Jordi Alba Cedera, Kesempatan Emas Untuk Álex Baldé?

0
90

Debatbola.com – Sektor bek kiri Barcelona biasanya diisi oleh Jordi Alba, tetapi sayang, bek kiri asal Spanyol harus mengalami cedera dalam laga pembuka Liga Champions kemarin. Ini tentunya menjadi kabar buruk bagi Alba. Tetapi, bagi wonderkid Alejandro ‘Álex’ Baldé, momen cederanya Alba mungkin bisa jadi momen dirinya untuk unjuk gigi.

Belum Bisa Move On

Selama beberapa tahun terakhir, sektor bek sayap menjadi salah satu sektor krusial bagi Barca. Pasalnya, sampai saat ini, Barca seakan belum bisa move on dari muka-muka lama yang mengisi sektor tersebut, baik sektor sayap kanan, maupun sayap kiri. Di sektor kanan, Dani Alves sepertinya belum tergantikan, sementara di sisi kiri, Jordi Alba tetap jadi andalan.

Saat ini, sektor bek kanan Barca sudah tak ditempati Dani Alves, namun sektor kiri mereka tetap menjadi milik Jordi Alba. Posisi Alba di sektor bek kanan Barca arahan Ronald Koeman nampaknya tak tersentuh. Hal inipun jelas bakal menghambat perkembangan pemain-pemain muda mereka yang juga menempati sektor itu, seperti Álex Baldé.

Momen Unjuk Gigi Baldé

Pemain bernama lengkap, Alejandro Baldé Martínez alias Álex Baldé merupakan didikan asli akademi Barca yang mendapatkan kesempatan main bareng tim utama di musim ini. Posisi Alba sebagai bek kiri andalan Ronald Koeman memang nyaris tak tersentuh. Namun, dengan cederanya sang pemain, sekarang mungkin saatnya Baldé unjuk gigi.

Baldé sendiri melakoni debutnya dalam laga lanjutan matchday pertama Liga Champions ketika Barcelona dicukur tiga gol tanpa balas oleh Bayern München. Terlepas dari kekalahan timnya, penampilan Baldé terbilang cukup baik. Ia bisa menggantikan peran Alba yang memang kala itu ditarik keluar akibat cedera.

Beberapa saat setelah laga kontra Bayern, Barcelona mengonfirmasi bahwa Alba mengalami masalah pada hamstringnya. Memang, sempat muncul isu bahwa Alba memang sedang tak berada dalam kondisi prima ketika diturunkan sebagai starting. Alhasil, defender asal Spanyol itu sepertinya harus merasakan dampak yang lebih buruk.

Cedera hamstring memang bukan sesuatu yang sepele, dan beberapa laporan mengungkapkan bahwa Alba mungkin bakal absen selama satu bulan ke depan. Itu artinya, defender asal Spanyol bakal melewatkan laga-laga penting. Antara lain laga melawan Granada, Cádiz, Levante dan Atlético Madrid di LaLiga, beserta laga kontra Benfica di Liga Champions.

Jelas, cedera hamstring yang dialami Alba bakal menjadi kabar buruk bagi sang pemain, karena hadirnya cedera ini bakal membuatnya absen cukup lama. Namun bagi Baldé, kabar ini bisa memberikan sedikit angin segar untuknya. Absennya Alba bisa jadi bakal menjadikan dirinya sebagai bek kiri utama pilihan Ronald Koeman.

Siap Hadapi Tantangan Lebih Besar

Perihal laga debutnya, Baldé sendiri telah memberikan komentarnya, dan menurutnya, laga debut itu bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan. Usai melakoni debut, Baldé pun mengaku siap dengan tantangan yang lebih besar. Pemain berusia 17 tahun mengaku siap untuk menjadi starting andalan pelatih tim utama Ronald Koeman.

“Mengesampingkan hasilnya, debut itu adalah impian yang jadi kenyataan.” Tutur Baldé, seperti dikutip media wahana88 dari laman website resmi Barcelona. “Saya sudah bekerja sangat keras dan lama sejak saya gabung klub ini, dan sekarang, saya sangat senang. Tak pernah terpikir saya akan tampil, tapi ketika Jordi ditarik keluar, saya pemanasan 30 detik dan akhirnya masuk.”

“Kala itu, pikiran saya dipenuhi banyak hal, tapi satu hal yang pasti, saya benar-benar siap jika kesempatan itu datang lagi. Mulai sekarang, saya harap saya bisa mendapat lebih banyak menit bermain untuk menambah pengalaman saya. Saya juga ingin tetap berlatih bersama rekan-rekan setim dan belajar dari orang-orang terbaik.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here