Kalah Lawan Burnley, Tottenham Hotspur Sedang Tidak Baik-Baik Saja

0
74

Debatbola.com – Hanya berselang sekitar empat hari pasca kemenangan melawan Manchester City, Tottenham Hotspur tumbang di tangan Burnley. Kekalahan inipun membuat Antonio Conte merasa gagal melatih tim asal London Utara tersebut. Mantan pemain The Lilywhites Tim Sherwood pun menilai ini merupakan pertanda tidak bagus buat mantan timnya.

Kekalahan Menyakitkan Usai Menang Hebat

Hari Minggu (20/2) barangkali menjadi hari yang bersejarah buat Tottenham Hotspur. Pasalnya, di hari itu, The Lilywhites yang bisa dibilang masih terseok-seok berhasil menaklukkan Manchester City. The Citizen boleh jadi mendominasi laga, tetapi Tottenham Hotspur lah yang tersenyum di akhir laga lewat kemenangan bermargin tipis, 2-3.

Tapi, bola selalu berbentuk bundar. Pasca kemenangan melawan pimpinan klasemen sementara, nasib Tottenham Hotspur berputar. Dari yang semula berada di atas, kini merosot langsung ke bawah. Tepat setelah kemenangan atas Manchester City, klub besutan Antonio Conte itu dipermalukan Burnley yang notabene merupakan penghuni zona degradasi.

Tottenham Hotspur bertamu ke Turf Moor Kamis (24/2) dinihari dan berharap bisa memetik poin sempurna di markas tim papan bawah tersebut. Sayang, nasib berkata lain. Tottenham Hotspur justru harus pulang dengan tangan hampa. Gol tunggal Burnley yang dicetak Ben Mee pada menit ke-71 sudah cukup membuat The Clarets amankan poin sempurna.

Kecewanya Conte

Pasca laga, Antonio Conte mengungkapkan kekecewaannya. Terhitung, kekalahan ini sudah menjadi yang ke-4 buat pasukannya dalam lima laga Liga Inggris terakhir. Conte pun merasa bahwa hasil minor ini adalah salahnya. Ia meminta klub mengevaluasi dirinya karena menurut Conte, ia sudah gagal menunaikan tugasnya di Tottenham Hotspur.

“Saya datang supaya situasi di Tottenham bisa membaik, tapi saat ini, saya tidak tahu, saya tidak begitu bagus dalam hal memperbaiki situasi.” Tutur Conte dalam sesi jumpa pers selepas laga. “Bagi saya, ini membuat kami sangat frustasi, karena kami tahu kami bekerja keras untuk mendapat hasil terbaik, tapi kenyataannya adalah seperti ini.”

“Yah, beginilah kenyataannya, dan jika situasi seperti ini terjadi, mungkin ada sesuatu yang salah. Saya tak mau menutup mata, saya ingin saya bertanggung jawab jika memang tanggung jawab itu berada di tangan saya. Tentu, saya terbuka, sangat terbuka untuk keputusan apapun, karena saya disini ingin membantu Tottenham.”

Pertanda Buruk

Banyak yang menilai komentar Conte ini mengindikasikan bahwa sang juru taktik sudah lelah dan menyerah melatih Tottenham Hotspur. Mantan punggawa The Lilywhites, Tim Sherwood juga ternyata berpikiran demikian. Menurutnya, pernyataan Conte tadi bisa jadi pertanda buruk, atau bahkan sinyal bahwa Conte ingin segera angkat kaki.

“Itu tidak terdengar bagus.” Kata Sherwood kepada laman web resmi Liga Inggris. “Kelihatannya hampir seperti dia sudah menyerah, yah kedengaran seperti itu. Dia ingin berdiskusi lebih lanjut dengan Daniel Levy dan para dewan. Menelan empat kekalahan dari lima laga yang dimainkan jelas bukan sesuatu yang bagus.”

“Memang, pertandingan yang mereka menangkan adalah pertandingan melawan tim yang tak bisa dikalahkan oleh siapapun (Manchester City). Tapi kita bicara soal konsistensi. Dapatkan level permainanmu dan tingkatkan. Wawancara itu, bagi saya adalah alarm. Kita tahu bahwa dia (Conte) sangat emosional, dia sangat optimis saat menang, dan sangat kecewa saat kalah.”

Perjuangan Tottenham Hotspur sendiri saat ini kian berat, di mana The Lilywhites terhempas menuju peringkat ke-8 klasemen dengan koleksi 39 angka. Mereka pun kini berjarak tiga angka dari West Ham yang ada di zona Liga Eropa. Adapun dengan zona Liga Champions, Tottenham Hotspur kini berjarak tujuh angka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here