Kalahkan Elang Jawa, Persipura Jaga Asa Bertahan di Liga 1

0
53

Debatbola.com – Usai Persiraja dan Persela Lamongan dipastikan terdegradasi musim depan, konstelasi di zona degradasi semakin panas. Beberapa tim berlomba untuk terhindar satu slot tersisa dan turun kasta pada musim depan. Salah satu pertandingan menghadirkan pertarungan antara Persipura melawan PSS Sleman. Kedua tim berusaha keras agar tidak mengisi satu slot degradasi.

Pertandingan yang digelar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar ini berlangsung sengit. Tercatat enam gol tercipta pada pertandingan ini. Tim Mutiara Hitam sebagai pemenang dengan skor akhir 4-2. Selama pertandingan berlangsung, kedua tim memainkan permainan terbuka dan saling menyerang serta berambisi untuk memenangkan pertandingan.

Pertandingan Dramatis

Usai menang atas PSS Sleman, Persipura berhasil menjaga asa untuk tetap eksis berlaga di Liga 1 musim depan. Pertandingan antara Mutiara Hitam melawan tim Super Elja layaknya pertarungan hidup mati bagi keduanya. Pasalnya kedua tim masih berpeluang mengisi slot degradasi yang masih ada.

Alhasil keduanya bermain menyerang dan menekan. Jual beli serangan terjadi selama laga berlangsung. Bahkan PSS Sleman sempat unggul terlebih dahulu sebelum akhirnya Persipura menyamakan skor dan membalikkan kedudukan. Laga panas keduanya sudah terjadi sejak peluit mulai pertandingan dibunyikan.

PSS Sleman tampil lebih menyerang pada awal-awal laga. Alhasil mereka mampu mencetak gol yang dicetak oleh Wander Luiz pada menit ke 6’. Tidak ingin kalah dari tim lawan, Persipura beberapa kali melakukan serangan balasan hingga pada akhirnya mampu menyamakan skor melalui Elisa Basna pada menit 21’.

Aksi memberikan tekanan terus berlanjut pada babak kedua. Tim Elang Jawa kembali unggul pada menit 53’ melalui gol yang diciptakan Irkham Zahrul Milla. Kedua kalinya Persipura mampu menyamakan kedudukan melalui Yevhen Bokhasvili melalui titik putih pada menit 68’.

PSS Sleman sebenarnya bisa kembali unggul apabila tendangan pinalti yang dieksekusi oleh Wander Luiz tidak mengenai mistar gawang. Kegagalan pemain PSS dalam melakukan tendangan pinalti mampu memotivasi tim asuhan Angel Alfredo Vera untuk melakukan inisiasi serangan. Alhasil mereka mampu memborong dua gol tambahan melalui Yohanes Pahabol dan Fridolin Kristof Yoku.

Persipura Menjaga Peluang Bertahan Musim Depan

Kemenangan ini sangat berarti bagi Persipura, pasalnya peluang mereka untuk lolos dari degradasi musim ini masih terbuka lebar. Meskipun masih berada di zona merah yaitu posisi 16, namun mereka mampu memangkas poin dengan Barito Putera yang berada satu tingkat diatasnya menjadi 2 poin saja.

Disisi lain, akibat kekalahan yang dialami PSS Sleman oleh Persipura, posisi tim Elang Jawa yang berada di posisi 14 belum sepenuhnya aman. Pasalnya mereka masih berpeluang untuk terdegradasi apabila tidak mampu memaksimalkan hasil pada dua laga tersisa.

Persipura Dapat Pengurangan Sanksi

Manajemen dan Suporter Persipura bisa sedikit lega karena banding yang dilakukannya dengan Komisi disiplin PSSI mendapatkan hasil positif. Melalui ketua umumnya, Benhur Tomi Mano, PSSI mengabulkan banding yang dilakukan dengan menganulir hukuman terhadap Arvydas Ridwan Madubun selaku Manajer tim terkait tindakan Walk out tim Mutiara Hitam yang dilakukan beberapa waktu silam.

Empat Tim Dihantui Degradasi

Setelah Persiraja dan Persela dipastikan terdegradasi, empat tim lain masih rawan terdegradasi musim depan. Tim-tim tersebut yaitu PSM Makassar, PSS Sleman, Barito Putera, dan Persipura. Tim-tim tersebut bersaing agar dapat terhindar dari zona degradasi pada akhir musim.

PSM Makassar hanya membutuhkan satu poin saja agar dapat dipastikan bertahan musim depan. Sedangkan Barito Putera, setidaknya mampu mengoleksi 36 poin pada akhir kompetisi. PSS Sleman sebenarnya memiliki peluang yang besar untuk bertahan di Liga 1 musim ini andai pada pertandingan ini mereka mampu menjungkalkan Persipura. Apabila mereka menang, maka PSS akan unggul secara head-to-head atas Persipura. Namun dengan kekalahan mereka sangat membutuhkan poin tambahan pada sisa pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here