Jose Mourinho Dapat Klub Baru

0
159
Jose Mourinho

Debatbola.com – Hanya membutuhkan beberapa waktu saja untuk pelatih asal Portugal ini mendapatkan klub baru. Pasalnya, Jose Mourinho baru saja dipecat oleh manajemen The Lilywhites pada 19 April lalu. Kini sang pelatih telah mendapatkan kontrak baru dari tim ibukota Italia, AS Roma.

Sebelumnya Jose Mourinho malang melintang melatih klub-klub top Eropa. Bermula sebagai penerjemah mantan pelatih Barcelona, Sir Bobby Robson, sang juru taktik berkebangsaan Portugal ini pun berkembang menjadi pelatih anyar hingga sekarang ini.

Alasan Pemecatan

Banyak berita simpang siur mengenai tragedi pemecatan Mourinho. Beberapa pihak mengaitkan tragedi tersebut dengan enggannya sang pelatih berusia 58 tahun itu mengikuti liga kontroversial, European Super League.

Dari rumor tersebut disebutkan bahwa eks pelatih Real Madrid ini mogok latihan setelah mendapatkan kabar bahwa klubnya mengikuti ESL. Namun rumor ini pun dikonfirmasi oleh jurnalis sepakbola, Fabrizio Romano.

Sang jurnalis berkebangsaan Italia itu pun menepis segala desas-desus yang mengaitkan ESL dengan pemecatan Mourinho. Fabrizio menegaskan bahwa pemecatan itu terjadi karena hasil minor Tottenham Hotspur belakangan ini.

Memang benar, tim yang berjuluk The Lilywhites itu kini terpuruk di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Premier Inggris. Klub juga gagal total dalam gelaran lain yang diikuti mereka. Tim tidak berhasil merengkuh titel Piala FA, Liga Europa.

Sementara dalam gelaran Carabao Cup, tim berhasil hingga ke partai final dan bertemu Manchester City. Akan tetapi menjelang laga itu sang pelatih, Jose Mourinho dipecat. Tottenham pun menunjuk Ryan Mason sebagai pengganti sementara.

Namun di partai final yang berlangsung di Stadion Wembley itu, Harry Kane dan kawan-kawan kalah. The Citizens berhasil menyegel Carabao Cup setelah di menit ke-82, Aymeric Laporte mencetak satu-satunya gol.

Tawaran Dari AS Roma

Per tanggal 4 Mei lalu, Jose Mourinho akhirnya mendapat klub baru untuk dinakhodai. Tim asal ibukota Italia, AS Roma yang menjadi pelabuhan baru bagi sang pelatih berkebangsaan Portugal tersebut. Dirinya baru akan mengambil alih kursi kepelatihan mulai musim depan.

Terhitung ini kali kedua sang juru taktik tersebut menukangi tim asal Italia. Periode pertama, Mourinho melatih Inter Milan dan meraih banyak gelar. Dimana skuat asuhannya merengkuh gelar treble winner pada tahun 2010.

Ditunjuk menjadi pelatih AS Roma, Mourinho menggantikan pelatih terdahulu, Paulo Fonsesca. Fonsesca yang juga asal Portugal itu bakal hengkang pada akhir musim ini setelah melatih AS Roma selama dua musim.

Bersama tim asal ibukota Italia, Fonsesca belum pernah meraih satu pun gelar. Di kancah Serie A, prestasi terbaiknya adalah saat timnya finish di posisi kelima pada musim 2019/2020. Namun musim ini mereka sedang berada di posisi yang sangat terpuruk yakni di peringkat ketujuh.

Dalam gelaran Liga Europa, timnya berhasil lolos hingga fase semifinal. Namun pada leg pertama yang dimainkan di Old Trafford. Mereka dibantai oleh sang tuan rumah Manchester United dengan skor 6-2. Serigala Roma pun mempunyai peluang yang nyaris tidak ada untuk bisa lolos ke partai final.

Ambisi AS Roma

AS Roma punya alasan yang cukup kuat untuk merekrut pelatih yang mempunyai julukan The Special One itu. Klub pastinya ingin berprestasi di kancah Serie A. Menunjuk Mourinho adalah langkah yang tepat lantaran sang pelatih tersebut pernah berjaya saat membela Nerazzurri.

Patut ditunggu bagaimana Mourinho membawa klub barunya itu pada musim depan. Dengan berlabuhnya pelatih asal Portugal itu ke tanah Italia bertambah pula pelatih-pelatih hebat di Serie A. Antonio Conte, Andrea Pirlo, Gian Piero Gasperini dan Stefano Pioli bakal saling sikut musim depan untuk mendapatkan gelar Scudetto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here