Jelang Liga 1, PT. LIB Beri Isyarat Tidak Ada Perubahan Untuk Sponsor

0
33

Debatbola.com – Mendekati dimulainya Liga 1 musim baru, PT. LIB belum juga mengumumkan sponsor utama dari kompetisi tersebut. Padahal adanya sponsor utama tersebut sangat penting untuk keberlangsungan Liga di Indonesia. Namun hingga kini keberadaan sponsor utama itu belum juga ada kepastiannya.

Musim sebelumnya, Bank BRI yang menjadi sponsor utama dari Liga 1. Mengingat keberhasilan di musim sebelumnya, bukan tidak mungkin BRI akan kembali bersedia menjadi sponsor. Terlebih jika melihat isyarat dari PT. LIB mengenai sponsor yang dikabarkan tidak ada perubahan.

Isyarat PT. LIB

Selasa tanggal 12 Juli lalu, direktur utama PT. LIB yang kini dijabat oleh Akhmad Hadian Lukita ditemui oleh para wartawan. Saat itu, tim dari media menanyakan mengenai sponsor utama Liga 1 yang hingga kini belum menemui titik terang. Ketika ditanyai, Lukita terlihat belum bisa memberikan jawaban pasti pada awak media.

Meskipun begitu, Akhmad Hadian Lukita memberikan isyarat mengenai sponsor Liga 1 di musim depan. Dirut PT. LIB itu mengatakan jika pihaknya tengah menjalin komunikasi intens dengan BRI. Seperti yang diketahui, Bank milik BUMN itu menjadi sponsor untuk Liga 1 di musim sebelumnya.

BRI memang baru menjadi sponsor utama Liga 1 di musim 2021-2022 lalu, namun Bank tersebut mengaku sangat puas. Pada akhir musim kemarin, BRI juga sempat mengatakan keinginannya untuk kembali menjadi sponsor. Dengan pernyataan tersebut, kemungkinan besar sponsor untuk Liga 1 di musim depan tidak akan ada perubahan.

Sebelum BRI, Liga 1 disponsori oleh dua aplikasi daring yaitu Gojek dan Traveloka tepatnya di tahun 2017 lalu. Baru pada tahun 2018 Gojek menjadi sponsor tunggal yang kemudian dilanjutkan Shopee di musim selanjutnya. Sejak tahun 2017 itu, setiap sponsor Liga 1 rata-rata mengikat kontrak hingga 2 musim lamanya.

BRI sendiri baru mengambil alih di musim 2021-2022 dan jika melihat sponsor sebelumnya, kemungkinan akan berlanjut di musim depan. Terlebih dengan pemberitahuan dari PT. LIB yang mengatakan jika masih berdiskusi dengan Bank BUMN itu. Kini tinggal menunggu pengumuman resmi dari kedua belah pihak.

Ingin Nilai Dari Sponsor Bertambah

Menurut keterangan dari Akhmad Hadian Lukita, pihaknya belum juga mengumumkan mengenai sponsor utama lantaran masih ada hal yang perlu didiskusikan. Salah satunya yaitu mengenai nilai sponsor untuk musim depan. PT. LIB menginginkan kenaikan nilai sponsor dibandingkan musim sebelumnya.

PT.LIB menginginkan nilai sponsor sebesar 150 miliar untuk Liga 1 musim baru nanti. Jumlah tersebut dipastikan lebih banyak dibandingkan yang dikeluarkan oleh BRI di musim sebelumnya. Karena hal itulah diskusi panjang masih berlanjut dan belum menemui kata sepakat hingga kini.

Namun PT. LIB sebenarnya juga tidak terlalu bermasalah jika pihak BRI tidak ingin meningkatkan jumlah sponsornya. Pasalnya di musim lalu nilai sponsor tersebut sudah lebih dari 100 miliar. Meskipun tidak disebutkan pasti, dipastikan jumlahnya kurang dari 150 miliar.

PT. LIB Usahakan Kontribusi Komersial Klub Lebih Dari 5 Miliar

Mendekati musim baru, PT LIB juga tengah mendiskusikan mengenai kontribusi komersial yang akan diterima masing-masing klub. PT. LIB berharap kontribusi komersial yang lebih sering disebut subsidi klub bisa mencapai 5 miliar untuk tahun ini. Pasalnya format Liga sudah kembali ke home away.

Musim sebelumnya, setiap klub hanya mendapatkan kontribusi komersial sebesar 3,4 miliar lantaran pertandingan menggunakan format bubble. Pemberian subsidi yang sangat sedikit tersebut dikarenakan akomodasi dan transportasi ditanggung oleh PT. LIB. Dengan format Liga yang kembali seperti awal, maka subsidi yang diterima juga kembali dinaikkan.

Kini PT. LIB tengah dalam masa perhitungan untuk menentukan nilai kontribusi komersial yang sesuai. Operator Liga itu akan mengusahakan agar nilai kontribusi komersial tersebut segera ditentukan dan diumumkan ke masing-masing klub. Nantinya, dana subsidi tersebut akan bisa dicairkan bertahap setiap bulannya.

Seperti yang telah diumumkan, Liga 1 musim baru akan segera dimulai pada tanggal 23 Juli 2022 nanti. Untuk laga pembuka akan mempertemukan sang juara Liga, Bali United melawan Persija. Dengan sisa waktu yang tidak banyak, PT.LIB kini tengah mengebut persiapan untuk menyambut musim baru itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here