Kalah Atas Brasil, Langkah Arab Saudi Terhenti

0
130

Debatbola.com – Brasil telah menyelesaikan segala rentetan pertandingan fase grup Olimpiade Tokyo. Selecao bertemu wakil Asia Barat, Arab Saudi dalam laga terakhir di fase grup D. Partai tersebut sukses dimenangkan oleh Brasil dengan kemenangan meyakinkan 3-1.

Babak Pertama Kedua Tim Saling Mengimbangi

Bertemu dengan lawan kuat Brasil, Arab Saudi tidak bisa berharap banyak. Apalagi mereka sebelumnya terperosok di posisi juru kunci karena belum meraih satupun poin. Sementara Selecao datang dengan kepercayaan diri tinggi untuk bisa merebut poin penuh.

Terbukti perwakilan Amerika Selatan langsung memimpin di menit ke-14 lewat gol dari penyerang Hertha Berlin, Matheus Cunha. Striker berusia 22 tahun itu memanfaatkan situasi bola mati dari tendangan sepak pojok.

Claudinho, gelandang serang Red Bull Bragantino yang mengeksekusi sepakan pojok sangat jeli melihat posisi dari Matheus Cunha. Beruntung penyerang yang ditujunya itu juga berhasil mengonversi peluang dengan sempurna. Kedudukan menjadi 1-0 untuk skuat asuhan Andre Jardine.

Lima menit berselang peluang emas datang untuk Selecao, dimulai dari pergerakan dari sisi kiri oleh bek sayap kiri, Guilherme Arana. Bek Atletico Mineiro itu berhasil membawa bola hingga masuk ke pertahanan Arab Saudi.

Kemudian dirinya mengirimkan umpan silang yang diarahkan langsung ke mulut gawang yang dijaga Amin Bukhari. Sayang Antony yang mendapatkan umpan silang tersebut, sundulannya masih terkena mistar gawang.

Menit ke-26, giliran Arab Saudi yang menyeimbangkan kedudukan berkat gol dari sundulan bek tengah, Abdulelah Al-Amri. Sebelumnya dirinya mendapatkan umpan hasil sepakan bola mati dari skema tendangan bebas. Berkat gol tersebut, tim yang berjuluk Green Falcons ini sanggup menyeimbangkan skor menjadi 1-1 hingga babak pertama usai.

Tambahan Dua Gol Memaksa Arab Saudi Pulang Lebih Cepat

Brasil yang butuh kemenangan untuk memastikan langkah mereka ke babak perempat final ngotot tampil menyerang di babak kedua. Peluang demi peluang pun dihadirkan lewat penyerangan yang dipimpin oleh Matheus Cunha.

Gol kedua pun hadir tepat pada menit ke-76, kali ini gol kembali hadir lewat sundulan pemain. Setelah dua gol sebelumnya juga berasal dari pergerakan yang sama. Richarlison adalah pemain yang mampu membuat timnya kembali unggul menjadi 2-1.

Penyerang yang ditempatkan di posisi gelandang serang itu sukses mengonversi umpan sundul dari rekannya, Bruno Guimaraes. Gelandang Olympique Lyon itu melakukan umpan dari dalam kotak penalti Arab Saudi.

Menjelang menit-menit terakhir babak kedua, penyerang Everton tersebut kembali mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan pergerakan dari gelandang serang Borussia Dortmund, Richarlison dengan santai tinggal menjorokkan bola ke gawang lawannya.

Kedudukan pun berubah menjadi 3-1 untuk kemenangan Selecao dan bertahan hingga sang pengadil lapangan meniupkan peluit panjang. Dengan hasil itu Arab Saudi pun dinyatakan gugur dari kompetisi ini setelah hanya menghuni dasar klasemen dengan nihil poin.

Brasil Lolos Ke Babak Selanjutnya

Kerja keras para pemain dan pelatih terbayar sudah setelah Brasil dipastikan lolos ke fase perempat final Olimpiade Tokyo. Padahal sebelumnya Selecao mengalami keputusasaan saat hanya menahan imbang tim asal Afrika, Pantai Gading.

Namun keberuntungan masih berada di pihak Brasil setelah pada pertandingan terakhirnya Pantai Gading hanya mendapatkan 1 poin saja. Sebab tim tersebut hanya bermain imbang melawan timnas U23 Jerman.

Berkat hasil itu juga anak asuh Andre Jardine sukses bercokol dan menjadi juara grup D klasemen akhir Olimpiade Tokyo. Mereka sukses meraih 7 poin dari 3 pertandingan dengan rincian 2 kemenangan dan 1 hasil imbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here