Kabar Duka, Eks Pemain PSG Jean-Pierre Adams Tutup Usia Setelah 39 Tahun Koma

0
113

Debatbola.com – Kabar duka kembali datang dari dunia sepakbola, dan kali ini, yang berduka adalah sepakbola Prancis. Eks defender Paris Saint-Germain dan timnas Prancis, Jean-Pierre Adams dikabarkan meninggal dunia. Adams dilaporkan tutup usia setelah melewati masa koma berkepanjangan, yakni hingga 39 tahun lamanya.

Akhir Kisah Pilu Koma Panjang

Dunia sepakbola kembali diguncang kabar duka, tepat setelah jendela transfer musim panas ditutup. Kali ini, kabar duka itu datang dari Prancis, tepatnya dari mantan pemain Paris Saint-Germain, Jean Pierre Adams. Pria yang sebelumnya mengalami koma panjang selama 39 tahun, baru saja dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya.

Seperti mengutip laporan dari Daily Mirror, Adams dilaporkan meninggal dunia pada Senin (6/9) waktu setempat. Adams berpulang di usia 73 tahun, selepas gagal berjuang bangkit dari koma panjangnya sejak bulan Maret 1982. Menurut sumber yang sama, Adams dikonfirmasi meninggal dunia di Nîmes University Hospital.

Mungkin, tak banyak yang mengenal Jean-Pierre Adams secara pasti, tapi kisah pilu mengenai koma panjangnya sudah kerap kali dibagikan di berbagai media. Seperti yang telah disebutkan, Adams mengalami koma selama 39 tahun lamanya. Maret 1982, Adams pertama kali terbaring koma, dan sampai kematian menjemput, eks bek PSG itu belum sempat sadar.

Kisah pilu koma panjang Adams bermula pada tanggal 17 Maret 1982, kala mantan defender timnas Prancis itu harus naik ke meja operasi. Adalah sebuah cedera ligamen yang membuatnya harus dioperasi pada tanggal tersebut. Adams pun menjalani operasinya di Édouard Herriot Hospital yang berlokasi di Lyon, Prancis.

Tim dokter yang menangani proses operasi Adams kala itu menyebut bahwa Adams berada dalam kondisi prima dan diharap akan sadar beberapa jam usai menjalani operasi. Namun, dokter spesialis anestesiologi yang menangani Adams justru melakukan kesalahan. Dokter itu disebut memberikan dosis anestesi terlalu banyak sehingga Adams mengalami kerusakan otak.

Kerusakan otak itulah yang lantas membuat Adams koma selama puluhan tahun dan sama sekali belum sadar sampai kematian menjemputnya. Pada pertengahan tahun 90-an, kasus kesalahan operasi Adams berbuntut panjang. Kala itu pengadilan memberikan hukuman pada tim dokter berupa larangan praktek, serta denda senilai sekitar 11,5 juta rupiah.

Istri Setia Selalu Menemani

Selama fase komanya, Adams beruntung, karena dirinya selalu ditemani istrinya, Bernadette yang setia. Istri Adams itu selalu sabar dalam merawat Adams, serta sesekali mengajaknya berbicara dengan harapan Adams bisa segera sadar. Bernadette juga kerap memberikan Adams hadiah dalam beberapa momen penting, seperti natal dan tahun baru.

Dalam suatu kesempatan, seseorang pernah menawarkan opsi suntik mati tanpa rasa sakit untuk Adams dengan harapan bahwa eks pemain PSG itu bisa segera bebas dari penderitaan. Namun, Bernadette yang begitu setia menemani Adams menolak tawaran itu. Bernadette masih punya harapan kuat bahwa sang suami akan bangun lagi, suatu saat nanti.

Profil Singkat Sang Legenda Sepakbola Prancis

Lahir pada tanggal 10 Maret 1948, Jean-Pierre Adams sendiri merupakan pemain yang pernah memperkuat sejumlah klub Prancis. Sebut saja Nîmes, Paris Saint-Germain, hingga OGC Nice. Sebagai seorang pesepakbola, Adams juga termasuk pemain yang pensiun dini karena ia sudah memutuskan gantung sepatu di usia 33 tahun.

Selain dikenal sebagai mantan pemain PSG, Adams juga dikenal sebagai legenda timnas Prancis. Adams melakoni debut kompetitifnya bareng Les Bleus di laga kualifikasi World Cup kontra Uni Soviet pada tahun 1974. Selama membela Prancis, Adams dan kompatriotnya Marius Trésor mendapat julukan “Penjaga Hitam” karena ketangguhan keduanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here