Jelang Euro 2020, Southgate Dapat Saran Terkait Posisi Phil Foden

0
268
Sumber : thetimes.co.uk

Debatbola.com – Gareth Southgate kini punya pilihan pemain yang kaya, terutama di sektor serangnya. Phil Foden adalah salah satu pilihan yang bisa ia mainkan. Foden selama ini pernah dimainkan di beberapa posisi oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Southgate pun mendapat saran terkait peran apa yang harus ia berikan pada Foden di Euro 2020 nanti.

Serba Bisa di Manchester City

Pemain muda Manchester City, Phil Foden sepanjang musim ini tampil gemilang bersama Manchester City sehingga ia mendapat kesempatan memperkuat timnas Inggris. Foden masuk ke dalam skuad 33 pemain sementara pilihan Southgate. Ia pun berpotensi besar dibawa sang pelatih ke turnamen final nanti.

Foden sejatinya memulai karir sepakbolanya sebagai seorang pemain tengah, tapi bersama Manchester City, ia sukses melakoni beberapa peran berbeda. Mulai dari bertindak sebagai winger, bahkan penyerang false nine. Pep Guardiola kerap memasang Foden sebagai winger karena menilai sang pemain belum memiliki tanggung jawab besar sebagai gelandang.

Hasilnya, peran baru yang diberikan Guardiola ternyata dimainkan dengan nyaman oleh Foden. Penampilan cemerlang Foden membuatnya terpilih sebagai pilihan utama Guardiola di sektor winger. Pemain muda Inggris itu bahkan sukses mengirim City ke final Liga Champions, serta menjuarai Premier League musim ini.

Sumber : thefa.com

Saran Patrick Vieira

Namun di timnas Inggris nanti, Foden sepertinya membuat Gareth Southgate semakin pusing. Pasalnya, Southgate harus memilih posisi yang benar-benar tepat untuk pemain 20 tahun tersebut. Belum lagi, ada banyak pemain serang lain di kubu Tiga Singa, seperti Jadon Sancho, Marcus Rashford, Jack Grealish, Mason Greenwood dan Mason Mount.

Menanggapi banyaknya opsi pemain serang Inggris di Euro 2020 mendatang, mantan pemain pelatih Nice yang juga pernah bermain di Premier League, Patrick Vieira ikut berkomentar. Vieira yang pernah melatih Manchester City junior tentu tahu bakat Foden. Ia pun memberikan saran untuk Southgate terkait peran paling optimal untuk sang pemain.

“Ini adalah permasalahan yang sangat menarik untuk pelatih.” Kata Vieira dalam acara ITV Football Show, seperti dikutip via Manchester Evening News. “Semua itu tergantung filosofi apa yang ingin ia terapkan. Apakah dia ingin mengandalkan winger, lebih menekankan kecepatan dari kreativitas, semua tergantung Southgate.”

“Southgate punya pemain-pemain yang sangat menarik, tetapi jika anda memainkan dia (Foden) di tengah, itu akan sangat menarik. Itu karena dia bisa mencium, bisa merasakan atmosfer laga dan menciptakan sesuatu untuk para pemain, serta mencetak gol. Saya suka gelandang yang bertalenta karena mereka akan selalu terlibat dalam permainan.”

“Ketika saya melatih City, saya sudah banyak mendengar tentang Phil, dia adalah salah satu pemain terbaik dari akademi. Sekarang, dia melakukan tugasnya dengan baik. Setiap kali tampil di atas lapangan, dia selalu terlihat lebih matang, dia banyak berkembang. Dia adalah salah satu pemain terbaik, salah satu pemain yang patut dilihat di Euro.”

Final Liga Champions, Pembuktian Foden

Pada musim 2020/2021, Foden sendiri memang sudah menjadi pemain andalan Manchester City yang telah mencatatkan 49 penampilan di berbagai ajang. Bersama City, ia juga telah mengemas 16 gol, ditambah sepuluh assist. Melihat statistik Foden, rasanya wajar apabila ia dimasukkan ke dalam skuad sementara Inggris untuk Euro 2020.

Akhir Mei nanti, Foden akan memperkuat City di laga final Liga Champions kontra Chelsea. Laga inipun akan menjadi pembuktian Foden bahwa dirinya benar-benar layak dimasukkan ke dalam skuad final The Three Lions. Pasalnya sehari setelah laga final Liga Champions, Southgate akan memastikan siapa saja pemain yang akan ia bawa ke turnamen final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here