Jelang FIFA Matchday, PSSI Telah Siapkan Lawan Untuk Indonesia

0
37

Debatbola.com – September nanti, Timnas Indonesia memiliki agenda dalam rangka FIFA Matchday yang harus dilaksanakan. Skuad Garuda tidak boleh melewatkan agenda penting tersebut karena berpotensi menaikkan ranking FIFA Indonesia yang baru saja naik. Karena hal itulah lawan yang dipilih PSSI untuk Indonesia tidak boleh sembarangan.

Shin Tae-Yong telah menyampaikan kepada PSSI terkait kriteria lawan yang diinginkannya di FIFA Matchday. Kabarnya PSSI telah menyiapkan lawan untuk Timnas Indonesia dan sesuai dengan permintaan pelatih asal Korea Selatan itu. Berdasarkan bocoran dari PSSI, dua lawan yang akan dihadapi Indonesia di September nanti.

Hadapi 2 Lawan

PSSI memang merencanakan Indonesia bisa menghadapi dua lawan di FIFA Matchday September nanti. Namun, PSSI tidak bisa sembarangan memilih lawan meskipun FIFA matchday meskipun laga tersebut hanya sebagai pertandingan persahabatan. Pasalnya hasil pertandingan nanti akan berpengaruh pada ranking FIFA di Indonesia.

Demi mendapatkan lawan yang tepat, Shin Tae-Yong sudah menyodorkan kriteria Tim yang akan menjadi lawan Indonesia. Kriteria yang dimaksud yaitu negara yang menjadi lawan Indonesia harus berperingkat 120 keatas. Sang pelatih menginginkan lawan yang kuat agar pengalaman bertanding Timnas menjadi lebih banyak lagi.

Berdasarkan bocoran dari Indra Sjafri selaku direktur teknis, PSSI sudah menemukan lawan yang tepat untuk Timnas Indonesia. Kabarnya Skuad Garuda akan melakukan dua pertandingan ketika FIFA Matchday yang akan datang. Kemungkinan besar dua pertandingan itu akan dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 27 September nanti.

Sesuai dengan permintaan Shin Tae-Yong, kedua lawan itu tidak ada yang berperingkat 120 kebawah. Satu lawan Indonesia sangat kuat karena duduk di peringkat 100 keatas FIFA. Sedangkan untuk lawan yang satu lagi, berada di kisaran ranking 100 hingga 120 FIFA.

Indra Sjafri enggan memberikan bocoran lebih lanjut mengenai tim mana yang akan menjadi lawan Indonesia. Namun direktur teknis tersebut memastikan jika lawan Indonesia akan berasal dari Asia. Dalam waktu dekat, kepastian mengenai tim yang menjadi lawan Indonesia akan diungkapkan langsung oleh PSSI.

Berpotensi Digelar Di Indonesia

Indra Sjafri juga memberikan bocoran jika kemungkinan pertandingan FIFA Matchday akan dilaksanakan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kasus covid di Indonesia sudah mulai landai dan bahkan cenderung menurun. Terlebih pemerintah sudah mengijinkan adanya penonton di Stadion sebanyak 75% dari kapasitas asli.

Dengan begitu, akan ada dua pertandingan kandang yang akan dilakoni Timnas Indonesia di bulan September nanti. Kabar tersebut tentu disambut antusias oleh para suporter Timnas Indonesia yang sudah tidak sabar mendukung tim kesayangannya. Kini PSSI tinggal mencari Stadion mana yang bisa digunakan untuk FIFA Matchday kali ini.

Kabarnya, PSSI tidak bisa memakai Stadion Gelora Bung Karno untuk FIFA Matchday di bulan September. Pasalnya rumput Stadion GBK sedang dalam proses perbaikan untuk peremajaan. Kabarnya, perbaikan rumput Stadion tersebut baru akan rampung di bulan Desember nanti.

Namun PSSI tidak perlu bingung karena masih ada stadion lain yang menjadi alternatif untuk agenda tersebut. Bahkan Timnas juga bisa mencoba bertanding di JIS untuk mencoba suasana Stadion termegah itu. Selain itu, ada kemungkinan FIFA Matchday dilaksanakan di luar Jawa dan berlokasi di Stadion Segiri.

Siapkan Rencana Untuk Jangka Panjang

Selain untuk menaikkan ranking FIFA Indonesia, FIFA Matchday juga dijadikan sebagai sarana persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023. Karena hal itulah PSSI tidak ingin setengah-setengah dalam menyusun rencana untuk agenda FIFA itu. Kabarnya, PSSI telah menyiapkan lawan hingga FIFA Matchday tahun depan.

Rencana besar PSSI tersebut juga dibocorkan oleh Indra Sjafri beberapa waktu lalu. Indra Sjafri mengatakan jika pihak PSSI sudah membuka pembicaraan dengan calon lawan dari Indonesia untuk FIFA Matchday selanjutnya. Kemungkinan Indonesia akan melakoni dua laga persahabatan lagi pasca agenda di bulan September ini.

PSSI memang menargetkan kenaikan ranking hingga 150 untuk Timnas Indonesia di akhir tahun. Saat ini, Timnas berada di posisi 155 dan banyak poin yang harus dikejar untuk bisa mencapai posisi yang ditargetkan. Karena hal itulah lawan yang harus dihadapi oleh Indonesia tidak boleh main-main demi memaksimalkan poin yang diperoleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here