Jamie Carragher Sebut Ada Masalah Besar Yang Bisa Ditimbulkan Ronaldo di Manchester United

0
81

Debatbola.com – Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Cristiano Ronaldo telah menjadikan Manchester United sebagai favorit juara beberapa kompetisi elit Eropa. Namun, menurut Jamie Carragher, kehadiran Ronaldo di United mungkin juga bakal menimbulkan dampak buruk. Dampak buruk seperti apakah itu?

Efek Positif Kehadiran Ronaldo

Manchester United telah memberikan banyak kejutan di jendela transfer musim panas kemarin. Salah satu kejutannya adalah memulangkan kembali si anak hilang, Cristiano Ronaldo. Lebih dari sepuluh tahun berkarir di luar Inggris, Ronaldo akhirnya pulang ke Old Trafford, stadion yang juga dulu ikut membesarkan namanya.

Dampak kehadiran Ronaldo di Old Trafford pun sangat besar untuk Manchester United. Sebelum Ronaldo datang, beberapa orang nampaknya ragu United bakal bisa bersaing memperebutkan trofi di musim ini. Namun setelah kedatangan Ronaldo dan beberapa bintang lainnya, tak sedikit orang yang memfavoritkan Setan Merah di berbagai kompetisi.

Masalah di Balik Kedatangan Ronaldo

Kehadiran Cristiano Ronaldo di United nampaknya berhasil membawa banyak dampak positif untuk klub yang berdomisili di Manchester tersebut. Namun, menurut mantan pemain Liverpool Jamie Carragher, kehadiran Ronaldo juga bisa menimbulkan masalah tersendiri. Masalah apa yang dimaksud?

Berstatus sebagai salah satu pemain terhebat di dunia, Ronaldo tentu tak datang ke Old Trafford hanya untuk menjadi pemain cadangan atau backup pemain lain. Ia pastinya datang untuk bermain di tim inti. Menurut Carragher, inilah masalah besar yang bakal dihadapi Setan Merah semenjak kehadiran CR7.

“Sebuah pertanyaan muncul untuk United, ‘apakah kehadiran Ronaldo bisa membuat mereka lebih dekat dengan gelar Liga Champions atau tidak?” Tulis Carragher dalam sebuah kolom di laman The Telegraph. Dikutip oleh media wahana88 “Sebagai bukti, ada di beberapa laga pertama. Meski mereka sudah menang tiga kali dari lima laga, jawaban saya adalah tidak.”

“Kedatangan Ronaldo sendiri tidak bisa mengubah United menjadi tim juara, atau meningkatkan sesuatu yang masih belum mereka miliki secara drastis. United terlihat seperti tim dengan anggota yang memiliki kemampuan individual luar biasa, tetapi tidak bersatu. Mereka perlu bertransformasi menjadi tim yang lebih kolektif.”

“Kekalahan United di Liga Champions kemarin adalah salah satu contoh permasalahan klasik bagi saya. Seorang pelatih bisa berada dalam situasi di mana ia terlalu berlebihan melakukan pergantian pemain hanya demi membuat semua pemainnya bahagia. Ini adalah masalah utamanya, dan sebagian masalah ini disebabkan oleh kedatangan Ronaldo.”

“Ketika Ronaldo bugar, dia akan diturunkan sebagai striker tengah. Itu artinya, para pemain lain harus menyesuaikan diri. Bisa dibilang, inilah saatnya para pelatih mengucapkan selamat datang pada pilihan membingungkan. Jika anda terlalu memperhatikan menit bermain pemain, itu akan membuat tim jadi tidak seimbang dan itu mempengaruhi konsistensi performa.”

Kompetisi Internal Makin Ketat

Apa yang dikatakan Jamie Carragher jelas ada benarnya. Jika Ronaldo ditempatkan sebagai penyerang tengah, maka kompetisi para pemain untuk tempat di tim utama kian ketat. Jadon Sancho yang baru saja tiba bakal bersaing dengan Mason Greenwood di sisi sayap. Sedang Marcus Rashford dan Edinson Cavani mungkin hanya akan jadi backup Ronaldo.

Pada akhirnya, hal-hal seperti ini bakal memecah konsentrasi tim dalam menatap sebuah pertandingan. Hasilnya, permainan tim bakal cenderung mengutamakan individualisme dan minim kerjasama tim. Oleh karena itu, sebagai pelatih, Ole Gunnar Solskjær harus bisa membuat keputusan mengenai seleksi pemain yang benar-benar tepat.

Setan Merah sendiri terbilang tampil cukup baik di musim ini, dan mereka belum pernah kalah di ajang Premier League. Armada Solskjær kini menempati posisi teratas klasemen sementara EPL, tepat di atas Chelsea. Meski tampil cukup baik, United perlu kekompakan tim yang lebih baik supaya mereka bisa pertahakan puncak klaemen sampai akhir musim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here