Jelang Piala AFF U-19 2022, Shin Tae Yong Pulangkan 3 Pemain Keturunan

0
38

Debatbola.com – Timnas Indonesia akan mengikuti kompetisi Piala AFF U-19 2022 yang akan dimulai dari tanggal 2 hingga 15 Juli nanti. Dalam kompetisi kali ini, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama 5 negara lainnya. Skuad Garuda akan bertanding dengan Filipina, Brunei Darussalam, Myanmar, Thailand serta Vietnam.

Dalam rangka mempersiapkan pertandingan di kompetisi itu, Skuad Garuda mempersiapkan 30 pemain terbaik untuk mengikuti TC. Namun Shin Tae-Yong tidak bisa membawa semua pemain yang telah mengikuti pemusatan pelatihan. Termasuk 3 pemain keturunan yang dipulangkan menjelang dimulainya Piala AFF U-19.

Ke-28 Pemain Andalan Garuda

Shin Tae-Yong sudah mempersiapkan skuad Timnas untuk Piala AFF U-19 2022 ini yang mengikuti TC selama 10 hari. Skuad yang telah dipersiapkan akan bertanding sejak tanggal 2 Juli ini. Khusus untuk Grup A, pertandingan akan dilaksanakan di Indonesia tepatnya di Stadion Madya serta Stadion Patriot Candrabhaga.  

Berdasarkan peraturan terbaru, Timnas hanya boleh mendaftarkan 28 pemain saja untuk Piala AFF U-19 kali ini. Karena hal itulah Shin Tae-Yong harus mengorbankan dua pemain yaitu Alexandro Felix serta Althaf Indie. Namun pihak PSSI tidak memberi bocoran mengenai alasan pencoretan keduanya.

PSSI juga telah merilis ke-28 nama yang dibawa Shin Tae-Yong dalam Piala AFF U-19 kali ini. Dari daftar tersebut, Persija tetap menjadi klub penyumbang terbanyak di Timnas U-19 dengan total 6 pemain. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Persis Solo yang mengirimkan total 4 pemainnya.

Diantara ke-28 pemain tersebut, 5 diantaranya diprediksi akan menjadi andalan Indonesia di Piala AFF kali ini. Kelima pemain tersebut memiliki menit bermain yang mencukupi di tingkat senior. Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinan, Zanadin Fariz, Muhammad Ferrari serta Raka Cahyana adalah pemain yang diprediksi akan menjadi pilar Timnas Indonesia.

Diantara keempat nama tersebut, hanya Zanadin Fariz yang belum pernah dipanggil Timnas untuk mengikuti kompetisi. Muhammad Ferrari dan Raka Cahyana telah menjadi andalan selama Toulon Cup di Perancis. Bahkan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan telah menyumbangkan golnya untuk Timnas di dua kompetisi berbeda.

Pemain Keturunan Telah Dipulangkan

Selama pemusatan pelatihan, Shin Tae-Yong juga mendatangkan 3 pemain keturunan dalam rangka mempersiapkan Piala AFF U-19 2022. Kai Davy Boham, Max Christoffel serta Jim Croque bergabung dengan Skuad Garuda U-19 selama TC kemarin. Ketiga pemain tersebut bahkan juga ikut dalam pertandingan uji coba melawan Persija dan Bhayangkara.

Berdasarkan kabar terbaru, ketiga pemain itu sudah dipulangkan oleh PSSI sebelum Piala AFF U-19 dimulai. Pemulangan tiga pemain keturunan tersebut ke klub masing-masing rupanya atas permintaan Shin Tae-Yong. Meskipun sudah tidak bersama Timnas, Shin Tae-yong tetap akan memantau ketiganya.

Sebenarnya, Shin Tae-Yong mengakui jika ketiganya sangat bekerja keras selama pemusatan latihan. Belum lagi Kai Davy Boham, Max Christoffel serta Jim Croque juga sudah bergabung sejak TC di Perancis setelah Toulon Cup. Namun hingga saat ini Shin Tae-Yong belum bisa mengambil keputusan apapun.

Shin Tae-Yong harus hati-hati dan tidak bisa terburu-buru dalam memilih pemain yang akan dinaturalisasi. Pasalnya ketiganya akan menjadi kekuatan tambahan Skuad Garuda pada kompetisi Piala Dunia U-20 tahun 2023 nanti. Saat ini, status ketiganya masih dipertimbangkan oleh Shin Tae-Yong yang akan fokus ke Piala AFF terlebih dahulu.

Janjikan Kerja Keras

Pertandingan perdana Piala AFF U-19 2022 ini, skuad Garuda akan bertemu dengan Vietnam. Laga perdana itu akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga yang terletak di Bekasi pada Sabtu tanggal 2 Juli 2022 malam. Vietnam merupakan lawan yang kuat dan memiliki ranking FIFA lebih tinggi dibandingkan Timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong mengakui jika dirinya buta terhadap skuad U-19 yang dimiliki oleh Vietnam. Namun pelatih asal Korea Selatan itu menjanjikan kerja keras dari para skuad Garuda yang bertanding di laga tersebut. Skuad Garuda juga diyakini akan mampu melawan Vietnam dengan materi pemain yang sekarang.

PSSI telah menyetujui pertandingan tersebut dihadiri oleh penonton yang ingin mendukung Timnas di kompetisi tersebut. Antusiasme yang tinggi membuat tiket langsung ludes tidak lama setelah penjualan dibuka. Demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, PSSI telah menyiapkan langkah antisipasi termasuk untuk mencegah membludaknya penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here