Kabar Baik, Pemain Timnas Spanyol Akan Segera Divaksin Covid-19

0
32
Kabar Baik, Pemain Timnas Spanyol Akan Segera Divaksin Covid-19

Debatbola.com – Wabah Covid-19 belakangan ini tengah menghantui para pemain timnas Spanyol setelah dua pemain dikabarkan terpapar virus ini. Kompetisi Euro 2020 akan dimulai dalam beberapa jam ke depan. Para pemain timnas Spanyol pun kini dikabarkan bakal mendapat suntikan vaksin jelang berlaga di Euro 2020 mendatang.

Dua Pemain Sudah Terpapar

Turnamen Euro 2020 telah mengalami penundaan selama setahun demi menghindari penyebaran Covid-19. Namun, penundaan tersebut tak lantas membuat turnamen ini aman dari virus. Buktinya, belakangan ini, ada beberapa pemain tim nasional yang ikut terpapar Covid-19, termasuk dua punggawa timnas Spanyol.

Beberapa waktu lalu, Spanyol mengonfirmasi bahwa dua pemain mereka, Diego Llorente dan Sergio Busquets terpapar Covid-19. Dampaknya, kedua pemain itu terpaksa meninggalkan pusat pelatihan dan menjalani isolasi. Lebih lanjut, para pemain Spanyol juga ikut mengisolasi diri.

Salah satu pemain senior Spanyol, Jordi Alba mengaku ikut sedih atas kabar Busquets terpapar Covid-19. Alba mengaku bahwa ia dan semua rekan setimnya sudah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Tetapi akhirnya, masih ada saja pemain yang terpapar, sehingga Alba menyayangkan kejadian tersebut.

Kabar Melegakan

Hanya berselang beberapa saat usai Diego Llorente terkonfirmasi terpapar Covid-19, Spanyol akhirnya mengungkapkan kabar yang sedikit melegakan. Pada Rabu (9/6) waktu setempat, para pemain disebut telah menjalani tes. Kabar baiknya, federasi sepakbola Spanyol RFEF mengonfirmasi bahwa semua pemain telah mendapatkan hasil negatif.

Menyusul wabah Covid-19 yang menyerang para pemain, Luis Enrique dan para staffnya pun langsung bereaksi cepat. Mereka langsung memanggil total 17 pemain dari timnas U-21 untuk dijadikan tim cadangan. RFEF mengonfirmasi bahwa 17 pemain cadangan juga telah mendapatkan hasil negatif dalam tes Covid-19 terbaru Spanyol.

Vaksinasi dan Pro Kontranya

Meski para pemain sudah dites dan hasilnya negatif, pemerintah Spanyol nampaknya ingin melakukan langkah pencegahan yang lebih jauh, apalagi Euro 2020 akan segera dimulai. Menteri kesehatan Spanyol Carolina Darias menyampaikan bahwa para pemain timnas Spanyol membutuhkan dua suntikan vaksin sebelum berlaga di Euro 2020 nanti.

Darias juga menyampaikan bahwa vaksin yang akan diberikan kepada para pemain Spanyol nanti adalah vaksin Pfizer BioNTech. Nantinya, para pemain juga bakal diberikan suntikan vaksin oleh personel militer Spanyol. Proses ini sama dengan proses vaksinasi yang akan dialami para atlet Spanyol di ajang Olimpiade dan Paralimpiade mendatang.

Keputusan pemerintah Spanyol memberikan vaksin pada para pemain timnas memang dirasa bakal menjadi pilihan terbaik. Tapi setiap keputusan pasti ada pro dan kontranya masing-masing. Keputusan pemberian vaksin untuk para pemain Timnas Spanyol juga banyak mendapat kritikan, meski tak sedikit pula yang mendukung.

Beberapa orang menyuarakan kritikan terhadap lambatnya pemberian vaksin untuk para pemain yang akan berlaga di Euro 2020 mendatang. Namun yang lain menilai keputusan pemberian vaksin untuk para pemain Spanyol kurang tepat waktu. Pasalnya sudah ada banyak orang yang mengantre untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Kapan Spanyol Mulai Bermain di Euro 2020?

Spanyol sendiri bakal memulai kampanye mereka di ajang Euro 2020 pada tanggal 15 Juni mendatang, dalam pertandingan melawan Swedia. Seseorang yang baru saja terpapar Covid-19 diharuskan mengisolasi diri setidaknya selama 10 hari. Itu artinya, kemungkinan besar, Spanyol bakal bermain tanpa Busquets dan Llorente di laga pembuka mendatang.

Gelaran Euro 2020 sendiri bakal dimulai pada tanggal 11 Juni 2021 waktu setempat, atau pada 12 Juni 2021 dinihari waktu Indonesia. Laga Italia vs Turki akan menjadi pembuka, di mana keduanya bakal bentrok di Stadio Olimpico. Sementara itu, fase final dijadwalkan bakal digelar pada 12 Juli 2021 di Wembley.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here