin tak akan lama lagi karena tak sedikit pemain yang memutuskan gantung sepati pada usia 34 atau 35 tahun.

Tapi mantan rekan setim Messi sekaligus legenda Barcelona, Xavi Hernandez, punya pandangan berbeda. Menurut eks gelandang Tim Nasional Spanyol tersebut, Messi baru akan pensiun menjelang usia 40 tahun.

“Dia masih punya lima sampai tujuh tahun lagi di sepakbola,” tutur Xavi pada Instagram Chat bersama Samuel Eto’o. “Dia menjaga tubuhnya dengan sangat baik jadi mungkin dia bisa bermain sampai usia 37 tahun, 38 tahun, atau 39 tahun. Dia pasti akan bermain di Piala Dunia Qatar (2022), aku yakin itu.”

Jika Messi masih bermain hingga beberapa tahun ke depan, bukan tak mungkin dirinya akan dilatih oleh Xavi. Pasalnya, Xavi yang kini melatih klub asal Qatar, Al-Sadd, sempat disebut-sebut akan menjadi pelatih Barcelona berikutnya setelah Ernesto Valverde didepak.

Xavi sendiri mengaku sudah didekati Barcelona pada awal tahun ini. Namun ia merasa saat itu bukan waktu yang tepat untuk kembali ke Barcelona. Akhirnya Barca memilih Quique Setien sebagai pelatih baru pengganti Valverde.

“Pada Januari, aku rasa itu bukan momen yang tepat. Aku sudah berbincang dengan Eric Abidal [Direktur Olahraga] dan Oscar Grau [CEO Barca] dengan tawaran yang besar, tapi itu bukan waktu yang tepat untuk kembali.”

“Aku masih butuh lebih banyak pengalaman. Melatih Barcelona adalah mimpiku. Aku akan melakukannya suatu hari. Aku sudah sering mengatakan hal itu.”

Jika kembali ke Barca, Xavi pun ingin Neymar kembali memperkuat Barcelona. Menurutnya Neymar bisa memberikan perbedaan buat tim. 

“Dari aspek sepakbola, Neymar adalah tiga atau lima teratas pemain terhebat dunia, tanpa diragukan lagi. Dia bisa memberikan perubahan. Mari kita berharap dia akan kembali Barcelona. Aku pendukung Barcelona dan aku ingin para pemain terbaik ada di sana.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here