Kaka: Messi Lebih Hebat dari Ronaldo

Debatbola.com – Awal tahun 2000an menjadi masa emas Ricardo Izecson dos Santos Leite, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kaka, dalam karier sepakbolanya. Kaka bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia dengan meraih Ballon d’Or pada tahun 2007.

Kaka juga sempat membela dua kesebelasan besar, yakni AC Milan dan Real Madrid. Tapi hanya di AC Milan ia meraih banyak gelar. Penghargaan Ballon d’Or pada 2007 pun diraih setelah Kaka meraih gelar juara Liga Champions bersama Rossoneri.

Kaka bisa dikatakan merupakan pemain terbaik dunia terakhir sebelum penghargaan itu diperebutkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam 10 tahun terakhir. Pemain kelahiran Sao Paulo ini pun punya pendapatnya sendiri mengenai siapa yang lebih hebat di antara keduanya.

Ternyata meski pernah bermain bersama dengan Ronaldo, Kaka tak ragu untuk menyebut bahwa Messi lebih hebat. Kaka menilai bahwa cara bermain Messi menunjukkan bahwa dirinya seorang genius sepakbola.

“Aku pernah main bersama Cristiano (Ronaldo) dan dia benar-benar luar biasa, tapi aku akan pilih Messi,” kata Kaka dalam tanya jawab bersama fans di siaran langsung Instagram FIFA. “Dia seorang genius, bakat murni. Cara dia main luar biasa.”

Tapi Kaka juga memuji sosok Ronaldo. Pemain yang meraih trofi Piala Dunia 2002 bersama Timnas Brasil itu juga mengatakan bahwa Ronaldo seperti mesin.

“Cristiano adalah mesin. Dia bukan hanya kuat, bertenaga, dan cepat, dia juga kuat secara mental. Dia selalu ingin main dan menang.”

Kaka sendiri mewajarkan kehebatan Ronaldo dan Messi akan diperdebatkan karena keduanya memang punya talenta luar biasa. Baginya yang terpenting, kita semua harus merasa beruntung karena hidup di zaman di mana keduanya bisa kita saksikan secara langsung.

“Yang terbaik, bagi saya, itu adalah hal yang paling luar biasa yang dimiliki masing-masing pemain. Dalam sejarah olahraga, mereka jelas ada di lima besar. Kita beruntung bisa menyaksikan mereka berdua.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here