Jalan Terjal Garuda Muda Hingga Akhirnya Rebutan Perunggu

0
57
Jalan Terjal Garuda Muda Hingga Akhirnya Rebutan Perunggu

Debatbola.com – Perjalanan Indonesia di kompetisi SEA Games kali ini cukup menarik dan penuh lika-liku. Mulai dari kekalahan telak laga perdana hingga persaingan sengit menuju final. Berikut ini akan diulas bagaimana perjalanan sulit Timnas Indonesia pada SEA Games 2021 hingga akhirnya akan memperebutkan medali perunggu.

Laga Awal yang Kurang Baik
Skuad Garuda Muda menjalani laga SEA Games yang kurang baik. Pasalnya, dalam laga perdana di fase penyisihan grup, Indonesia mengalami kekalahan telak dari Vietnam dengan skor 3-0. Pertandingan tersebut menjadi laga awal Timnas Indonesia yang dinilai mengecewakan.

Bagaimana tidak, Timnas Indonesia tidak hanya kalah tipis, melainkan kalah dengan skor yang banyak. Pertandingan tersebut benar-benar membuat pendukung dan pemain Timnas Indonesia menjadi down. Meskipun demikian, laga tersebut menjadi pelajaran Indonesia supaya tidak kalah telak lagi.

Padahal dalam babak pertama laga tersebut, Indonesia memberikan perlawanan yang sengit babak pertama. Namun sayang, memasuki babak kedua permainan Indonesia mulai melemah dan tidak konsisten. Inilah yang menyebabkan Indonesia semakin kalah dengan skor banyak.

Garuda Muda Mulai Bangkit
Meskipun kalah telak oleh Vietnam di laga perdana, Indonesia terlihat mulai bangkit di laga-laga selanjutnya. Mulai di laga ke dua, Indonesia menghadapi Timor Leste dan berhasil menang. Kemenangan Indonesia di laga tersebut juga sangat besar dengan skor akhir 4-1.

Ini menjadi titik balik Indonesia bisa lolos ke semifinal SEA Games 2021. Kemudian di laga selanjutnya Indonesia berhadapan dengan negara yang lebih kuat dari lawan sebelumnya yaitu Filipina. Mengesankannya adalah Indonesia mampu membantai Filipina dengan skor lebih baik dari saat melawan Timor Leste.

Indonesia menang lawan Filipina dengan skor telak yakni 4-0. Pencapaian ini semakin memantapkan Indonesia akan lolos ke semifinal padahal masih menyisakan satu pertandingan. Ternyata benar saja, di laga terakhir fase grup Indonesia berhadapan dengan Myanmar dan menang 3-1. Dengan begitu Indonesia otomatis lolos ke semifinal.

Gagal Menembus Final
Indonesia mampu lolos ke babak semifinal dengan mulus setelah sebelumnya menang di 3 laga terakhir. Namun sayang, untuk menembus partai final Indonesia masih kewalahan dan belum mampu. Dalam laga semifinal tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand 1-0.

Padahal dalam laga tersebut, Indonesia mampu memberikan perlawanan yang sangat sengit. Kedua tim saling serang dan bertahan dan sama kuatnya. Hal tersebut terbukti karena kedua tim dapat bertahan hingga waktu perpanjangan. Hingga pada akhirnya Thailand dapat membobol gawang Indonesia di menit 95.

Pertandingan tersebut menjadi sangat menarik dan dramatis. Indonesia kali ini memiliki pasukan yang luar biasa dan bisa menahan Thailand sejauh ini. Dengan kekalahan tipis tersebut, menandakan Indonesia sudah meningkat pesat, karena tidak jarang selalu terbantai oleh tim Gajah Putih.

Perebutan Perunggu
Buntut kekalahan Indonesia dari Thailand adalah gagalnya Indonesia menembus partai final. Indonesia kemudian akan berhadapan dengan Malaysia dalam perebutan medali perunggu. Di laga lain, Malaysia kalah dari juara grup A yaitu Vietnam.

Sama seperti Indonesia, Malaysia kalah dari Vietnam dengan skor 1-0. Pertandingan kedua tim sebelumnya juga berlangsung hingga waktu perpanjangan seperti saat Indonesia berhadapan dengan Thailand. Hal ini menunjukkan kekuatan tim di semifinal hampir sama.

Laga antara Indonesia berhadapan dengan Malaysia tentu akan menjadi sangat menegangkan. Pasalnya Indonesia dengan Malaysia sudah terkenal akan rivalitasnya. Selain itu Medali perunggu kini menjadi satu-satunya target kedua tim di ajang SEA Games 2021 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here