Jeremy Doku, Wonderkid Belgia Masuk Radar Liverpool

0
25

Debatbola.com – Euro 2020 lalu tidak hanya dimainkan oleh pemain-pemain senior yang sudah dikenal namanya. Akan tetapi, gelaran terbesar sejagat Eropa ini juga dihuni oleh beberapa pemain-pemain muda yang potensial.

Di timnas Belgia ada Jeremy Doku yang meskipun hanya tampil dua kali dalam turnamen tersebut namun sudah menunjukkan performa terbaiknya. Dirinya yang diturunkan Roberto Martinez pada fase perempat final melawan Italia sempat membuat pertahanan Gli Azzurri kerepotan.

Bahkan winger berusia 19 tahun tersebut mampu membuat timnya memperkecil kedudukan dari kotak penalti. Dirinya yang membuat kerepotan pertahanan Italia harus dihentikan dengan keras di daerah terlarang.

Slavko Vincic, wasit yang bertugas pun langsung memberikan hadiah penalti kepada The Red Devils. Romelu Lukaku yang tampil sebagai penendang utama sukses membuat Gianluigi Donnarumma memungut bola dari gawangnya. Sayang tak ada lagi gol yang tercipta setelah itu dan Belgia harus tersingkir.

Dipantau Liverpool

Kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar, membuatnya menjadi incaran peringkat ketiga Liga Inggris, Liverpool. Klub asal Merseyside itu tengah mencari nama baru di sektor lini serang tepatnya posisi pemain sayap.

Dimana mereka ingin mengganti winger yang sudah sangat dekat dengan pintu keluar Anfield Stadium, Xherdan Shaqiri. Winger asal Swiss tersebut sedang diincar oleh klub Serie A, Lazio. Pelatih baru mereka, Maurizio Sarri begitu tergila-gila dengan sang pemain itu.

Selain itu, manajemen tim juga dinilai ingin membuat persaingan di sisi sayap kanan yang diisi oleh Mohamed Salah. Jeremy Doku yang mempunyai posisi yang sama dengan winger Mesir tersebut lah yang digadang-gadang bisa memberikan persaingan berarti.

Saat ini harga pasar Jeremy Doku tengah melejit tinggi ke angka 26 juta Euro. Winger keturunan Ghana tersebut masih memiliki kontrak berdurasi panjang bersama klubnya, Stade Rennais hingga tahun 2025 mendatang.

Tampil Apik Bersama Stade Rennais

Berdasarkan laporan situs judi bola online bahwa winger muda asal Belgia ini diboyong oleh Stade Rennais dari Anderlecht dengan mahar fantastis 26 juta Euro. Harga beli dengan biaya segitu terkesan sangat besar untuk pemain yang masih berusia 17 tahun.

Namun pembelian tersebut ternyata tidak mengecewakan karena sesuai prediksi dari manajemen tim. Terbukti Jeremy Doku dapat mengakhiri musim dengan diturunkan dalam 37 pertandingan dengan 2 gol dan 4 assist.

Bahkan dirinya juga mendapatkan rekor baru yaitu sebagai pemain muda dibawah 21 tahun yang sukses mencatatkan jumlah dribble. Perhitungan ini diambil dari pemain-pemain muda di lima liga top Eropa. Eks pemain sayap Anderlecht ini berada di posisi pertama dengan perolehan 110 kali mencatatkan jumlah dribble.

Sementara di posisi kedua dan ketiga berdiri pemain-pemain yang tak kalah hebatnya. Jadon Sancho yang baru saja dibeli oleh Manchester United dengan harga selangit hanya mampu membuat 77 kali dribble. Sedangkan di posisi ketiga ada winger Spanyol, Bryan Gil.

Sayangnya kepiawaian Jeremy Doku tidak mampu menulari prestasi klubnya, Stade Rennais. Klub yang mempunyai julukan Les Rouges et Noirs itu hanya sanggup finish di peringkat keenam Liga Prancis. Penurunan prestasi terjadi sebab musim 2019/2020 silam, klub tersebut bisa finish di posisi ketiga.

Mereka juga gagal bertanding di Liga Champions bahkan di Liga Europa pun mereka tak masuk dalam babak playoff. Musim depan ini, diprediksi mereka akan kembali bersaing dibawah asuhan pelatih yang baru ditunjuk Maret silam, Bruno Genesio.

Dipercaya Jeremy Doku bisa menjadi salah satu winger terbaik jika bisa terus berlatih. Peran pelatih dan senior-seniornya lah yang harus terus memotivasi sang pemain tersebut agar tetap berfokus untuk menjadi yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here