Jika Xavi Latih Barcelona, Ndombele Bisa Jadi Rekrutan Pertamanya

0
43
Jika Xavi Latih Barcelona, Ndombele Bisa Jadi Rekrutan Pertamanya

Debatbola.com – Pasca pemecatan Ronald Koeman, ramai beredar isu mantan pemain Barcelona, Xavi bakal kembali untuk mengambil alih kursi kepelatihan. Xavi memang belum diresmikan, tapi kemungkinan besar, isu kedatangannya bakal terwujud. Jika Xavi benar-benar balik, maka akan ada beberapa rekrutan anyar, termasuk salah satu pemain Tottenham Hotspur.

Isu yang Menguat Lagi

Masa-masa keemasan Barcelona sepertinya sudah lama berlalu, dan Ronald Koeman menjadi pelatih terakhir yang menjadi korban akibat menurunnya prestasi Barca ini. Laga kontra Rayo Vallecano pada 28 Oktober menjadi laga terakhir Koeman sebagai arsitek Barca. Karena selepas laga tersebut, Koeman langsung dipecat dari jabatannya.

Selepas era Luis Enrique, memang tidak ada pelatih Barca yang bisa dibilang berhasil. Ernesto Valverde, Quique Setién dan Ronald Koeman telah gagal memenuhi ekspektasi klub dan para penggemar. Kini, setelah gagalnya para pelatih tersebut, Barca sepertinya ingin mempercayakan kursi kepelatihan kepada mantan pemain mereka, Xavi.

Bahkan sebelum Koeman ditunjuk, Xavi sudah menjadi salah satu kandidat pelatih Barca pasca pemecatan Quique Setién. Namun, kedatangan Xavi kala itu gagal terwujud karena Barca lebih memilih Koeman ketimbang Xavi. Sekarang, pasca pemecatan Koeman, isu kepulangan Xavi sebagai pelatih kembali menguat.

Ndombele Sang Target Utama

Memang, sampai saat ini, Barca belum meresmikan Xavi Hernandez sebagai arsitek baru mereka, menggantikan posisi Koeman. Jika memang Xavi bakal menggantikan Koeman, maka eks pemain Barca itu pasti bakal mendatangkan beberapa armada anyar. Salah satu media pun mengatakan bahwa Xavi bakal membawa salah satu gelandang Tottenham Hotspur.

Selama ini, ada banyak hal yang membuat prestasi Barcelona kian jeblok. Tetapi, salah satu masalah yang terlihat paling menonjol adalah masalah di lini tengah mereka. Dari sekian gelandang Barca, Sergio Busquets adalah satu-satunya nama berpengalaman. Sayangnya, Busquets sudah tak lagi muda, dan ia pasti butuh sosok pengganti.

Media Spanyol, Sport mengungkapkan bahwa Barca kini menetapkan gelandang Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele. Sport mengungkapkan bahwa Barca menilai Ndombele adalah sosok yang layak untuk menggantikan posisi Busquets. Karenanya, Sport menyebut Ndombele bisa saja merapat ke Camp Nou apabila Xavi benar-benar pulang.

Dua Pihak Sama-Sama Untung

Bersama Spurs, Ndombele sendiri tampil tak begitu sering, dan kesempatan bermain bersama Barca jelas tidak bisa ia sia-siakan. Mengutip laman Transfermarkt, gelandang asal Prancis tercatat sudah memainkan sembilan pertandingan di seluruh ajang. Tetapi, dari sembilan laga tersebut, Ndombele hanya mencatatkan total menit bermain sebesar 599 menit saja.

Gabung Barca bisa membawa keuntungan bagi Ndombele, karena dengan pindah ke Camp Nou, karirnya mungkin akan bisa hidup lagi. Barca, di sisi lain juga bakal mendapatkan keuntungan. Jika Ndombele jadi merapat, maka Barca jelas akan dapatkan gelandang tangguh, berkualitas, serta sepadan untuk pengganti jangka panjang Sergio Busquets.

Spurs sendiri saat ini baru kedatangan juru taktik anyar, dan juru taktik itu tak lain adalah mantan pemain Inter Milan, Antonio Conte. Melansir beberapa sumber, Conte disebut sangat ingin mendatangkan gelandang AC Milan, Franck Kessié. Kedatangan Kessié pun jelas bakal mengancam Ndombele, dan mungkin bisa membuatnya angkat kaki dari London Utara.

Satu-Satunya Kendala

Barca bisa saja memanfaatkan situasi ini untuk membajak Ndombele, tetapi satu-satunya kendala yang mungkin bakal mereka hadapi adalah kendala harga. Spurs menggaet Ndombele dengan harga sekitar 60 juta euro pada 2019. Mereka pun kabarnya tak mau banyak merugi, dan kabarnya hanya mau melepas Ndombele di harga 45 sampai 50 juta euro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here