Jepang, Satu-Satunya Tim Yang Menang Dalam Dua Pertandingan Olimpiade

0
167

Debatbola.com – Jepang sukses mengalahkan timnas muda Meksiko pada lanjutan babak fase grup Olimpiade musim panas 2020. Samurai Biru menyudahi perlawanan dengan menang dengan kedudukan tipis 2-1. Takefusa Kubo dan Ritsu Doan menjadi pahlawan timnya dalam laga itu berkat dua golnya.

Dengan hasil itu mengantarkan timnas muda Jepang kokoh di puncak klasemen grup A dengan 6 poin. Sekaligus memantapkan dominasi Samurai Biru di grup A dan juga membuat tim ini menjadi satu-satunya tim yang memenangkan dua pertandingannya.

Jepang Mencetak Dua Gol Cepat

Bermain di tanah sendiri membuat Jepang harus menang untuk menjaga harga diri mereka sendiri. Sejak menit pertama pasukan muda negeri matahari terbit langsung menggencarkan serangan demi serangan kepada lawannya.

Terbukti pada menit ke-6, Takefusa Kubo membuka kran gol di laga tersebut berkat golnya yang memanfaatkan umpan silang Ritsu Doan. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti tidak mampu dihalau oleh Guillermo Ochoa.

Setelah itu Samurai Biru tidak mengendorkan serangan mereka. Ancaman-ancaman terus-terusan dilakukan oleh anak-anak muda Jepang ini. Upaya tersebut berbuah gol kedua yang dilesatkan enam menit dari gol pertama.

Kali ini winger PSV Eindhoven, Ritsu Doan yang berperan sebagai pencetak gol dari titik penalti. Setelah Yuki Soma, punggawa Samurai Biru dilanggar dengan keras oleh bek tengah Meksiko, Cesar Montes. Wasit yang bertugas pun menunjuk titik putih setelah melihat putaran ulang lewat VAR.

Ritsu Doan yang menjadi algojo tendangan 12 pas berhasil melesatkan bola ke gawang El Tri. Sepakan keras lewat sodoran kaki kirinya meluncur deras dan memperdayai Guillermo Ochoa. Keunggulan pun bertambah untuk tuan rumah menjadi 2-0.

Meksiko yang tertinggal dua gol, bergegas mengejar ketertinggalannya lewat serangan dari lini depan yang dipimpin oleh ujung tombak, Henry Martin. Namun sayang hingga babak pertama usai tak ada lagi gol yang tercipta.

Meksiko Perkecil Kedudukan

Masuk babak kedua, Meksiko lebih banyak melakukan ancaman demi ancaman. Menit ke-55 lewat aksi dari pemain sayap kanannya, Diego Lainez. Winger Real Betis tersebut mengirimkan umpan silang ke mulut gawang Jepang.

Sangat disayangkan, umpan manis tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Luis Romo. Gelandang senior El Tri itu sudah berdiri tak terkawal di mulut gawang tuan rumah. Namun dirinya gagal mengkonversinya menjadi gol.

Menit ke-68 petaka datang untuk skuat asuhan Jaime Lozano. Bek tengahnya, Johan Vazquez diganjar kartu merah lantaran menekel kasar Ritsu Doan dalam situasi serangan balik. Selepas itu mereka pun bermain dengan 10 pemain.

Gol untuk timnas Meksiko baru hadir pada menit ke-86 lewat sepakan free kick dari winger pengganti, Roberto Alvarado. Tendangan free kick dari tepian sisi kiri gawang dari timnas Jepang. Kosei Tani yang berperan sebagai penjaga gawang tak mampu mengantisipasi tendangan tersebut.

Dengan begitu sang winger, Roberto Alvarado pun mempertipis jarak menjadi 2-1. Akan tetapi gol itu merupakan gol terakhir pada laga tersebut dan juga sekaligus menjadi hasil akhir yang diterima masing-masing tim.

Meksiko Turun Peringkat, Jepang Naik

Hasil akhir 2 – 1 pada bursa sbobet untuk kemenangan Jepang sekaligus memastikan mereka menggeser Meksiko di peringkat pertama. Skuat asuhan Jaime Lozano pun mau tidak mau harus lengser ari singgasana dan turun ke posisi runner up.

Hasil ini pun juga membuat Samurai Biru lolos ke fase selanjutnya yaitu babak perempat final Olimpiade 2020. Mereka adalah tim pertama yang dipastikan lolos setelah mengantongi dua kemenangan beruntun. Babak perempat final sendiri akan dilaksanakan secara serentak pada akhir bulan Juli ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here