Januari 2022 nanti, Xavi Hanya Diberi Uang Belanja Segini

0
45

Debatbola.com – Tugas yang diemban Xavi sebagai pelatih baru Barcelona nampaknya akan semakin berat. Sebab pelatih 41 tahun ini hanya akan diberi dana belanja super minim untuk masuk di bursa transfer Januari 2022 mendatang.

Jadi Manajer Baru

Para penggemar Barcelona saat ini tengah berbahagia setelah tim kesayangan mereka resmi dilatih oleh Xavi Hernandez. Pelatih asal Spanyol ini bisa dibilang adalah legenda tim asal Catalan ini. Kembalinya ke Camp Nou memunculkan banyak asa untuk bisa membuat Barcelona terlepas dari keterpurukan yang tengah dialami di era kepelatihan Ronald Koeman.

Mantan pelatih Al Sadd ini baru dikenalkan pada publik sebagai pelatih baru Barcelona pada awal pekan lalu. Fokus utama yang akan dilakukan Xavi adalah membangun skuad baru yang lebih baik untuk melanjutkan kompetisi musim ini. Kabarnya dia sudah mempersiapkan daftar belanja yang akan dipakai pada bursa transfer mendatang untuk mendongkrak kualitas timnya.

Menurut kabar terbaru yang dikutip dari ESPN, Xavi saat ini dihadapkan pada kenyataan pahit. Manajemen dari Barcelona kabarnya hanya memberikan dana belanja pemain yang sangat minim untuk sang pelatih.

Dana yang Terbatas

Menurut sumber laporan di atas, Xavi hanya akan mengantongi dana sebanyak 10 juta Euro untuk masuk ke bursa transfer musim dingin nanti. Beberapa waktu lalu pihak manajemen sempat menjanjikan uang yang lebih besar untuk membeli pemain baru. Anggaran yang akan diberikan sang pelatih kabarnya berkisar di angka 20 sampai 25 juta Euro.

Akan tetapi nilai anggaran tersebut di atas ternyata berkurang. Manajemen Barcelona berdalih berkurangnya dana belanja tersebut karena sebelumnya sudah digunakan untuk menebus klausul Xavi. Ada juga dana yang digunakan untuk membayar pesangon dari Ronald Koeman. Saat ini dana yang tersisa hanya tinggal 10 juta Euro saja.

Masalah finansial memang masih menjadi perkara besar yang belum bisa diselesaikan Barcelona hingga saat ini. Sebagai imbasnya mereka tidak bisa leluasa dalam mendatangkan pemain di bursa transfer yang akan datang. Awal musim ini manajemen Blaugrana sudah melepas pemain mahal sekelas Lionel Messi. Tetapi langkah ini belum mampu membebaskan Barcelona seutuhnya dari krisis finansial yang dialami.

Strategi Belanja Xavi

Masih bersumber dari laporan yang sama, anggaran belanja yang tersedia saat ini jauh dari kata cukup untuk Xavi. Meski demikian, pelatih 41 tahun ini dituntut untuk memutar otak untuk tetap mendapatkan pemain yang diinginkan. Saat ini strategi paling logis yang bisa diambil adalah meminjam pemain. Kemudian manajemen Barcelona bisa menyelipkan klausul pembelian permainan di akhir masa pinjam.

Cara ini menjadi satu-satunya jalan bagi Xavi untuk bisa mendapatkan amunisi baru di bursa transfer mendatang. Di sisi lain, pihak manajemen Barcelona dikabarkan juga tidak akan berpangku tangan. Mereka akan bahu membahu memberikan solusi lain untuk Xavi. Mereka akan membantu melakukan negosiasi untuk para pemain incaran sang pelatih dan juga melepas beberapa pemain untuk memberikan dana tambahan.

Prioritas Transfer Xavi

Demi bisa membangun kembali masa kejayaan Barcelona, Xavi membutuhkan amunisi baru untuk memperkuat tim yang sudah ada. Menurut laporan yang sudah beredar sebelumnya, sang pelatih memiliki dua prioritas untuk timnya. Dia akan memperkuat pos Striker dan juga memperkokoh bek tengah.

Stok striker yang dimiliki Barcelona saat ini dinilai masih minim kontribusi. Bahkan juga dengan pemain bek tengah yang dinilai masih rapuh dan menjadi penyebab banyak kebobolan di beberapa laga terakhir. Maka dari itu, dua sektor tersebut kemudian mendapatkan perhatian khusus dari Xavi untuk diperbaiki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here