Jangan Lihat Kualitas Firmino dari Golnya!

0
401
Jangan Lihat Kualitas Firmino dari Golnya!

Debatbola.com – Kesuksesan Liverpool dalam dua tahun terakhir tak lepas dari padunya lini serang mereka yang diisi oleh Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. Berkat ketiganya, Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/19 dan kini diambang juara Premier League 2019/20.

Tapi kini muncul isu bahwa Liverpool hendak membeli penyerang tengah baru pada bursa transfer berikutnya. Nama Timo Werner dan Pierre-Emerick Aubameyang pun cukup sering dikaitkan dengan The Reds.

Di antara ketiga penyerang milik Liverpool, Firmino yang berposisi penyerang tengah memang jadi pemain yang paling sedikit mencetak gol. Musim ini, penyerang asal Brasil itu baru mencetak 11 gol, padahal Salah sudah mencetak 20 gol sedangkan Mane 18 gol.

Menurut mantan penyerang Liverpool, Emile Heskey, sebenarnya tak masalah Firmino tak mencetak banyak gol. Menurutnya, tugas utama Firmino dalam strategi Juergen Klopp memang bukan untuk mencetak banyak gol.

“Aku cuma merasa segalanya menyatu dengna pas ketika Firmino main. Dia tidak khawatir soal ‘ini tugasku dan aku harus melakukannya’. Anda lihat dia turun bertahan dan menekel, Anda lihat dia bermain di sayap dan naik-turun mengejar di sisi sayap,” tutur Heskey dilansir Standard.

“Kemudian Anda akan melihatnya di depan, dapat bola, dan menahannya lalu membiarkan pemain lain masuk. Bermacam hal dia lakukan, ia bukan fokus ke ‘Aku harus mencetak gol’.”

Berdasarkan pengalamannya, Heskey menilai apa yang dilakukan Firmino sudah terbilang istimewa. Maka sebetulnya Liverpool sudah punya penyerang hebat dalam diri Firmino meski tak banyak gol yang mampu diciptakannya.

“Aku seorang penyerang, jadi aku melihat pergerakan yang dibuatnya, ruang yang diciptakannya. Dia kelihatannya dapat ruang ketika tidak ada yang mendapatkannya. Dia menciptakan ruangnya, sentuhan pertamanya brilian karena dia mengambilnya dari pemain lawan, jadi dia bisa punya waktu untuk melihat sekeliling dan menilai apa yang harus dilakukan selanjutnya. Dia hebat soal itu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here