Jan Vertonghen Takkan Lagi Berseragam Tottenham

Debatbola.com – Premier League 2019/20 berakhir. Bersamaan dengan itu pula kebersamaan bek asal Belgia, Jan Vertonghen, dengan klubnya, Tottenham Hotspur mencapai ujungnya. Keduanya sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak. 

Keputusan ini diumumkan langsung oleh sang pemain, Vertonghen. Lewat akun media sosialnya, eks pemain Ajax Amsterdam ini mengunggah salam perpisahan untuk Spurs dan para pendukungnya.

“Waktuku bersama klub telah mencapai akhirnya. Ini menjadi sebuah hari yang menyedihkan untuk beberapa alasan. Aku akan merindukan teman-temanku di sini, staf-staf yang membuat klub ini terus berjalan, bermain di stadion baru yang megah, dan tentu kalian para fans,” tulis Vertonghen.

“Terima kasih atas semua dukungan kalian dalam beberapa tahun ini. Kalian sungguh luar biasa. Kita memiliki banyak kenangan indah bersama, tapi untuk sekarang, aku ingin mengucapkan selamat tinggal.”

Spekulasi bermunculan atas hengkangnya Vertonghen ini. Tak sedikit yang menyebut bahwa Spurs menolak perpanjangan Vertonghen karena membutuhkan pemain yang muda dan segar, di mana Vertonghen saat ini sudah berusia 33 tahun. 

Di sisi lain, ada juga yang menganggap bahwa Vertonghen memilih hengkang karena Spurs bukan klub juara. Di pengujung kariernya, ia ingin bermain untuk tim yang mampu juara dan menorehkan tinta emas sebelum memutuskan pensiun.

Vertonghen sudah memperkuat Spurs sejak 2012. Dalam delapan musim, total 315 pertandingan telah ia catatkan bersama The Lily Whites. Itu artinya ia nyaris mencatatkan 40 pertandingan setiap musimnya. Siapapun pelatihnya, pemain yang direkrut Spurs seharga 12 juta pounds tersebut memang selalu menjadi andalan di lini belakang. 

Kepergian Vertonghen juga dibarengi dengan kepergian kiper Spurs yand sudah berada di tim sejak 2014, Michael Vorm. Sang kapten, Harry Kane, menyampaikan salam perpisahannya pada kedua rekan yang telah bermain lama bersama dengan dirinya di Spurs.

“Semoga selalu diberikan yang terbaik untuk Vertonghen dan Vorm, apapun langkah berikutnya yang akan kalian ambil. Sebuah kehormatan bagiku bisa berbagi ruang ganti dan bermain bersama keduanya,” tulis Kane usai laga melawan Crystal Palace. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here