Cristiano Ronaldo

Debatbola.comCristiano Ronaldo kini sudah berusia 34 tahun. Hampir semua gelar sudah diraihnya. Tinggal Trofi Piala Dunia yang kurang melengkapi pencapaian gemilang kariernya. Di level klub dan Tim Nasional, Ronaldo memang bergelimang prestasi.

Saat ini Ronaldo membela Juventus. Ia meneken kontrak hingga empat tahun ke depan sejak 2018. Belum ada tanda-tanda dari eks pemain Real Madrid dan Manchester United ini untuk pensiun.

Ronaldo sendiri membeberkan bahwa dirinya memang belum punya rencana untuk gantung sepatu. Ia merasa masih bisa menikmati permainannya meski usianya terbilang uzur untuk seorang pesepakbola.

“Aku belum memikirkan tentang itu [pensiun],” kata Ronaldo pada TVI. “Mungkin aku akan pensiun tahun depan… tapi aku juga masih bisa bermain sampai usia 40 atau 41 tahun. Aku belum tahu. Aku selalu akan bilang bahwa aku masih menikmati momen saat ini. Anugerah yang aku dapatkan sangat luar biasa dan aku ingin terus menikmatinya.”

Ronaldo direkrut Juventus agar Si Nyonya Tua bisa segera mengakhiri puasa gelar juara Liga Champions UEFA. Setelah 1996, Juve memang selalu kesulitan meraih gelar Liga Champions. Sebaliknya, Ronaldo sudah lima kali meraih trofi Si Kuping Besar.

Hal itu tampaknya akan menjadi tantangan tersendiri bagi Ronaldo sebelum memutuskan pensiun. Apalagi produk akademi Sporting Lisbon ini mengatakan bahwa ia ingin selalu menjadi yang terbaik.

“Apakah ada pesepakbola yang punya lebih banyak rekor dibanding milikku? Aku rasa tidak ada.”

Selama berkarier, Ronaldo kerap dibandingkan dengan Lionel Messi. Keduanya sama-sama lima kali meraih gelar Ballon d’Or. Tapi Ronaldo unggul jumlah runner-up Ballon d’Or, enam banding lima. Selain itu Messi belum pernah membawa Tim Nasional senior Argentina juara, sementara Ronaldo berhasil mengantarkan Portugal juara Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2018/19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here