Kalvin Phillips dan Perjalanan Baru di Newcastle

0
40

Debatbola.com – Bulan Januari mungkin menjadi babak baru bagi Kalvin Phillips. Gelandang yang belum menemui keberuntungan di Manchester City ini menghadapi prospek berpindah ke klub baru, dan Newcastle nampaknya menjadi destinasi yang menarik.

Dalam menjelang Kejuaraan Eropa musim panas ini, Phillips mendambakan waktu bermain reguler, yang sulit ditemukan di Etihad Stadium. Prestasi gemilangnya bersama Leeds seolah terlupakan setelah kepindahannya ke City pada Juli 2022.

Banyak yang berharap melihat bagaimana Phillips berkembang di bawah arahan Pep Guardiola, namun kenyataannya tidak seiring. Dengan hanya empat penampilan sebagai pengganti dalam total 89 menit di Liga Premier musim ini, masa depan Phillips di City semakin redup.

Guardiola sendiri mengakui perbedaan gaya permainan di Manchester City dengan apa yang dialami Phillips di Leeds di bawah Marcelo Bielsa. Meski kualitasnya diakui, kesulitan untuk menemukan tempatnya di starting XI City membuat Phillips harus mencari peluang baru. Newcastle, yang tengah membutuhkan tambahan kekuatan setelah setengah musim yang sulit, tampaknya menjadi pelabuhan aman bagi gelandang yang penuh semangat ini.

Pertandingan derbi Piala FA melawan Sunderland menjadi latar belakang menarik untuk memahami potensi kontribusi Phillips di St James’ Park. Sebagai pemain internasional Inggris, Phillips memiliki pengalaman dan kualitas yang dapat membawa angin segar bagi The Magpies.

Pada musim ini, Phillips hanya menyumbangkan empat penampilan sebagai pengganti di City, dan kondisi ini semakin mengonfirmasi bahwa masa depannya tidak lagi bersinar di Etihad. Pep Guardiola, pada bulan September lalu, memberikan penghormatan kepada Bielsa yang telah membentuk Phillips dengan baik. Meskipun Phillips membawa kualitas yang diinginkan City, adaptasinya terhadap gaya permainan yang lebih terukur menjadi tantangan.

Kini, spekulasi mengenai kepindahan Phillips semakin intens, dengan Newcastle menjadi pelaku yang muncul dalam sorotan. Eddie Howe, manajer baru Newcastle, diyakini dapat memberikan platform yang sesuai bagi Phillips untuk bersinar. Sebagai mantan pemain kunci di tim Bielsa yang agresif dan dinamis di Leeds, Phillips dapat menemukan kembali kegemilangan dalam sistem permainan yang mirip di Newcastle.

Kendati demikian, tantangan yang dihadapi Phillips di City tidak menghentikan langkahnya untuk terus berkembang. Di musim lalu, Phillips, meski hanya tampil dalam 12 pertandingan, menunjukkan keunggulan dalam merebut bola di tengah lapangan. Statistik menempatkannya sebagai pemain ketujuh terbaik di Liga Premier untuk penguasaan bola di tengah lapangan per 90 menit (4,64).

Hal ini menunjukkan bahwa Phillips masih memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif di tengah lapangan. Ketidakpastian mengenai masa depan Phillips di City membuatnya semakin dicari oleh klub-klub lain, dan Newcastle nampaknya memenuhi syarat sebagai destinasi yang potensial. Dengan Sandro Tonali dihukum dan cedera pemain kunci seperti Joe Willock, Phillips bisa menjadi tambahan yang sangat dibutuhkan di lini tengah Newcastle.

Selain memberikan keuntungan bagi Phillips secara individu, kepindahannya ke Newcastle juga dapat memberikan kontribusi positif pada karir internasionalnya bersama Inggris. Terus tampil secara konsisten di bawah arahan Gareth Southgate, Phillips dianggap sebagai pemain penting yang memiliki keunikan dalam cara bermainnya. Southgate menekankan pentingnya Phillips untuk timnya, dan kepindahannya ke Newcastle dapat memberikan solusi ideal dengan menjamin waktu bermain yang lebih banyak.

Seandainya Phillips dapat menjadi pemain kunci di Newcastle, ini bukan hanya akan menguntungkan dirinya sendiri, tetapi juga akan menjadi dorongan positif untuk ambisi Inggris di tingkat internasional. Dalam menghadapi rivalitas sengit dengan Sunderland di Piala FA, kepindahan Phillips ke Newcastle menjadi cerita menarik yang penuh potensi untuk merubah arah karirnya dan memberikan kontribusi berharga bagi klub baru dan negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here