Kalah 1-2, Arteta: Ini Hasil Terbaik

0
531

Debatbola.com – Tak seperti Manchester United yang mendapatkan hasil positif pada leg pertama semifinal Liga Europa, wakil Inggris lain, Arsenal, justru takluk dari wakil Spanyol, Villareal. Kapal Selam Kuning yang dilatih oleh mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, unggul dengan skor 2-1.

Villareal langsung unggul dua gol pada babak pertama lewat gol Manu Trigueros dan Raul Albiol. Arsenal baru mampu memperkecil keadaan lewat tendangan penalti Nicolas Pepe pada menit ke-73.

Arsenal sendiri sempat harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-57 usai kartu kuning kedua didapatkan Dani Ceballos. Villareal pun menyusul harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-80 setelah Etienne Capoue juga mendapatkan kartu kuning kedua.

Bagi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, hasil ini merupakan hasil terbaik yang bisa diraih oleh timnya. “Kami tidak datang ke sini untuk kalah, tapi jika melihat bagaimana pertandingan berjalan, lalu tertinggal 2-0 plus bermain dengan 10 pemain, kami harus menerima hasil ini. Jika kami kalah, ini adalah hasil terbaik yang bisa kami dapatkan pada laga ini.”

Di samping itu, Arteta juga mendapatkan kritikan setelah laga ini karena pilihan susunan pemainnya terbilang aneh. Banyak pihak yang menilai bahwa mencadangkan Pierre-Emerick Aubameyang dan menempatkan Granit Xhaka di pos bek kiri adalah kesalahan fatal.

Namun pelatih asal Spanyol itu membela diri. Ia sudah tahu hal ini akan disoroti karena timnya mengalami kekalahan. Padahal sebelumnya, ia juga menempatkan Xhaka tidak pada posisi naturalnya tapi Arsenal tetap bisa menang, dan keputusan itu tidak dikritik oleh orang-orang.

“Hal seperti itu adalah cara kami menyiapkan diri untuk pertandingan. Ini keputusan yang aku buat, merasa hal ini adalah cara terbaik kami, tapi kemudian pertandingan berubah arah setelah menit keempat dan itu susah untuk menilai keputusan ini benar atau salah.”

“Tapi ketika kita mengalami kekalahan, apapun keputusannya pasti akan disalahkan. Padahal ketika kami menang 4-0 melawan Slavia Praha di kandang mereka, sementara mereka tidak pernah kalah di kandang selama tiga tahun, Granit bermain di posisi itu dan ia tampil bagus. Aku tahu memang kalau kami mengalami hasil negatif, hal seperti ini akan disalahkan.”

Mikel Arteta juga menegaskan bahwa timnya masih punya kesempatan untuk melangkah ke babak final. Akan ada perubahan yang dilakukan pada leg kedua nanti untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami tahu kami harus tampil lebih baik selama 95 menit. Jika tidak, kami tidak akan punya peluang ke final. Tapi setelah apa yang terjadi hari ini, aku rasa kami harus menerima hasil ini karena kami masih berpeluang dan bisa berkembang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here