Juventus Segel Gelar Scudetto Kesembilan Beruntun

Debatbola.com – Perayaan Juventus atas gelar Serie A 2019/20 ternyata hanya tertunda. Sempat tertahan akibat ditaklukkan Udinese (1-2), klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut akhirnya menyegel gelar juara musim ini setelah mengandaskan Sampdoria dengan skor 2-0 pada Senin (27/07) dini hari WIB.

Keberhasilan menjuarai Serie A musim ini merupakan gelar ke-36 yang dikoleksi oleh Juventus. Trofi ini juga merupakan yang kesembilan beruntun karena kesebelasan bermarkas di Allianz Stadium ini terus jadi juara sejak musim 2011/12. 

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, turut mencatatkan rekor atas keberhasilan dirinya mengantarkan Juve juara. Ini merupakan gelar liga pertama dirinya sekaligus membuat dirinya menjadi pelatih tertua yang meraih gelar Serie A.

“Ini adalah salah satu musim tersulit karena lihat saja apa yang sudah terjadi. Kami memulai pra-musim pada 6 Juli 2019, lalu kami baru menjuarai liga pada 26 Juli 2020, lebih dari setahun kemudian, itu sangat berat,” beber Sarri pada konferensi pers usai laga. 

Selain menjalani musim yang panjang, liga sempat terhenti akibat pandemi virus corona, Juventus juga tampil kurang mendominasi seperti musim-musim sebelumnya kala dilatih oleh Antonio Conte atau Massimo Allegri. Musim pertama Sarri di Juventus penuh dengan kritikan karena Juventus masih belum tampil sesuai harapan, bahkan sempat kesulitan menang dalam beberapa laga terakhir.

Beruntung Juventus punya pemain-pemain berpengalaman dan berkualitas wahid di Italia seperti Leonardo Bonucci, Paulo Dybala, Gianluigi Buffon, Miralem Pjanic, hingga Cristiano Ronaldo. Sarri menilai para pemainnya memang pantas mendapatkan apresiasi lebih.

“Ini musim yang luar biasa sulit. Sulit dari berbagai aspek, dari aspek kehidupan, sepakbola, olahraga, dan kita tahu tak ada yang bisa menjuarai ini dengan mudah, kemenangan selalu diraih dengan sulit.” 

“Meraih kemenangan untuk dua atau tiga tahun sangat sulit. Sementara kami meraihnya selama 9 musim, bagi para pemain aku rasa ini prestasi yang sangat luar biasa.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here