Jurgen Klopp Masih Nantikan Naby Keita

0
283
Jurgen Klopp Masih Nantikan Naby Keita

Debatbola.com  –  Liverpool gagal mempertahankan gelar Premier League mereka musim ini. Mereka bahkan kesulitan untuk menembus posisi lima besar. Sejumlah kambing hitam pun mulai dimunculkan oleh para suporter, salah satunya Naby Keita.

Suporter memang pantas menaruh ekspektasi tinggi pada Keita. Pemain yang direkrut dari RB Leipzig pada 2018 itu merupakan pemain termahal ketiga dalam sejarah Liverpool. Namun yang terjadi, pemain asal Guinea itu lebih akrab dengan cedera.

Musim ini Keita hanya bermain sebanyak 9 kali di Premier League. Dari 29 pemain yang dimiliki Liverpool, pemain berusia 26 tahun itu hanya mencatatkan 524 menit bermain, tersedikit ke-8.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, membela Keita. Menurutnya hasil-hasil negatif Liverpool terjadi bukan salah Keita, tapi salah keputusan taktikalnya.

“Semua ini bukan gara-gara Naby, tapi gara-gara saya. Sekarang aku tak suka membicarakannya karena kita membicarakannya seolah-olah ini semua salah Naby. Bukan, ini kesalahan taktikal,” ujar Klopp.

Lebih jauh, Klopp menyoroti banyaknya pemain Liverpool yang cedera sepanjang musim ini. Hal itu yang membuat pelatih asal Jerman itu harus sering mengubah-ubah komposisi line up. Tiga bek tengah sampai bek darurat seperti Jordan Henderson pun mengalami cedera sehingga Klopp harus memakai pemain dari posisi lain dan melakukan pembelian darurat.

“Banyak hal terjadi dan itu sangat sulit tahun ini. Kami harus sering mengubah komposisi tim dan saat itu juga kami terus berusaha mencari stabilitas tim, dan itulah yang benar-benar kami butuhkan.”

“Kita ambil contoh Manchester United. Kapan lini pertahanan terakhir mereka bermain bersama dalam 20 pertandingan? Lalu mereka bisa melakukan perubahan di berbagai posisi karena mereka punya pemain yang tepat di posisi itu. Kami tidak pernah melakukan itu.”

Klopp sendiri mengakui bahwa Keita memang agak kesulitan untuk bisa masuk susunan pemain meski ia tidak cadara. Walau begitu, ia memastikan bahwa Keita tetap akan menjadi andalannya.

“Naby sudah berlatih dengan sangat baik. Bahkan boleh aku bilang dia berlatih dengan bersungguh-sungguh. Sama seperti pemain lain, dia terlihat bagus saat di tempat latihan. Tapi tahun ini kami butuh stabilitas.”

“Kami akan melakukan perubahan perlahan-lahan, pastinya, tapi kami tak bisa mengganti sampai tujuh, delapan, sembilan pemain sambil berkata: “mungkin kita bisa menang dengan para pemain seperti ini. Yang ingin aku tekankan adalah untuk masa depan yang penjang, Naby Keita, dari sudut pandangku, ada di sini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here