Kalah di El Clásico, Xavi Barcelona Sudah Berada di Jalur yang Benar

0

Debatbola.com – Barcelona baru saja menelan kekalahan dalam partai bertajuk El Clásico yang merupakan lanjutan semifinal Piala Super Spanyol. Pada pertandingan tersebut, Azulgrana menelan kekalahan dengan margin tipis, 2-3. Kendati anak asuhnya kandas, pelatih Barcelona, Xavi merasa senang karena menurutnya, permainan Barcelona sudah berada di jalur yang benar.

Satu Kursi di Final Milik Real Madrid

Babak semifinal Piala Super Spanyol baru saja usai, dan pertandingan pertama ajang ini merupakan laga yang dinanti banyak pihak, El Clásico. Barcelona, secara keseluruhan mendominasi laga, baik dalam hal penguasaan bola, ataupun total tembakan ke gawang. Tapi sayang, klub asal Catalan itu justru tumbang dengan skor tipis, 2-3.

Real Madrid memimpin lebih dahulu melalui Vinícius Júnior pada menit ke-25. Tetapi Barcelona kemudian menyamakan skor via Frenkie de Jong, beberapa menit jelang berakhirnya paruh pertama. Karim Benzema sempat buat Real Madrid memimpin, sebelum Ansu Fati menyamakan skor.

Pada akhirnya, Los Blancos berhasil mengunci kemenangan melalui gol yang dicetak oleh Federico Valverde. Berkat kemenangan ini, Real Madrid berhasil mengunci satu tempat di babak final yang akan diselenggarakan pada 16 Januari 2022 mendatang. Los Blancos kini harus menanti pemenang duel antara Atlético Madrid dan Athletic Bilbao.

Permainan Barcelona Sudah Berkembang

Memang, Barcelona-nya Xavi gagal menaklukkan Real Madrid. Tetapi pelatih mereka, Xavi mengaku puas dengan apa yang telah diperlihatkan anak-anak asuhnya. Kecewa jelas dirasakan Xavi karena ia harus kalah di laga besar. Tetapi melihat statistik di mana Barcelona menguasai laga, Xavi merasa senang karena timnya dirasa sudah bermain dengan benar.

“Kami boleh merasa bangga atas permainan yang sudah kami pertunjukkan.” Tutur sang juru taktik dalam sebuah wawancara bersama Marca. “Kami menguasai seluruh fase permainan. Mereka memanfaatkan kesalahan-kesalahan kami, dimana kami tidak menghentikan serangan balik mereka, seperti yang sudah saya bicarakan.”

“Akan tetapi, kami meninggalkan pertandingan dengan bangga meski kami harus merasa sedih melihat hasilnya. Kekalahan ini sungguh terasa menyedihkan, tapi secara keseluruhan, kami bangga dengan permainan dan dominasi kami terhadap lawan. Kami kurang sabar dan kurang tanggung jawab, tapi kami telah ada di jalur yang tepat dan cuma butuh titik balik.”

Bukan cuma soal permainan, Xavi juga melihat bahwa persaingan antar pemain dalam skuadnya terlihat kian membaik. Mulai sembuhnya beberapa pemain membuat persaingan antar pemain berebut tim utama kian ketat. Tapi Xavi justru merasa senang atas hal ini karena ia bisa lebih jelas melihat komitmen semua pemainnya.

“Saya tak punya masalah dengan para pemain karena mereka semua punya komitmen.” Kata Xavi. “Mereka semua ingin bermain, dan beberapa dari mereka masih sangat muda. Cuma masalah waktu kami akan mendapat hasil bagus. Kami dipenuhi oleh pemain bagus, dan sekarang, keputusan memilih line up menjadi keputusan yang lebih sulit.”

Pujian dari Carlo Ancelotti

Perkembangan permainan Barcelona juga nampaknya dirasakan Ancelotti yang baru saja membawa Real Madrid meraih kemenangan ke-100 mereka di partai El Clásico. Ancelotti menilai Xavi telah membuat Barcelona menjadi lebih baik. Kendati demikian, ia tidak setuju dengan pernyataan Xavi yang menyebut Barcelona mendominasi permainan.

“Mereka bermain baik, dan mereka telah berkembang sebagai tim.” Tutur Ancelotti menilai permainan Barcelona, mengutip laman web resmi Real Madrid. “Hari ini, mereka memakai para pemain yang baru sembuh dari cedera, Pedri, Ferran Torres dan Ansu Fati. Xavi melakukan tugasnya dengan baik, dan Barcelona akan menjadi lebih baik.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version