Jadwal Kick Off Liga 1 Dimajukan, Peserta Piala Presiden Ketar-Ketir

0
36

Debatbola.com – Sebelum bergulirnya Piala Presiden, PSSI dan PT. LIB telah mengungkapkan jika Liga 1 musim 2022-2023 akan dimulai pada akhir Juli nanti. Tepatnya pada tanggal 27 Juli, kick off Liga 1 musim baru tersebut akan dilaksanakan. Namun mendekati tanggal yang telah ditentukan, PT. LIB tiba-tiba mengatakan jika ada perubahan jadwal.

Berdasarkan pengumuman terbaru, jadwal kick off akan dimajukan beberapa hari dari tanggal yang telah ditentukan. PT. LIB memutuskan hal tersebut setelah mempertimbangkan berbagai hal. Jika benar-benar berubah, yang paling dirugikan tentu saja klub yang berhasil lolos hingga babak putaran final Piala Presiden.

Perubahan Jadwal Kick Off

Baru-baru ini secara mengejutkan PT. LIB mengatakan rencananya untuk merubah jadwal Liga 1. Kick off yang selama ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli nanti akan dimajukan ke tanggal 23 Juli. Padahal, Piala Presiden 2022 masih belum rampung dilaksanakan dan masih memasuki babak 8 besar.

Wacana memajukan jadwal tersebut diungkapkan langsung oleh Akhmad Hadian Lukita ketika ditemui beberapa waktu lalu. Tentunya PT. LIB memiliki alasan sendiri mengapa merubah jadwal yang sudah ditetapkan itu. Pihak penyelenggara ingin kick off Liga 1 musim baru dimulai ketika hari libur dan bukannya hari aktif.

Seperti yang diketahui, tanggal 27 Juli nanti jatuh pada hari Rabu yang merupakan hari aktif kerja. Demi menghindari hal tersebut, PT. LIB kemudian memindahkan tanggal kick off ke hari Sabtu yang jatuh di tanggal 23 Juli. Namun untuk keputusan akhir dari perubahan tersebut, Lukita akan mendiskusikan hal itu dengan klub-klub Liga 1.

Selain menunggu keputusan dari pihak klub, PT. LIB juga tengah melakukan diskusi dengan pihak Kepolisian terkait perubahan jadwal itu. Bagaimanapun ijin kepolisian untuk event besar seperti sepak bola adalah suatu hal yang wajib. Karena hal itulah PT. LIB akan fokus untuk berkoordinasi dan mengurus ijin pada pihak kepolisian di minggu ini.

Belum tuntasnya perijinan dari kepolisian membuat PT. LIB belum bisa mengirim draft ke masing-masing klub. Karena hal itulah PT. LIB belum bisa merilis jadwal pertandingan setiap klub di pekan pertama Liga 1 nanti. Namun draft tersebut diusahakan sudah bisa dirilis di pekan depan terutama untuk masalah jadwal pertandingan.

Meskipun begitu, Akhmad Hadian Lukita belum bisa memberikan tanggal pasti terkait jadwal pertandingan itu. Pasalnya PT. LIB juga belum tahu kapan proses perijinan ke pihak kepolisian akan rampung diurus. Belum lagi di musim depan Liga 1 rencananya akan kembali ke format kandang tandang.

Kabar Buruk Untuk Peserta Piala Presiden

Perubahan jadwal kick off menjadi lebih cepat tentu akan merugikan beberapa klub Liga 1. Terutama klub-klub yang berhasil lolos hingga babak final di Piala Presiden tahun ini. Meskipun masih rencana, tetapi besar kemungkinan perubahan jadwal tersebut akan benar-benar direalisasikan oleh PT. LIB.

Dengan kompetisi pramusim yang kini masih bergulir, dipastikan akan memotong waktu istirahat untuk klub tersebut. Berdasarkan jadwal, babak final Piala Presiden akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli nanti. Jika benar-benar dirubah, maka klub yang berlaga di babak final hanya memiliki waktu 4 sampai 5 hari saja untuk istirahat.

Dengan waktu yang sangat sedikit itu, proses recovery pemain yang tampil di final tidak akan maksimal. Hal tersebut tentu beresiko karena kompetisi di Liga 1 tentu saja lebih ketat dan lebih menguras tenaga. Jika tidak memilih strategi yang tepat, pemain akan terlihat sudah kelelahan meskipun musim baru saja dimulai.

Berbeda dengan klub-klub yang sudah dipastikan gugur di fase grup yang telah menyelesaikan jadwalnya. Kemungkinan besar kesepuluh grup tersebut tidak akan keberatan dengan perubahan jadwal Liga 1. Pasalnya saat ini deretan klub itu sudah bisa langsung fokus untuk menghadapi Liga 1 tanpa memikirkan pertandingan di Piala Presiden yang belum berakhir.

Format Liga 1

Sejak awal, PSSI dan PT. LIB telah merencanakan format home away untuk Liga 1 musim baru. Sebagai ajang uji coba, PSSI dan PT. LIB mengijinkan adanya penonton di Stadion selama turnamen Piala Presiden digelar. Hasil dari turnamen pramusim tersebut akan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan Liga 1 nanti.

Dengan suksesnya Piala Presiden, kemungkinan besar Liga 1 musim nanti tetap akan memakai format home away seperti rencana awal. Belum lagi PT. LIB telah melakukan verifikasi terhadap stadion yang didaftarkan sebagai home base masing-masing klub. Namun dengan adanya insiden terakhir kali, kemungkinan peraturan di stadion akan diperketat kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here